Cara Hidup Bahagia Ternyata Mudah, Asalkan Dads Mengikuti 7 Aturan Sederhana Ini!

Waktu Baca: 6 menitSelasa, 02 April 2019 14:04 WIB
Aturan Hidup Bahagia
Sumber: Pexels.com

Kebahagiaan itu misterius, Dads. Tidak ada cara pasti untuk menghitung seberapakah Dads bisa berbahagia. Semua orang tentunya punya definisi dan cara hidup bahagia masing-masing dalam hidup. Meski begitu, masih ada yang bisa Dads pelajari dari kebahagiaan yang bertebaran di sekitar kita. Berikut ini adalah 7 aturan sederhana untuk mencapai hidup bahagia. Check it out, Dads!

1. Jangan Pernah Korbankan Keluarga Untuk Alasan Apapun

Seperti kata Keluarga Cemara: “Harta paling berharga, adalah keluarga!” Ya, keluarga adalah tempat terbaik untuk pulang. Klise, memang. Tapi klise belum tentu keliru, Dads. Kenyataannya, tidak ada lagi tempat pulang yang paling nyaman selain keluarga. Sahabat atau teman datang dan pergi di kehidupan kita. Namun, tidak halnya dengan keluarga. Ia selalu hadir. Apapun kondisi kita, dalam susah maupun senang, keluarga akan tetap menerima kita apa adanya. Istri akan senantiasa merawat dan menyayangi kita, si kecil akan selalu memberikan senyumnya saat Dads pulang. Hal ini tidak ternilai, Dads! Tidak ada satupun yang bisa menggantikan hal-hal ini di dunia. Senyuman istri lebih berarti dari sekedar Ferrari. Kebahagiaan anak lebih bernilai dari punya tambang minyak.

Mungkin saat ini Dads terlalu fokus pada urusan kerja. Dads sedang mengumpulkan pundi-pundi uang demi masa depan keluarga yang Dads bangun. Hal itu wajar-wajar saja, Dads! Tapi, ingat untuk terus mengkomunikasikannya dengan keluarga. Cari tahu apa keinginan istri dan anak Dads. Apakah mereka ingin agar Dads lebih banyak menghabiskan waktu di rumah? Atau mungkin justru mereka memberikan dukungan, serta peluang sebesar-besarnya untuk bekerja dan untuk mengembangkan karir Dads? Selalu komunikasikanlah pilihan Dads. Jika mereka setuju, jalankanlah. Jika mereka keberatan, carilah jalan tengah. Percuma Dads membangun jalan ke masa depan dengan menghancurkan masa sekarang. Jadilah pemimpin keluarga yang bijak ya, Dads!

2. Kenali Diri Sendiri!

Hal yang tidak kalah penting dengan harmonisnya keluarga adalah kenyamanan dengan diri sendiri. Ini adalah kunci hidup bahagia yang seringkali kurang mendapat perhatian. Padahal, dengan mengenali diri sendiri, Dads jadi mengetahui apa batasan Dads. Juga lebih memahami apa saja yang membuat kita senang, apa yang membuat kita sedih, dan pencapaian apa yang membuat kita bangga. Pengetahuan ini adalah hal yang esensial dalam menentukan langkah apa yang akan Dads ambil ke depannya.

3. Latih Diri Untuk Selalu Berpikir Positif!

  • Usaha sedang mengalami krisis?
  • Anak-anak mendadak nakal bukan main?
  • Pekerjaan banyak menumpuk hingga kita bingung mana yang harus diselesaikan dulu?
  • Suasana kantor kurang kondusif untuk bekerja?

Sedang mengalami salah satu atau beberapa peristiwa ini, Dads? Tenang. Itu biasa, Dads. Hidup tidak selalu berjalan sesuai dengan keinginan kita. Jika kehidupan diibaratkan roda, kadang di atas, kadang di bawah. Kadang kita merasa senang, kadang merasa sedih. Sekali lagi, hal itu biasa saja. Ketahulah bahwa masalah akan datang dan pergi selama kita hidup. Percayalah semua akan berlalu. Masalah sebesar apapun akan menemukan penyelesaiannya. Dengan pikiran yang senantiasa positif, suatu permasalahan bahkan bisa menjadi kesempatan yang tak ternilai. Bingung, Dads? Kok bisa masalah jadi kesempatan? Biar gampang, kami berikan contohnya:

  • Usaha sedang mengalami krisis? Krisis malah bisa menjadi kesempatan untuk menganalisa dan menata kembali mana metode kerja yang berhasil dan mana yang tidak.
  • Anak-anak nakal bukan main? Artinya, energi anak-anak sedang besar-besarnya. Jika diarahkan dengan tepat akan jadi kesempatan untuk melatih kreativitas mereka.
  • Pekerjaan banyak menumpuk? Mungkin inilah waktu yang tepat untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu. Manajemen waktu yang baik adalah syarat menuju sukses!

