Cara Cepat Kupas Kulit Udang Dengan Cepat, Ini Panduannya!

Waktu Baca: 4 menitSabtu, 08 Februari 2020 10:00 WIB
Cara Kupas Kulit Udang
Sumber: siamcanadian.com

Udang salah satu hidangan laut yang rasanya lezat dan digemari banyak orang. Tak hanya enak, udang juga mengandung banyak gizi yang bagus untuk si kecil yang sedang masa pertumbuhan. Karena itu, jadikan udang sebagai variasi menu masakan rumahan yuk!

Tapi, pernah nggak sih Moms, ingin masak menu udang namun malas karena harus membersihkan dan mengupas kulit udang terlebih dahulu? Meski ada udang tanpa kulit yang dijual di supermarket, tapi tentunya kesegarannya tidak lagi terjamin. Jangan khawatir Moms, berikut ada cara kupas kulit udang dengan cepat dan mudah yang bisa Moms praktekkan.

1. Cara Mudah Kupas Kulit Udang Dengan Mudah

https://www.happinest.id/img/2020/02/cara-mengupas-kulit-udang-dengan-mudah.jpg
Sumber: instagram.com/dewiemodesto

Mengupas kulit udang yang benar dimulai dari melepaskan kepala, hingga kulit, dan membuang kotoran hitam yang ada pada udang. Tapi, bagian mana dulu yang harus dibersihkan? Kulit dulu, kepala, atau ekornya dulu? Nggak perlu bingung Moms, ini tahapan cara mengupas kulit udang yang benar. Ikuti saja yuk langkah-langkahnya!

  • Tekan bagian kepala udang ke arah bawah, jangan sampai lepas kemudian gunakan jari untuk memegang kepala dan kulit bagian atas.
  • Kemudian secara perlahan kupas kulit udang hingga ke bagian bawah.
  • Jika Moms ingin memasak dengan ekornya, maka ekor udang jangan dipatahkan, namun lebarkan ekor udangnya.
  • Namun, apabila Moms hanya ingin menggunakan dagingnya saja, maka Moms harus melepaskan ekor udang. Caranya adalah pegang bagian ekor udang, remas secara perlahan dan patahkan ekornya.
  • Setelah kulit udang mulai dari kepala hingga ekor sudah bersih, selanjutnya adalah membersihkan serat hitam yang ada pada udang dengan cara membelahnya sedikit saja, jangan terlalu dalam, lalu keluarkan kotorannya.

2. Cara Mengupas Kulit Udang Dengan Cepat

Cara Mengupas Kulit Udang Dengan Cepat
Sumber: okdiario.com

Selain cara di atas, masih ada cara lain yang bisa Moms coba untuk mengupas kulit udang dengan cepat. Biasanya mengupas kulit udang juga membutuhkan waktu yang lumayan lama ya, Moms? Terlebih jika udang yang akan diolah jumlahnya juga cukup banyak. Namun, dengan cara berikut ini bisa membuat waktu memasak di dapur jadi lebih singkat.

  • Langkah pertama, pegang kepala dan ekor udang secara bersamaan. Pegang kedua bagian tersebut dengan ibu jari dan telunjuk.
  • Kemudian tarik bagian kepala udang dengan sedikit gerakan ke bawah hingga kepala udang terlepas dari tubuh udang.
  • Langkah selanjutnya adalah melepaskan kaki-kaki udang, cukup dengan menarik kaki udang dengan tangan hingga terlepas. Trik ini dilakukan agar daging udang tidak menempel pada kulit sehingga lebih mudah untuk dilepas.
  • Kemudian, pegang udang dengan tangan kiri, lalu masukkan ibu jari kanan ke dalam kulit bagian bawah udang, tepat dibagian kaki udang yang sudah dilepaskan.
  • Gerakkan ibu jari ke bagian punggung hingga ekor udang. Dengan cara seperti ini kulit udang akan mudah terlepas.
  • Untuk melepaskan ekor udang, cukup tarik hingga ekor terlepas.

3. Cara Mudah Kupas Kulit Udang Dengan Gunting

Cara Mudah Kupas Kulit Udang
Sumber: review.bukalapak.com

Selain dua cara di atas, masih ada cara mudah mengupas kulit udang dengan gunting yang bisa Moms coba. Untuk mencoba cara ini, gunakan gunting khusus untuk di dapur ya, Moms. Jangan gunakan gunting kertas ataupun gunting untuk kegunaan lainnya. Selain gunting, Moms juga harus sediakan tisu kertas secukupnya. Berikut adalah proses membuka kulit udang dengan gunting yang bisa Moms praktekkan.

  • Keringkan udang terlebih dahulu dengan kertas tisu jika terlalu licin.
  • Gunting kepala udang, kemudian potong kulit di bagian punggung udang hingga bagian belakang dan ekor, lalu lepaskan kulit badan udang.
  • Gunting sedikit punggung udang secara lurus hingga ekor mengikuti lubang kotoran udang.
  • Buang usus udang yang berwarna hitam.
  • Terakhir, bersihkan udang dengan air mengalir.

4. Tips Mengupas Kulit Udang 10 Detik Menggunakan Garpu

Cara Mudah Mengupas Kulit Udang
Sumber: jabar.idntimes.com

Selain gunting, masih ada cara kupas kulit udang lainnya yang tak kalah mudah dan cepat Moms. Yakni menggunakan garpu. Garpu ini bisa menjadi alternatif jika Moms tidak memiliki gunting dapur. Berikut caranya, Moms!

  • Tarik kepala udang hingga terlepas.
  • Pegang udang di tangan kiri sementara tangan kanan memegang garpu.
  • Lalu dengan ujung garpu, tusuk bagian pinggir punggung udang lalu tarik ke belakang sampai bagian ekornya hingga kulit udang terlepas.
  • Untuk bagian ekor bisa Moms lepas atau bisa dibiarkan saja.

Gimana Moms, cukup mudah dan cepat ya, mengupas kulit udang menggunakan gunting ataupun garpu ini? Namun, cara ini hanya bisa digunakan untuk udang berukuran besar ya, Moms. Kalau udang berukuran kecil sebaiknya kupas dengan tangan saja agar dagingnya tidak hancur. Setelah udang dikupas jangan lupa dicuci hingga bersih ya, Moms! Apa Moms punya trik lain yang tak kalah mudah? Jangan lupa berbagi di kolom komentar ya, Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Cepat Kupas Kulit Udang Dengan Cepat, Ini Panduannya!"
related post
5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Pada Anak Dengan Permanen Secara Alami

Bau badan sangatlah mengganggu orang yang sekitar, namum kadang tidak disadari oleh diri sendiri, terlebih ... Lanjut Baca

Bagaimana Cara Balikan Sama Mantan Yang Sudah Lama Putus? Bisa, Tapi!

Bagi beberapa orang berpisah dengan seseorang yang pernah menjalin hubungan percintaan bukanlah hal yang ... Lanjut Baca

7 Cara Melupakan Mantan Terindah Yang Sulit Dilupakan Dengan Cepat

Setiap orang memiliki kisah cinta yang berbeda-beda. Selalu bersama dengan orang terkasih dalam menjalani kehidupan ... Lanjut Baca