Cara Cerdas Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Yang Baru Menikah

Waktu Baca: 5 menitJum'at, 22 Maret 2019 17:11 WIB
Mengelola Keuangan Pasangan Baru
Sumber: Pinterest.com

Bagi pasangan yang baru saja menikah, keuangan adalah salah satu permasalahan yang harus dikelola dengan baik. Tentu saja, Dads juga memiliki kendali atas cara mengelola keuangan yang baik untuk keluarga. Persoalan keuangan ini tidak hanya masalah jatah belanja bulanan saja, tapi juga investasi masa depan. Pastinya Dads juga tahu akan kebutuhan anak-anak yang akan selalu bertambah seiring usia mereka, bukan? Nah, kali ini mari bahas cara mengelola keuangan rumah tangga yang baik agar masa depan keluarga lebih terjamin. Simak ya, Dads!

1. Kenali Kebutuhan Dasar

Hal pertama yang harus Dads lakukan untuk memaksimalkan cara mengelola keuangan ini adalah dengan mengetahui apa saja kebutuhan dasar rumah tangga. Pahamilah terlebih dahulu bahwa setiap rumah tangga pastinya mendapati kebutuhan dasar yang berbeda-beda. Namun, mengenali kebutuhan dasar tersebut adalah hal pokok sebelum beranjak ke kebutuhan lainnya. Akumulasikan jumlah kebutuhan dasar dengan pendapatan yang bisa Dads dapatkan setiap bulannya.

Kebutuhan dasar ini termasuk makanan, kebutuhan transportasi, listrik dan jenis kebutuhan pokok lain yang sudah disesuaikan dengan gaya hidup HappyFams. Pencatatan ini dilakukan agar nantinya Dads bisa mendapatkan perhitungan kasar atas penghasilan, serta pengeluaran per bulan. Buatlah sebuah anggaran yang nantinya akan memberikan rincian seberapa banyak yang seharusnya Dads gunakan untuk kebutuhan dasar. Apabila misalnya gaji tidak bersisa atau bahkan kurang, maka cek kembali, kebutuhan apa saja yang bisa dipangkas. Be a smart spender ya, Dads!

2. Merencanakan Seberapa Banyak Pengeluaran Bulanan

Ini adalah salah satu cara mengelola keuangan yang paling penting dipelajari, apalagi jika Dads hanya mendapatkan gaji minim. Dengan merencanakan pendapatan serta pengeluaran bulanan, HappyFams bisa menjadi lebih hemat sehingga bisa menabung sisanya. Ini juga membuat siapapun menjadi terlatih untuk hidup lebih hemat dan tidak membuang-buang uang. Dads pun juga bisa menggunakan uang sisa ini untuk kebutuhan mendadak nantinya.

Siapa yang tahu apa yang akan terjadi beberapa saat kedepan, bukan? Nah, inilah mengapa kita perlu perencanaan keuangan yang baik. Setidaknya, Dads dan Moms tidak akan kewalahan terutama di saat sudah menerima gajian bulanan karena setiap pemasukan dimasukkan ke dalam setiap pos pengeluarannya masing-masing. Pastikan juga untuk tidak bernafsu dalam menggunakan kartu kredit jika Dads memilikinya.

3. Menyisihkan Sedikit Uang Gaji Untuk Ditabung

sisihkan uang ditabung
Sumber: Pinterest.com

Sedari kecil mungkin kita sudah diajarkan untuk menabung. Walaupun sederhana, kegiatan menabung ini bisa berdampak pada kesehatan keuangan keluarga lho, Dads! Jadi, sangat diharapkan Dads tidak terlalu boros dan tetap bisa menyisihkan sebagian uang gaji agar bisa ditabung. Apa sih guna sebuah tabungan? Nah, Dads bisa menggunakan uang ini nantinya jika memerlukan uang secara mendadak. Misalnya saja ketika kendaraan mulai mogok, atau peralatan rumah mulai rusak. Sangat bermanfaat, bukan? Jangan pernah tergoda untuk selalu menghabiskan gaji bulanan, ya. Karena kita tidak pernah tahu untuk apa saja nantinya Dads lebih membutuhkan uang tersebut.

