Cara Memilih Masker Untuk Mencegah Virus Corona

Waktu Baca: 4 menitMinggu, 02 Februari 2020 10:00 WIB
Cara Memilih Masker
Sumber: Freepik.com

Happinest.id - Pemberitaan mengenai virus corona yang terus memakan banyak korban meninggal setiap harinya menggemparkan dunia. Tiap negara segera mengambil sikap dengan melakukan pemeriksaan menggunakan thermal scanner kepada setiap penumpang yang berasal dari China, khususnya Wuhan di setiap pintu keluar bandara dan pelabuhan. Kota Wuhan dianggap sebagai cikal bakal munculnya virus corona wuhan pertama kali. Sehingga pemerintah Indonesia sudah melakukan larangan penerbangan dari dan ke Wuhan sampai batas yang tidak ditentukan untuk mencegah masuknya virus corona di Indonesia.

Mengenal Virus Corona dan Penyebabnya

Mengenal Virus Corona dan Penyebabnya
Sumber: Yandex.com

(2019-nCov) 2019 Novel Coronavirus atau virus corona adalah sebuah virus corona jenis baru yang menyerang sistem pernafasan pada manusia. Pada beberapa kasus, diketahui jika virus corona menyebabkan penyakit infeksi pernafasan ringan atau flu, gangguan pernafasan akut seperti pneumonia, dan apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian. Diketahui jika proses penyebaran virus corona sangat cepat dan dapat melalui berbagai cara berikut:

• Melalui percikan seperti saat batuk, membuang ludah, dan bersin.

• Tidak mencuci tangan setelah melakukan kontak dengan benda yang sudah terkena air liur penderita, kemudian menyentuh hidung dan mulut.

• Terlalu dekat dengan penderita tanpa menggunakan perlindungan diri.

Meskipun saat ini belum terdengar kasus virus corona Indonesia, banyak hal yang harus dipersiapkan oleh Moms dalam memberikan perlindungan pertama kepada setiap anggota keluarga. Salah satunya dengan mengenakan masker penutup wajah ketika sedang berpergian ke tempat umum. Saat ini sudah tersedia beragam jenis masker yang dijual secara bebas di berbagai tempat. Namun, tidak semua masker dapat mencegah penyebaran virus corona. Nah, agar tidak salah dalam memilih, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan dalam memilih masker agar terhindar dari virus corona!

1. Pilihlah Masker Sesuai Dengan Kebutuhan Dan Kenyamanan

Untuk mencegah agar tubuh tidak terpapar oleh virus corona, sebaiknya gunakan masker yang terbukti sudah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan, seperti masker bedah dan masker N95. Kedua jenis masker tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, lalu apa sajakah perbedaan keduanya?

• Masker bedah

virus corona di Indonesia
Sumber: Freepik.com

Hampir sebagian besar orang tentu sudah tidak asing dengan masker yang satu ini. Pada mulanya masker ini hanya diperuntukan untuk tenaga medis saja, namun karena harganya yang relatif murah, mudah ditemukan, dan nyaman banyak orang mulai mengenakan masker bedah untuk mencegah penyebaran berbagai macam penyakit pernafasan termasuk virus corona.

Masker bedah terdiri atas tiga lapis yakni bagian luar (berwarna hijau) merupakan lapisan anti air, lapisan tengah adalah filter, dan bagian dalam (berwarna putih) berfungsi menyerap cairan yang berasal dari mulut dan hidung.

Cara menggunakan masker bedah yang tepat yakni dengan menempatkan sisi berwarna hijau pada bagian luar dan sisi putih berada di bagian dalam. Batang masker harus diletakan di sisi atas hingga mencapai hidung dan bagian bawah masker juga perlu ditarik sampai menutupi dagu. Masker bedah hanya sekali pakai untuk maksimal penggunaan 8 jam.

