Cara Melatih Mental Sukses, Wajib Lho Terapkan 5 Hal Ini Setiap Hari!

Waktu Baca: 5 menitSelasa, 04 Juni 2019 08:20 WIB
Cara Melatih Mental Sukses
Sumber: Pixabay.com

The Huffingpost pernah menyebutkan, Thomas Alfa Edison diuji mental ketika pabriknya kebakaran pada tahun 1914. Semua prototype buatannya ludes terbakar, belum lagi kerugian yang didapat hingga US$23 juta. Respon Edison sederhana, "Semua kesalahan kita sudah habis terbakar, sekarang kita bisa mulai lagi dari awal". Reaksi Edison atas musibah kebakaran yang dialaminya merupakan salah satu contoh dari bentuk kekuatan mental. HappyFams juga bisa mendapatkan kekuatan mental seperti Edison. Berikut ini beberapa cara melatih mental sukses yang wajib dipraktekkan oleh HappyFams untuk mencapainya.

1. Asah Terus Kemampuan Diri

Asah Kemampuan Diri
Sumber: Pixabay.com

Cara melatih mental sukses yang paling utama, tentu saja dengan terus mengasah kemampuan dalam diri HappyFams. HappyFams bisa terus mengasah beragam kemampuan dengan terus latihan, belajar, mengikuti pelatihan dan kursus, atau dengan metode lainnya

Sebagai contoh, jika HappyFams ingin sukses sebagai pengusaha batik, maka perlu melakukan pengamatan dan penelitian tentang kualitas batik yang baik, pangsa pasar yang akan dituju, serta cara memasarkannya. Semua itu dilakukan agar produk HappyFams laku keras.

Dengan berbekal beragam kemampuan tersebut, HappyFams sudah punya modal dan tentu lebih percaya diri dalam menjalankan usaha. HappyFams pun akan terhindar dari tindakan konyol seperti ke dukun atau kuburan agar bisa sukses.

2. Kendalikan Pikiran Negatif

Kendalikan Pikiran Negatif
Sumber: Pixabay.com

Setiap orang di dunia ini pasti punya pikiran negatif di dalam pikirannya. Nah, pengendalian pikiran-pikiran negatif itu merupakan bagian penting dari cara melatih mental sukses. Dengan mengendalikan pikiran negatif, maka rasa pesimis dan keputusasaan bisa ditanggapi dengan dialog batin yang lebih produktif. Memang, kebijaksanaan seperti ini perlu dilatih dengan rutin.

Setiap kali ada percikan kegelisahan, lakukan dialog dengan diri sendiri untuk meyakinkan benak HappyFams bahwa hal itu pasti bisa diatasi. Percayalah, ada banyak cara untuk bangkit dari kegagalan, seburuk apapun situasi yang sedang dihadapi. Cara menjadi orang sukses tidak hanya satu. HappyFams juga bisa berbincang-bincang dengan teman atau mentor untuk meningkatkan motivasi kerja dan memantapkan mental sukses.

3. Jangan Bandingkan Diri Anda Dengan Orang Lain

Jangan Bandingkan Diri Dengan Orang Lain
Sumber: Pixabay.com

Tidak ada orang yang memiliki cerita hidup sama persis dengan orang lain. Masing-masing dari kita pasti memiliki dan menghadapi hal berbeda-beda antara satu sama lain. Membanding-bandingkan diri dengan orang lain hanya akan membangun tembok pembatas pada diri HappyFams. Bijaklah dalam memilih pikiran yang hinggap di dalam benak kita, agar hidup juga menjadi lebih produktif ya, HappyFams! Hidup produktif, berarti akan banyak pencapaian lho!

Selain itu, membandingkan diri dengan orang lain hanya akan menimbulkan iri dan energi negatif yang melelahkan. Untuk mengasah mental sukses, ada baiknya Happyfam menghindari hal tidak berguna dan tidak perlu dirisaukan. Semua itu hanya membuang waktu dan energi dengan percuma. Ketika teman sukses, ada baiknya HappyFams ikut senang atas pencapaiannya. Siapa tahu, HappyFams bisa mengambil hikmah dari kesuksesannya.

4. Jangan Malas Melakukan Aktivitas di Luar Ruangan

Jangan Malas Melakukan Aktivitas Di Luar Ruangan
Sumber: Pixabay.com

Aktivitas di dalam ruangan memang bisa membuat HappyFams terhindar dari paparan sinar matahari, debu, dingin, dan sebagainya. Namun, tahukah jika terlalu lama melakukan aktivitas di dalam ruangan bisa menurunkan kualitas mental HappyFams semua? Sebaliknya, sering melakukan aktivitas di luar ruangan (terutama pada ruang terbuka hijau) justru bisa membantu HappyFams mendapatkan mental yang kuat untuk menjadi orang sukses.

Pada bulan Mei tahun 2015, Proceedings of the National Academy of Science mempublikasikan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa berjalan kaki di alam terbuka selama 90 menit bisa menurunkan aktivitas otak pada bagian subgenual prefontal cortex. Bagian ini akan aktif ketika HappyFams sedang memikirkan hal-hal negatif. Penelitian tersebut tentu sebagai bukti bahwa aktivitas di luar ruangan sangat bermanfaat membangun mental sukses.

Penelitian lain yang dipublikasikan oleh Environmental Science & Technology pada April 2010 menemukan fakta bahwa melakukan aktivitas di luar ruangan selama 5 menit dapat meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri. Jadikanlah ini sebagai bagian dari cara melatih mental sukses ya, HappyFams. Dengan begitu, hidup akan terasa lebih produktif.

5. Hindari Meributkan Hal-Hal Sepele

Meributkan Hal Sepele
Sumber: Unsplash.com/Mimi Thian

Dengan terus menerus meributkan hal-hal sepele, secara tidak sadar HappyFams sedang menurunkan kualitas mental HappyFams semua. Mengapa demikian? Ketika meributkan hal-hal yang sepele, pikiran HappyFams akan dipenuhi aura negatif. Sebagai contoh, HappyFams sering sewot dengan kehidupan pribadi teman kantor. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap suasana hati dan akan menaikkan emosi HappyFams. Jadi, mulai sekarang STOP meributkan hal-hal sepeleya, fokuskan pada semua yang penting untuk kehidupan HappyFams.

HappyFams tentu akan mengalami momen dan keadaan sulit yang menguji mental, seperti rekan kerja yang menyebalkan, pekerjaan yang membosankan, atau malah masalah asmara. Karena itulah, untuk jadi orang sukses, mari latih mental agar sekuat baja. Memiliki kekuatan mental sukses bukanlah sesuatu yang didapatkan dari supermarket atau pelajaran kilat sehari. Mental sukses hanya bisa didapatkan melalui latihan dan pengalaman yang cukup. Hal itu tak mustahil untuk dicapai. Pasti bisa dimiliki selama ada kemauan dalam diri.

Bagaimana menurut HappyFams? Ayo berbagi pengalaman dan cara melatih mental sukses di kolom komentar. Siapa tahu ada orang lain yang bisa memetik hikmah berharganya.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Melatih Mental Sukses, Wajib Lho Terapkan 5 Hal Ini Setiap Hari!"
related post
5 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda Sampai Hamil Tua

Memperhatikan posisi tidur ibu hamil sangat penting ketika Moms sedang mengandung. Menjalani masa kehamilan adalah ... Lanjut Baca

7 Kebutuhan Nutrisi Ibu Menyusui Ini, Dapat Berpengaruh Pada Gizi Bayi

Untuk Moms setelah melahirkan adalah saat yang paling tepat untuk memberikan ASI kepada sang buah ... Lanjut Baca