Cara Membeli Rumah Secara Cash Bertahap, Begini Prosedurnya

Waktu Baca: 3 menitSenin, 27 April 2020 08:25 WIB
Membeli Rumah Secara Cash Bertahap
Sumber: aquantri.com

happinest.id - Saat membeli rumah, metode pembayaran yang umum digunakan adalah secara tunai dan KPR. Tapi Dads, selain dua cara membeli rumah tersebut juga ada satu jenis pembayaran lagi, namanya cash bertahap. Pahamilah terlebih dahulu ya Dads bahwa pembayaran cash bertahap ini disebut juga dengan cicilan berkala.

Beda metode pembayaran ini dengan KPR adalah tidak ada keterlibatan pihak bank di dalamnya. Biasanya cara ini dipilih ketika budjet untuk membeli rumah sudah cukup namun karena alasan lain membuat pembayaran secara tunai belum bisa dilakukan. Simak lebih lanjut yuk Dads prosedur membeli rumah secara cash bertahap ini!

1. Memahami Rentang Waktu Pembayaran Yang Diterapkan

Proses Beli Rumah Cash Keras
Sumber: seva.id

Dads, pada metode pembayaran cash bertahap ini sebenarnya tidak ada ketentuan yang jelas mengenai seberapa lama jangka waktu yang diperlukan untuk melunasi rumah. Semuanya hanya tergantung pada kesepakatan antara pembeli dan pihak yang menjual rumah.

Meski begitu, perlu Dads ketahui juga kalau umumnya rentang waktu pembayaran pada cash bertahap ini lebih singkat apabila dibandingkan dengan cicilan atau KPR. Kebanyakan pembayaran cash bertahap memakan waktu antara satu sampai dengan tiga tahun saja dan yang paling lama bisa mencapai 5 tahun.

Jika Dads memutuskan untuk membeli rumah secara cash bertahap atau cicilan berkala ini, pastikan untuk membuat kesepakatan mengenai rentang waktu pembayarannya. Pasalnya, tidak ada pihak lain yang ikut serta dalam pembayaran ini selain Dads dan penjual rumah sehingga Dads bisa bernegosiasi dengan pemilik rumah sesuai dengan kesanggupan Dads.

2. Cari Tahu Promo Yang Diberikan Developer

Prosedur Beli Rumah Cash Dari Developer
Sumber: needpix.com

Proses membeli rumah dengan cicilan berkala atau cash bertahap tentu saja berbeda dengan proses beli rumah cash keras atau lebih dikenal sebagai bayar tunai. Walaupun begitu, keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Salah satu kelebihan dari pembayaran dengan cara cash bertahap adalah adanya promo yang biasa diberikan oleh pihak developer.

Dan umumnya promo yang diberikan berupa potongan harga dari total biaya rumah yang berlaku. Oleh sebab itu, Dads wajib mengecek promo yang diberikan oleh setiap developer rumah. Semakin banyak yang Dads ketahui, maka peluang untuk membandingkan keuntungan pada satu developer dengan developer lainnya pun semakin banyak.

3. Bukan Hanya Promo, Tetapi Juga Bonus

Sistem Pembayaran Kpr
Sumber: theinnerbeast.com

Keuntungan lain dari membeli rumah secara cash bertahap yang bisa didapat adalah bonus yang diberikan oleh pihak developer. Dads juga bisa mencari tahu apa saja bonus yang diberikan oleh developer. Biasanya bonus ini berupa peralatan rumah tangga seperti TV, kompor, kulkas, AC, dan sebagainya. Intinya, pihak developer cenderung memberi lebih banyak keuntungan terhadap pembeli yang menggunakan metode pembayaran cash bertahap ataupun secara tunai.

4. Buat Perjanjian Tertulis Dengan Developer

Jenis Jenis Kpr
Sumber: casadejacob.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu prosedur beli rumah cash dari developer dengan pembayaran berkala adalah perjanjian yang dibuat. Hal ini tentunya yang paling penting, karena hanya melibatkan pembeli dan penjual saja. Oleh sebab itu, pastikan Dads membuat perjanjian tertulis untuk setiap kesepakatan yang dibuat. Perjanjian ini juga seharusnya dibicarakan di awal untuk menghindari hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Kalau Dads membeli rumah dengan pembayaran cash bertahap melalui jasa developer berbasis syariah, maka proses penjualan biasanya menerapkan cara inden dan jenis akad yang digunakan adalah akad istishna. Yakni akad jual beli dalam bentuk pemesanan sebuah unit dengan kriteria dan syarat tertentu dan disepakati oleh penjual dan pembeli.

Beberapa hal penting yang perlu Dads sepakati di awal adalah kapan waktu pembangunan rumah akan dimulai, berapa lama waktu yang diperlukan hingga proses pembangunan rampung, jumlah DP yang harus dibayarkan agar pembangunan dapat dimulai, jangka waktu pembayaran, sampai dengan proses serah terima unit rumah.

5. Prosedur Pembayaran Cash Bertahap

Kpr Yang Berlaku Di Indonesia
Sumber: duniakeuangan.com

Tahapan pembayaran pada pembelian rumah secara cash bertahap ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sistem KPR. Hanya, waktu pembayarannya dilakukan sesuai kesepakatan yang telah dibuat di awal. Biasanya, cicilan berkala juga mengharuskan Dads membayar DP di muka sesuai dengan kesepakatan. Perlu diketahui juga bahwa DP yang diberlakukan dalam sistem pembayaran cash bertahap cenderung jauh lebih besar dibanding KPR.

Hal ini cukup wajar mengingat jangka pembayarannya yang relatif lebih singkat. Namun, ada pula developer yang tidak mensyaratkan DP kepada pembeli, Dads. Akan tetapi jumlah cicilan yang dibayarkan akan dihitung berdasarkan total biaya rumah dan jangka waktu pembayaran. Kalau total harga rumah Rp 480 juta dengan rentang waktu pembayaran satu tahun, maka setiap bulan Dads harus membayar sebesar Rp 40 juta.

Nah, sudah paham ya Dads, dengan prosedur membeli rumah secara cash bertahap ini. Simak juga Dads, tips membeli rumah KPR yang cicilannya jauh lebih ringan untuk mendapatkan rumah impian saat dana terbatas. Kalau Dads punya pertanyaan atau ingin berbagai seputar topik ini, maka tinggalkan pada kolom komentar ya, Dads. Semoga bermanfaat!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Membeli Rumah Secara Cash Bertahap, Begini Prosedurnya"
related post
Tipe-Tipe Ibu Muda Di Rumah Saat Masa Karantina Wabah Penyakit Corona

happinest.id - Hampir sebagian besar negara di penjuru dunia sedang menghadapi wabah virus corona, termasuk ... Lanjut Baca

Tips Dan Trik Dekorasi Rumah Untuk Mencerahkan Kamar Yang Gelap

Apa jadinya ketika capek dan lelah melanda, kemudian sampai rumah menemukan sudut-sudut ruangan yang gelap. ... Lanjut Baca

5 Cara Bersikap Dewasa Dalam Rumah Tangga, Pasangan Muda Wajib Tahu

Ada dua orang yang berkomitmen dalam satu biduk rumah tangga. Bukan hanya bermodalkan ... Lanjut Baca