4. Kurangi Aktivitas Berbelanja Di Luar

Secara tidak sengaja, keseringan untuk membawa belanja di luar akan membuat Dads dan Moms menjadi lebih boros. Kenapa? Karena bisa jadi kita akan banyak melihat benda-benda menarik yang seharusnya tidak dibeli dan tidak terlalu dibutuhkan. Siapa yang tak tergoda dengan berbagai trik jitu marketing yang akan membuat orang yang tak ingin membeli, jadi ikutan membeli barang yang sebenarnya kurang dibutuhkan. Jadi, usahakan untuk berbelanja bulanan atau hanya mingguan agar bisa lebih menghemat pengeluaran keluarga. Cara sederhana ini akan membuat Dads dan pasangan terhindar dari godaan membeli barang-barang yang bahkan tidak diperlukan. Jangan salah ya, istilah lapar mata itu sangat merugikan lho, Dads!

5. Gunakan Transportasi Umum

Tahukah Dads bahwa berpergian dan menggunakan transportasi umum akan lebih menghemat pengeluaran, lho. Bayangkan saja Dads harus mengisi BBM jika menggunakan kendaraan pribadi. Ini akan sangat jauh menguntungkan jika Dads mau dan rela menggunakan transportasi umum sebagai penggantinya. Cara ini akan membuat Dads menjadi lebih disiplin waktu juga karena transportasi umum tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama ketimbang menggunakan kendaraan pribadi. Tapi, ini pastinya menjadi pelajaran berharga bagi Dads. Selain berhemat, Dads juga bisa menjadi lebih disiplin waktu, bukan? Dengan beraktifitas menggunakan transportasi umum, juga bisa membuat Dads lebih sehat dan bugar karena harus bergerak lebih aktif lagi.

6. Cari Pekerjaan Sampingan

cari pekerjaan sampingan
Sumber: Unsplash.com

Mendapatkan pekerjaan sampingan tidak hanya mengisi waktu luang, tapi juga bisa menambah penghasilan harian. Dads bisa mencoba melakukan banyak aktivitas yang bisa menghasilkan uang tambahan. Misalnya, menyalurkan hobi seperti fotografi, membuat kerajinan tangan, bisnis properti, atau bisnis online. Dads juga bisa mengajak Moms untuk ikut menjalankan usaha sampingan tersebut.

Jika ini bisa menambah penghasilan harian dan tidak mengganggu aktivitas utama, mengapa tidak mencobanya? Pastinya Moms juga memiliki hobi dan potensi yang bisa digali dan menjadi sebuah pekerjaan sampingan, bukan? Menjadi online freelancer misalnya. Sangat mudah dan tidak perlu repot, Dads dan Moms hanya dituntut untuk mengerjakan pekerjaan di rumah tanpa mengganggu pekerjaan utama.

7. Gunakan Kode Kupon, Promo dan Diskon

Nah, cara ini pastinya bisa didapat dengan mudah jika Dads lebih update dan mengetahui banyak informasi. Tidak sedikit toko dan website yang selalu menawarkan diskon, promo dan kode kupon yang berlaku untuk event-event tertentu. Ini bisa menjadi peluang terbaik bagi Dads memenuhi beragam kebutuhan yang diperlukan melalui penawaran yang menarik tersebut. Memanfaatkan promo untuk menghemat pengeluaran bulanan jadi cara cerdas mengelola keuangan keluarga yang bisa Dads lakukan. Setuju, ya Dads?

Demikianlah 7 cara mengelola keuangan yang menjanjikan dan mudah untuk dilakukan agar keuangan rumah tangga bisa terkendali dengan baik. Apakah Dads punya trik khusus untuk mengelola keuangan keluarga dengan lebih baik? Ataukah Dads lebih memilih Moms untuk mengelola semua keuangan keluarga? Mari berbagi pengalaman di komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Cerdas Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Yang Baru Menikah"
related post
Lebaran Banyak Diskon? Ini Tips Hemat Belanja Online Di Bulan Ramadan

Setiap menjelang Hari Raya Lebaran, di Bulan Ramadan kebutuhan semakin meningkat. Selain kebutuhan untuk hari ... Lanjut Baca