Cara Mencuci Pakaian Dengan Benar, Yuk Ikuti Panduannya Disini

Waktu Baca: 4 menitMinggu, 19 April 2020 10:00 WIB
Cara Mencuci Pakaian Dengan Benar
Sumber: Freepik.com

Happinest.id - Mengenakan pakaian yang bersih membuat kita menjadi nyaman dalam melakukan aktivitas apapun. Dan untuk mendapatkan pakaian bersih sudah tentu kita harus mencucinya. Mencuci pakaian bagi sebagian besar orang mungkin menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan. Apalagi saat ini mencuci pakaian menjadi semakin mudah dengan menggunakan mesin cuci, terutama bagi Moms yang sibuk bekerja.

Meskipun mesin cuci membuat kegiatan mencuci menjadi lebih praktis, namun ada beberapa jenis pakaian tertentu yang harus dicuci menggunakan tangan atau mendapat perlakukan khusus. Nah, agar pakaian kesayangan tidak mudah rusak akibat kesalahan dalam proses mencuci, Moms bisa ikuti cara mencuci pakaian yang benar berikut ini!

1. Pisahkan Pakaian Berdasarkan Warna, Jenis Bahan Dan Tingkat Kekotoran

cara mencuci baju agar tidak rusak
Sumber: APlaceForEverything.co.uk

Ini bisa menjadi tahap pertama cara mencuci baju agar tidak rusak. Mungkin terdengar merepotkan, namun percaya deh Moms hal ini mencegah pakaian terkena luntur. Bisa dibayangkan jika salah satu pakaian putih favorit milik Moms terkena noda merah dari pakaian yang lain akibat dicuci dalam satu tempat. Pisahkan antara pakaian gelap dengan pakaian putih, pakaian yang memiliki tekstur lembut seperti sutra atau wool juga harus dipisahkan.

2. Jangan Lupa Mencuci Pakaian Baru

cara mencuci baju baru
Sumber: Freepik.com

Kita tidak pernah tahu apakah pakaian yang baru dibeli pernah dipakai orang lain atau tidak. Meskipun dibeli dari butik ternama sekalipun, masih terdapat bahan kimia yang terkandung di dalam bahan terutama untuk kain berwarna cerah. Bahkan, ada pula yang menambahkan bahan kimia tertentu untuk mencegah timbulnya jamur dan mencegah kusut.

Jika tidak dicuci terlebih dahulu bisa saja menyebabkan iritasi terutama bagi Moms yang mempunyai kulit sensitif. Cara mencuci baju baru harus sesuai dengan label instruksi yang terdapat pada setiap baju, seperti suhu air yang dibutuhkan, detergen yang digunakan, dan cara mencuci baju apakah menggunakan tangan atau mesin cuci.

3. Larutkan Detergen Terlebih Dahulu

cara mencuci baju bagi pemula
Sumber: Freepik.com

Hal ini penting dan bisa menjadi cara mencuci baju bagi pemula yang baru belajar mencuci pakaian, khususnya menggunakan tangan. Penggunakan sabun cuci atau detergen memiliki aturan tersendiri, yakni dengan dilarutkan terlebih dahulu di dalam air agar detergen larut dan menjadi rata saat proses perendaman pakaian. Untuk takaran sabun yang dibutuhkan, cukup disesuikan dengan jumlah dan tingkat kekotoran pakaian yang akan dicuci.

4. Mencuci Baju Dengan Menggunakan Tangan

cara mencuci pakaian agar tidak rusak
Sumber: BetterHomesandGardens.com

Ada kalanya pakaian kotor yang harus dicuci jumlahnya tidak terlalu banyak atau Moms mempunyai baju khusus yang tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci. Jika sudah begitu, pakaian tersebut bisa dicuci menggunakan tangan. Untuk pakaian yang dicuci menggunakan tangan, tahap pertama pakaian harus direndam menggunakan air sabun cuci terlebih dahulu selama 30 menit. Tahap selanjutnya, yakni mencuci baju dengan cara dikucek secara perlahan agar tidak merusak bahan pakaian. Bila ditemukan noda, Moms bisa sikat menggunakan sikat lembut agar noda cepat menghilang. 

