Cara Bijak Pakai Kartu Kredit Ini Bikin Makin Pintar Kelola Finansial

Waktu Baca: 6 menitSelasa, 11 Februari 2020 10:00 WIB
Keuntungan Memakai Kartu Kredit
Sumber: Yandex.com

Pada prinsipnya, hampir kita semua merasa senang ketika berbelanja atau mendapatkan barang tertentu, namun tidak langsung mengeluarkan uang. Cara berbelanja seperti ini sangat menarik bagi banyak orang, jadi tak heran jika mudah sekali untuk tergiur dengan tawaran kartu kredit. Banyak juga yang mulai terbayang untuk membeli barang impian, makan di restoran mahal, hingga travelling ke luar negeri dengan bantuan transaksi kartu kredit.

Perlu dipahami bahwa jika dengan menggunakan kartu kredit, maka secara tidak langsung HappyFams memiliki hutang baru. Namun, bila HappyFams bisa mengelola pemakaian kartu kredit dengan baik, tidak ada masalah yang perlu dikhawatirkan. Jika HappyFams baru pertama kali mendapatkan kartu kredit, berikut cara bijak pakai kartu kredit sehingga billing tagihan di akhir bulan tidak membengkak, yuk simak bagaimana tipsnya!

Menggunakan Kartu Kredit Untuk Transaksi Berarti Menambah Hutang

HappyFams tentu sudah sering mendengar mengenai banyak orang yang gagal bayar karena keliru mengelola kartu kredit. Hal ini biasanya dikarenakan kurangnya pengetahuan terkait pemakaian kartu kredit dengan bijak. Sebaiknya dari awal, sebagai pengguna kartu kredit, HappyFams sebaiknya mempertimbangkan terlebih dahulu, kemana dan bagaimana kartu tersebut akan digunakan agar tidak kesulitan dalam membayar sejumlah tagihan dan bisa memakai kartu kredit dengan bijak.

Sebelum melakukan transaksi pembelian berbagai barang impian HappyFams, pahami terlebih dahulu sejak awal bahwa semua transaksi yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit adalah hutang, bukan uang tunai yang bisa digunakan kapan saja tanpa ada bunga. HappyFams bisa saja gunakan kartu kredit untuk promo yang biasanya dikeluarkan perbankan sesuai dengan jumlah yang sanggup HappyFams bayar saat tagihannya datang.

Melakukan Belanja Berdasarkan Rincian Pengeluaran Bulanan

cara memakai kartu kredit
Sumber: Yandex.com

Mulailah untuk biasakan diri berbelanja keperluan sesuai dengan rincian pengeluaran bulanan yang biasanya dibuat dalam rencana belanja rumah tangga. Misalnya, untuk belanja rumah tangga setiap bulan, belanja pakaian, membayar tagihan rumah tangga, dan lain lain.

Ini membantu mengendalikan pengeluaran HappyFams agar tidak bengkak, dan teralokasi dengan baik sesuai dengan kebutuhan yang penting. Misalnya, bila HappyFams punya keinginan untuk membeli kulkas menggunakan kartu kredit, maka ketika sampai di toko elektronik, pastikan HappyFams hanya melakukan transaksi untuk pembelian kulkas saja ya!

Biasanya, banyak yang tergoda dengan promo beli satu gratis satu. Untuk kondisi seperti ini, HappyFams jangan cepat terpengaruh untuk membeli barang dengan promo spesial tersebut. Fokuskan dan tanya kepada diri sendiri kembali, apakah HappyFams benar-benar ingin membeli barang tersebut? Lumayan kan, kalau alokasi budgetnya bisa untuk yang lain.

Jangan Pernah Melakukan Penarikan Uang Tunai Dari Kartu Kredit

Selain dapat membeli barang tanpa harus membayar langsung dengan uang tunai, bisa melakukan penarikan tunai merupakan kemudahan lain yang diberikan kepada pengguna kartu kredit. Kuatkan diri agar tidak menggunakan kemudahan ini dengan ceroboh juga merupakan salah satu cara bijak pakai kartu kredit. Hal ini dikarenakan melakukan penarikan uang tunai dengan menggunakan kartu kredit akan dikenakan bunga sebesar 4-5% setiap bulannya. Jangan sampai bunga kredit ini malah membebani finansial bulanan HappyFams ya!

Hindari Tawaran Merchant

Supaya lebih bijak pakai kartu kredit, maka HappyFams juga harus bisa mengendalikan diri untuk tidak mudah tergiur dengan tawaran merchant. Perlu HappyFams ketahui juga bahwa para merchant ini biasanya memiliki segudang cara untuk menarik perhatian pengguna kartu kredit supaya berbelanja di tempat mereka dengan promo-promo menarik.

