Cara Ibu Hamil Menghilangkan Rasa Bosan Di Rumah

Waktu Baca: 5 menitSabtu, 27 Juni 2020 08:50 WIB
Ibu Hamil Bosan 4002
Sumber: Pixabay.com/Free-Photos

Hamil merupakan salah satu momen penting yang ditunggu oleh para Moms. Pada trimester awal dan akhir masa kehamilan Moms biasanya disarankan untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Hanya kondisi ini seringkali menimbulkan rasa bosan, sehingga penting untuk mengetahui cara mengatasi ibu hamil bosan di rumah berikut ini.

1. Berolahraga Ringan Guna Menghilangkan Stress

Ibu Hamil Bosan Di Rumah
Sumber: Pexels.com/Negative Space

Moms pernah dengar tidak kalau masa kehamilan dapat memicu stress bagi para ibu hamil? Rasa stres ini biasanya berawal dari bosan jangka panjang akibat hanya tinggal di rumah terus lho. Nah salah satu aktivitas efektif yang diyakini dapat mengelola rasa bosan hingga stress yaitu berolahraga secara rutin.

Jenis olahaga yang Moms lakukan tidak harus berat, cukup olahraga yang ringan saja. Misalnya berjalan di sekitar kompleks rumah selama sepuluh hingga dua puluh menit. Akan tetapi kalau Moms enggan keluar rumah, yoga juga bisa menjadi alternatif yang sangat pas terutama untuk melancarkan peredaran darah.

2. Mulai Menyiapkan Perlengkapan Bayi

Ibu Hamil Cepat Bosan
Sumber: Pixabay.com/PublicDomainPictures

Siapa sih yang tidak bersemangat dan bahagia menanti kelahiran sang buah hati, Moms? Daripada Moms bosan di rumah dengan kegiatan yang monoton, lebih baik habiskan waktu luang dengan mulai menyiapkan perlengkapan bayi dengan belanja. Kegiatan belanja online ini diyakini dapat mengatasi ibu hamil merasakan bosan.

Apalagi kalau itu merupakan kehamilan pertama Moms. Pasti ada banyak sekali perlengkapan yang harus dipersiapkan mulai pakaian bayi, breast pump, hingga kantong untuk menyimpan ASI. Khusus untuk popok, Moms bisa mempertimbangkan penggunaan popok kain atau popok sekali pakai.

3. Membuat Kerajinan Tangan yang Moms Suka

Mengatasi Ibu Hamil Cepat Bosan
Sumber: Pexels.com/Caroline Feelgood

Percaya tidak Moms kalau membuat kerajinan tangan dapat menjadi kegiatan efektif agar ibu hamil tidak bosan di rumah. Moms bisa searching sendiri kerajinan apa yang ingin dibuat seperti godie bag, hiasan dinding, bunga, hingga aroma terapi. Tutorial untuk membuat-pun sudah banyak tersedia di youtube, buku, dan google.

Selain itu kerajinan tangan berupa rajutan dan sulaman juga sangat mengasyikkan untuk ibu hamil lho. Ibaratnya sekali mendayung dua tiga pula terlampaui, Moms bisa menghilangkan rasa bosan sekaligus menyiapkan perlengkapan bayi dengan ini. Misalnya merajut kaos kaki dan sweater untuk calon buah hati. Seru kan, Moms?

4. Menata Kamar Bayi

Ibu Hamil Merasakan Bosan
Sumber: Pexels.com/Freestocks

Ada suatu penelitian yang menyarankan untuk menyiapkan kamar khusus bayi. Pasalnya buah hati lebih berpeluang terkena serangan jantung jika tidur bersama orang tua dibanding tidur sendiri. Moms bisa melakukan aktivitas ringan untuk menyiapkan kamar bayi agar tidak merasa bosan di rumah.