5. Bilas Pakaian Menggunakan Air Bersih

cara mencuci pakaian bagi pemula
Sumber: Pinterest.com

Pakaian yang telah dicuci menggunakan sabun, jangan lupa untuk segera dibilas menggunakan air bersih. Pembilasan ini berfungsi untuk menghilangkan detergen dan residu yang terdapat pada serat kain. Caranya cukup mudah, Moms tinggal mencelupkan pakaian pada bak berisi air bersih, kemudian kucek secara perlahan agar busa cepat menghilang. Lakukan hal yang serupa atau sampai busa pada pakaian benar-benar hilang. Perhatikan juga saat mengangkat pakaian sebaiknya menggunakan kedua tangan untuk mencegah pakaian menjadi melar.

6. Peras Pakaian Setelah Dibilas

cara mencuci pakaian yang sangat kotor
Sumber: Freepik.com

Memeras pakaian bisa dilakukan setelah mengucek pakaian untuk menghilangkan kelebihan busa dan juga setelah pembilasan. Memeras pakaian setelah membilas membuat pakaian menjadi lebih cepat kering ketika sedang dijemur karena kandungan air diserat pakaian berkurang cukup banyak. Sebaiknya, jangan terlalu keras saat memeras pakaian agar tidak merusak bahan dan membuatnya menjadi melar. Moms tidak perlu memeras pakaian berbahan tipis dan lembut seperti sutra. Cukup langsung dijemur, dan biarkan kering dengan sendirinya.

7. Baju Terlalu Kotor, Ini Cara Mengatasinya

cara mencuci baju yang sangat kotor
Sumber: Freepik.com

Bila pakaian yang dicuci mempunyai noda atau sangat kotor, Moms tidak perlu bingung. Cukup ikuti langkah pertama cara mencuci baju yang sangat kotor, yakni memisahkan pakaian tersebut dari pakaian lain yang tidak terlalu kotor. Saat proses perendaman, biarkan lebih dari 30 menit agar kotoran yang terdapat pada serat pakaian bisa dibersihkan dengan mudah. Jika dirasa masih terlalu kotor, Moms bisa sikat bagian yang kotor menggunakan sikat untuk mengangkat kotoran dengan cepat, kemudian bilas menggunakan air bersih hingga busa hilang.

8. Lebih Praktis Menggunakan Mesin Cuci

cara mencuci baju yang benar dengan mesin cuci
Sumber: Freepik.com

Mencuci menggunakan mesin cuci memang lebih mudah dan tidak akan membuat Moms kelelahan. Namun, mencuci menggunakan mesin cuci tidak bisa sembarangan, terutama bagi pemula sehingga perlu mengetahui cara mencuci baju yang benar dengan mesin cuci. Tahap mencuci baju dengan mesin cuci tidak jauh berbeda dengan mencuci menggunakan tangan. Berikut langkah yang perlu diikuti.

• Memisahkan pakaian berwarna putih dan jangan cuci pakaian berbahan lembut menggunakan mesin cuci.

• Pakaian yang dimasukkan ke dalam mesin cuci jangan terlalu penuh atau disesuaikan dengan kapasitas maksimal mesin cuci.

• Sabun cuci yang digunakan juga harus disesuaikan dengan banyaknya pakaian yang dicuci.

• Nyalakan mesin cuci sesuai dengan buku petunjuk pemakaian mesin cuci.

9. Perhatikan Juga Tempat Menjemur Pakaian

cara mencuci pakaian baru
Sumber: Freepik.com

Pakaian yang telah dicuci harus segera dijemur agar menjadi lebih cepat kering. Karena jika tidak segara dijemur, bisa menjadi bau, bahkan dapat berjamur. Sebaiknya, jangan menjemur baju tepat di bawah sinar matahari dalam jangka waktu lama untuk mencegah baju menjadi rapuh dan rusak. Ada baiknya, pakaian yang sedang dijemur jangan langsung terpapar sinar matahari atau jika dirasa sudah kering segera angkat.

Ternyata mencuci pakaian tidak sesulit yang dibayangkan kan, Moms? Dengan mengikuti penjelasan di atas, Moms jadi lebih memahami tentang bagaimana cara mencuci baju dengan baik dan benar. Selamat mencoba!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Mencuci Pakaian Dengan Benar, Yuk Ikuti Panduannya Disini"
related post
5 Cara Bersikap Dewasa Dalam Rumah Tangga, Pasangan Muda Wajib Tahu

Ada dua orang yang berkomitmen dalam satu biduk rumah tangga. Bukan hanya bermodalkan ... Lanjut Baca

Pengaruh Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Anak-Anak

happinest.id - Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) bukan sesuatu yang asing bagi sebagian besar masyarakat. ... Lanjut Baca