Memang kesannya, remeh. Tapi percayalah, Dads… Berpikir positif memerlukan latihan. Butuh usaha keras untuk menguasai ini. Jika pikiran sudah terlatih, maka tidak ada persoalan yang dapat membuat Dads stres dan frustasi.

4. Kesehatan Lebih Bernilai Dari Uang!

Apalagi yang perlu dikatakan, Dads? Mana bisa kita menikmati hidup jika kita masih dihantui bayang-bayang penyakit? Maka dari itu, proporsikan keseimbangan kegiatan Dads mulai dari sekarang. Selalu sempatkan waktu Dads, sesedikit apapun itu, untuk menjaga kebugaran. Jaga pola makan dan istirahat agar Dads senantiasa sehat hingga tua nanti. Supaya kelak bila sudah berumur, Dads tidak menyesal karena saat muda tidak menjaga kesehatan diri sendiri.

5. Waktu Tidak Bisa Kembali, Peluang Mungkin Tidak Akan Datang Kedua Kalinya. Action Segera!

Salah satu kunci hidup bahagia adalah mengurangi penyesalan. Sudah menjadi hal umum jika penyebab suatu penyesalan lebih banyak bukan pada apa yang kita lakukan; tapi pada apa yang tidak kita lakukan. Dalam sekian puluh tahun kita hidup, entah sudah berapa banyak peluang kita sia-siakan. Apapun jenis peluang itu. Entah itu dalam bidang usaha, relationship, bahkan soal pengembangan diri. Mungkin karena ragu, tidak punya waktu, mungkin juga dulu Dads menilai diri Dads belum mampu untuk memaksimalkan peluang tersebut. Mulai saat ini, segeralah kurangi keraguan ya, Dads. Ingat! Kita tidak bisa mengembalikan waktu. Kesempatan kadang hadir di fase tertentu kehidupan kita dan tidak akan kembali lagi. Putuskan! Lakukan! Dan teruslah menatap ke depan!

6. Have Fun Itu Wajib!

Tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk sekedar bersenang-senang. Me time tidak hanya hak ekslusif istri Dads saja. Nyatanya, Dads tentu juga membutuhkannya untuk menjaga kesehatan mental Dads, serta dari gangguan stress. Entah itu sekedar main games, futsal dengan rekan sejawat, atau sesederhana meluangkan waktu khusus untuk kencan dengan istri – hal yang jarang dilakukan setelah si malaikat kecil hadir di kehidupan Dads dan Moms. Sederhana memang, tapi inilah salah satu cara hidup bahagia yang mudah dilakukan tanpa perlu effort terlalu besar.

7. Rencanakan Dan Persiapkan Masa Pensiun!

Ini juga menjadi poin yang jarang dipikirkan banyak orang. Padahal, masa pensiun adalah masa yang akan dialami siapa saja. Tidak peduli apakah Dads seorang jenderal, atau direktur perusahaan multinasional. Masa tua akan menggerogoti kinerja kita. Pahamilah juga bahwa kondisi kita mungkin tidak selalu dalam kondisi prima. Ada batas-batas tertentu yang tidak bisa kita elakkan, yaitu usia. Di usia tua, kondisi badan kita tidak fit seperti dulu. Kita tidak lagi bisa bekerja dengan intensitas yang sama seperti di masa muda.

Nah, masa pensiun ini sebenarnya adalah masa menikmati hidup. Masa ini adalah masa bersenang-senang. Masa dimana kita berdua dengan pasangan melakukan hal-hal yang tertunda dulu. Mungkin dulu kita ingin keliling dunia, dan untuk itu pasti membutuhkan dana dan tenaga. Jika tidak segera direncanakan dan disisihkan mulai dari sekarang bagaimana? Masa cuma ingin bahagia saat muda saja? Jadi, segeralah rencanakan masa pensiun Dads sedini mungkin, agar kelak saat masa pensiun tiba nanti, Dads tidak merepotkan anak cucu.

Oke, Dads! Tips-tips dari kami ini memang terdengar sederhana. Tapi jika Dads serius mempraktekkannya, kami yakin kualitas hidup Dads akan bisa improve. Bagaimana dengan Dads, apa yang Dads praktekkan dalam kehidupan sehari-hari agar hidup terasa lebih bahagia? Mari share pengalaman Dads di kolom komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Hidup Bahagia Ternyata Mudah, Asalkan Dads Mengikuti 7 Aturan Sederhana Ini!"
related post
Cara Agar Cepat Hamil Yang Efektf Untuk Pasutri Cepat Punya Anak

Apakah Moms saat ini sedang mencari tahu bagaimana cara agar cepat hamil? Tenang, tidak perlu ... Lanjut Baca

10 Cara Agar Cepat Tinggi Secara Alami Dengan Badan Ideal

Banyak orang yang mendambakan badan yang ideal dengan tinggi dan berat badan yang pas. Menurunkan ... Lanjut Baca