• Masker N95

virus corona indonesia
Sumber: Pinterest.com

Jika dibandingkan dengan masker beda, masker N95 merupakan masker paling baik dalam mencegah masuknya virus corona ke dalam saluran pernafasan. Masker N95 didesain agar dapat menyaring udara, mulai dari partikel besar, hingga partikel kecil sekalipun sebesar 95%. Tidak heran jika masker N95 banyak dipakai oleh para pekerja yang berada di lingkungan berbahaya atau ketika menangani asap kebakaran.

Saat memakai masker N95, mulut dan hidung akan tertutup rapat supaya udara yang membawa virus tidak masuk dan terhirup. Meskipun masker ini sangat baik dalam menyaring udara, namun masker N95 kurang begitu nyaman saat dikenakan karena terlalu ketat dan membuat pemakainya sulit untuk bernafas. Selain itu, harga masker N95 jauh lebih mahal dibandingkan dengan masker bedah. Meskipun begitu, masker ini dapat dikenakan beberapa kali dalam artian dilepas sebentar, kemudian dikenakan kembali dengan syarat tidak lebih dari lima kali.

2. Sesuaikan Masker Dengan Ukuran Wajah

virus corona menyebabkan penyakit
Sumber: Freepik.com

Cara mengenakan masker yang baik dan efektif yaitu dengan menutupi bagian hidung, mulut, dan dagu. Moms harus pastikan jika ukuran masker harus sesuai dengan wajah tanpa menyisakan ruang atau celah apabila masker terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Untuk anak-anak sebaiknya kenakan masker khusus anak yang sesuai dengan ukuran wajah. Jangan lupa perhatikan juga tali masker, bagi Moms yang berhijab tidak ada salahnya menggunakan masker khusus hijab agar lebih mudah dalam penggunaannya.

3. Pilih Yang Mana? Masker Bedah atau Masker N95?

Baik masker badah maupun masker N95 sama-sama bagus dalam mencegah penyebaran virus corona. Menurut pakar penyakit menular Kementerian Kesehatan Singapura mengatakan bahwa sebaiknya masyarakat mengenakan masker bedah dibandingkan dengan masker N95 dalam upaya pencegahan virus corona. Hal ini disebabkan masker bedah cukup efektif dalam mengurangi penyebaran virus corona serta lebih praktis digunakan oleh masyarakat umum. 

Bahkan menurut Leo Yee Sin, direktur eksekutif Pusat Penyakit Menular Nasional di Singapura menyatakan bahwa masker N95 tidak disarankan untuk digunakan oleh masyarakat umum, dan hanya petugas medis saja yang mengenakan masker ini. Leo Yee menambahkan jika masker N95 tidak melindungi tubuh dari serangan virus. Selain itu, beliau juga menjelaskan jika orang sakit mempunyai tanggung jawab sosial untuk tidak menularkan virus kepada orang lain.

Demikian penjelasan cara memilih masker yang tepat untuk mencegah virus corona. Selain mengenakan masker, Moms juga perlu memperhatikan kondisi tubuh setiap anggota keluarga. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, rajin berolah raga serta istirahat yang cukup. Dan yang terpenting selalu cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer setelah melakukan kontak dengan benda atau orang lain. Semoga bermanfaat!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Memilih Masker Untuk Mencegah Virus Corona"
related post
Memilih Dokter Anak Yang Bagus Di Sekitar Anda Baiknya Seperti Apa?

Seiring dengan kelahiran sang buah hati, Mom akan dihadapkan pada beberapa pengambilan keputusan ... Lanjut Baca

5 Cara Bersikap Dewasa Dalam Rumah Tangga, Pasangan Muda Wajib Tahu

Ada dua orang yang berkomitmen dalam satu biduk rumah tangga. Bukan hanya bermodalkan ... Lanjut Baca

Pengaruh Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Anak-Anak

happinest.id - Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) bukan sesuatu yang asing bagi sebagian besar masyarakat. ... Lanjut Baca