Persiapan yang Moms butuhkan untuk mengisi kamar tidur calon buah hati tentu berbeda dengan perlengkapan bayi. Mulailah dengan memilih warna dinding dan dekorasi ruangan seperti wallsticker. Baru setelah itu Moms bisa beralih untuk memilih perabot kamar mulai dari tempat tidur, lemari, rak, hingga kelambu.

5. Bereksperimen di Dapur

Agar Ibu Hamil Tidak Bosan Di Rumah
Sumber: Pexels.com/One Shot

Salah satu cara efektif untuk mengatasi ibu hamil cepat bosan saat di rumah adalah dengan rajin bereksperimen membuat makanan di dapur. Melalui aktivitas ini Moms juga akan lebih rajin mengonsumsi makanan. Pilihlah menu yang menggugah selera agar Moms lebih bersemangat untuk membuatnya.

Jika Moms tidak membuatnya sendiri, maka tidak ada salahnya untuk ikut berpartisipasi aktif saat orang lain sedang memasak. Kegiatan memasak bersama ini tidak hanya menghabiskan waktu dan menghilangkan rasa bosan, tetapi juga diyakini dapat mengelola emosi Moms. Sebab Moms akan lebih banyak berinteraksi dengan orang lain.

6. Membereskan Rumah

Tips Ibu Hamil Bosan Di Rumah
Sumber: Unsplash.com/Dan Gold

Percayalah Moms kalau setelah melahirkan waktu akan lebih banyak dihabiskan mengurus si kecil. Alhasil waktu untuk membersihkan rumah menjadi berkurang. Maka dari itu selagi belum melahirkan Moms sebaiknya mulai mengatur rumah agar terasa lebih nyaman termasuk menata lemari dan perabotan.

Aktivitas ini bukan hanya bermanfaat untuk menghilangkan rasa bosan di rumah bagi ibu hamil. Melainkan juga efektif untuk membuat persalinan lebih mudah nantinya. Rajin bergerak mulai dari menyapu, mengepel lantai, hingga mengatur tanaman merupakan beberapa aktivitas yang disarankan.

7. Quality Time Bersama Pasangan

Mengatasi Ibu Hamil Bosan
Sumber: Pixabay.com/Herney

Menghabiskan lebih banyak waktu bersama pasangan juga mampu untuk mengatasi rasa bosan saat hamil di rumah lho, Moms. Kegiatan ini juga cukup direkomendasikan untuk menguatkan ikatan antara Moms dan pasangan. Pasalnya setelah melahirkan fokus utama Moms akan lebih banyak tersita bagi buah hati.

Kegiatan yang bisa Moms lakukan contohnya makan malam romantis, menonton film, atau piknik di depan rumah. Selain itu berhubungan seksual juga tidak masalah jika dilakukan dalam kondisi Moms sedang hamil. Selama Moms dan pasangan melakukannya dengan perlahan dan lembut agar tidak mengganggu janin.

Nah itulah beberapa cara efektif untuk mengatasi ibu hamil bosan saat di rumah yang dapat Moms lakukan. Apabila Moms mempunyai kegiatan lain yang juga terbukti mengatasi rasa bosan, maka jangan ragu untuk membagikan di kolom komentar. Termasuk jika Moms ingin mengajukan pertanyaan, kritikan, dan saran.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Ibu Hamil Menghilangkan Rasa Bosan Di Rumah"
related post
Daftar Makanan Yang Dilarang Ibu Hamil, Harus Dihindari Ya Moms!

Untuk Ibu hamil menjaga pola makan sangat penting, karena apapun makanan yang masuk lewat mulut ... Lanjut Baca

5 Permainan Di Rumah Yang Menyenangkan & Tidak Bosan Bersama Keluarga

Rasa jenuh dan bosan pasti akan dirasakan oleh semua orang. Mencari kegiatan atau suasana baru ... Lanjut Baca

Jenis-jenis Makanan Untuk Ibu Hamil Muda Yang Baik Untuk Janin Bayi

Asupan nutrisi memang sangat dibutuhkan untuk Moms yang saat ini sedang berbadan dua, terlebih lagi ... Lanjut Baca