Contohnya, tawaran spesial dengan iming-iming hadiah tertentu. Jika kebetulan HappyFams mendapat undangan seperti itu, sebaiknya abaikan saja. Alasannya, saat HappyFams datang, maka biasanya mereka akan menawari berbagai jenis produk yang tersedia di toko itu.

Mengetahui Kekurangan dan Keuntungan Kartu Kredit

bijak pakai kartu kredit
Sumber: Yandex.com

Sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, ada juga kerugian memakai kartu kredit. Salah satunya adalah rentan terkena bunga tinggi bila digunakan berlebihan. Walaupun dengan begitu, adanya kemudahan dalam menggunakan kartu kredit ini, menjadikan semua orang semakin mudah untuk tertarik melakukan transaksi terus menerus.

Padahal, yang paling penting untuk diperhatikan adalah kemampuan finansial dalam membayar tagihan lho, HappyFams. Jika tidak punya kendali yang kuat, tumpukan tagihan kartu kredit tentu akan menjadi bumerang, dan tidak menguntungkan bagi penggunanya sama sekali. Bisa jadi, malah terjerat utang karena tidak mampu melunasi tagihan yang sedang berjalan.

Akan tetapi, tetap saja ada keuntungan dalam penggunaan kartu kredit. Potongan diskon yang ditawarkan merupakan salah satu keuntungan memakai kartu kredit. Bank penerbit banyak melakukan kerja sama dalam memberikan potongan. Seperti potongan dalam nonton bioskop, potongan belanja dan berbagai potongan lainnya. Namun, perhatikan juga detail tawarannya!

Simpan Jika Tidak Digunakan

Menyimpan kartu kredit saat tidak digunakan juga menjadi salah cara memakai kartu kredit dengan lebih aman. Gunakan kartu kredit saat diperlukan saja ya, HappyFams! Bila memang tidak perlu digunakan untuk belanja, sebaiknya simpan di rumah saja. Cara seperti ini bukan hanya menghindarkan HappyFams dari kegiatan belanja secara berlebihan, tapi juga menjaga supaya kartu kredit aman, dan tidak disalahgunakan oranglain saat terjatuh hilang.

Selalu Memeriksa Tagihan dengan Cermat

Saat HappyFams sudah menggunakan kartu kredit dan mendapatkan tagihan bulanan, sebaiknya jangan langsung melakukan pembayaran. Namun, segera periksa dengan cermat terlebih dahulu, apakah ada transaksi yang tidak dilakukan, namun harus HappyFams bayar. Jika ternyata ada case seperti ini, sebaiknya HappyFams hubungi segera pihak penerbit dari kartu kredit dan adukan komplain ya!

Bayar Semua Tagihan Secara On Time

memakai kartu kredit dengan bijak
Sumber: Yandex.com

Saat berkomitmen menggunakan kartu kredit, usahakan HappyFams lakukan pembayaran sebelum jatuh tempo. Hal ini lebih baik dilakukan dibandingkan bila HappyFams harus mencicilnya dengan tambahan biaya bunga. Lebih dari itu, hal yang wajib HappyFams perhatikan adalah sebaiknya memiliki kemampuan mengatur keuangan untuk berbagi kebutuhan lainnya, tanpa harus pusing memikirkan tagihan kartu kredit.

Itulah berbagai cara bijak pakai kartu kredit yang bisa HappyFams aplikasikan. Bila dimanfaatkan dengan porsi dan cara yang tepat, sebenarnya kartu kredit akan memberikan berbagai manfaat lho. Silahkan HappyFams terapkan berbagai cara yang sudah kami jabarkan, sehingga dapat memaksimalkan manfaat dari kartu kredit yang dimiliki. Bila punya tips lainnya soal pengelolaan kartu kredit, yuk mari saling sharing di kolom komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Bijak Pakai Kartu Kredit Ini Bikin Makin Pintar Kelola Finansial"
related post
5 Permainan Di Rumah Yang Menyenangkan & Tidak Bosan Bersama Keluarga

Rasa jenuh dan bosan pasti akan dirasakan oleh semua orang. Mencari kegiatan atau suasana baru ... Lanjut Baca

Cara Menjaga Hubungan Suami Istri Yang Baik Sampai Maut Memisahkan

Menjaga hubungan suami istri yang baik penting sekali untuk keharmonisan keluarga. Karena hubungan yang harmonis ... Lanjut Baca

Bina Keluarga Balita Dengan 4 Konsep Keluarga Sejahtera

BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) memiliki program yang sangat bagus sekaligus menarik untuk ... Lanjut Baca