Cara Doa Kepada Orang Tua Yang Baik Dan Benar Untuk Diajarkan Ke Anak

Waktu Baca: 3 menitJum'at, 09 Oktober 2020 08:30 WIB
doa-kepada-orang-tua
Sumber: pixabay

Manusia memiliki tiga jenis kecerdasan utama. Yang pertama adalah IQ (Intelligence Quotient) atau kecerdasan kognitif, yang kedua adalah EQ (Emotional Quotient) atau kemampuan mengontrol emosi, dan yang terakhir adalah SQ (Spiritual Quotient) atau kecerdasan spiritual.

Umumnya orang tua hanya fokus dengan IQ dan sering meninggalkan pentingnya EQ dan SQ. Salah satu cara yang sederhana untuk mengembangkan SQ adalah dengan mengajarkan anak untuk berdoa, Berbagai jenis doa perlu diajarkan sejak dini, khususnya salah satunya adalah doa kepada orang tua yang sangat sederhana.

Untuk menumbuhkan SQ ini memerlukan kebiasaan dan juga pengertian yang mendasar. Kebiasaan agar anak terbiasa melakukan doa tetapi harus disertai dengan pengertian agar anak tahu makna dari sebuah doa sehingga pikirannya tidak kosong, melainkan memahami yang didoakan. Masih seputar hubungan suami istri dan anak. Lalu, bagaimana cara agar anak mau melakukan doa? Berikut penjelasan selengkapnya:

Kenalkan Anak akan Adanya Tuhan di Dunia ini

Yang pertama adalah kenalkan anak kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ya, Allah memang satu akan tetapi dalam beberapa agama Allah memiliki nama dan pengartiannya masing-masing. Anda perlu menjelaskan siapa itu Allah, mengapa kita perlu meminta dan berdoa kepadaNya, dan lain sebagainya.

Jika anak sudah kenal dengan siapa itu Allah maka akan sangat mudah mengajarkan anak untuk berdoa. Karena ia bisa tahu kepada siapa ia meminta pertolongan khususnya bagi kedua orang tuanya di dunia ini.

Berikan Contoh Kepada Anak

Yang kedua dan yang paling penting adalah pemberian contoh. Anak apalagi dalam usia yang masih sangat kecil akan selalu mencontoh apa yang dilakukan oleh orang lain khususnya orang tua. Moms & Dads sebagai orangtua sebaiknya bisa memberikan contoh yang baik dan benar kepada anak sehingga mereka akan otomatis mengikuti.

Contoh ini bisa Anda lakukan dengan mendoakan kedua orangtua Anda sendiri baik yang masih ada di dunia maupun yang sudah kembali ke pangkuan Tuhan. Contohkan bagaimana Anda berdoa, apa saja isinya. Rangsang anak untuk mendengarkan dan juga melihat bagaimana cara Anda berdoa pada waktu itu.

Berikan Pemahaman Mengenai Sebuah Doa Kepada Orang Tua

anak berdoa kepada orang tua
Sumber: pixabay

Yang paling penting adalah berikan pemahaman mengenai doa kepada orang tua itu sendiri. Berikan pemahaman pentingnya mendoakan orang tua, jika doa menggunakan bahasa negara lain paham kan maknanya apa, berikan pemahaman mengenai perasaan yang timbul setelah berdoa, dan sebagainya.

Biarkan Anak Melakukan Doa Sesuai Kesadarannya

Yang terakhir adalah biarkan anak melakukan doa kepada orang tua sesuai dengan kesadarannya. Moms & Dads hanya boleh untuk menstimulus anak untuk berdoa dan juga memberikan pemahaman tetapi untuk melakukannya itu hak seorang anak. Jika ia belum mau maka jangan dipaksakan apalagi mengancam dengan murka Allah. Buat anak mencintai Allah dan orangtuanya karena memang cinta dan bukan karena takut akan murka atau siksaan.

Dengan cara-cara diatas, demikian Anak anak dengan senang sekaligus memahami bagaimana cara doa kepada orang tua yang baik dan benar. Selamat mengajarkan ya HappyFams

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Doa Kepada Orang Tua Yang Baik Dan Benar Untuk Diajarkan Ke Anak"
related post
Pendidikan Anak Usia Dini Ini Yang Harus Orangtua Pahami Lebih Lengkap

Moms, sejatinya pendidikan anak usia dini atau yang kerap disingkat menjadi PAUD adalah sebuah investasi ... Lanjut Baca

3 Adab Dengan Ibu Bapa, Supaya Anda Bisa Menjadi Anak Yang Sukses

Orangtua merupakan orang yang memiliki tanggung jawab penuh dalam sebuah keluarga. Berbagai agama bahkan mengajarkan ... Lanjut Baca