Cara Bersihkan Rumah Pasca Banjir Agar Tak Jadi Sarang Penyakit

Waktu Baca: 6 menitMinggu, 21 Februari 2021 07:32 WIB
Cara Bersihkan Rumah Pasca Banjir
Sumber: adobestock

Bencana banjir memang dapat mengancam siapapun, terutama bagi Dads yang tinggal di daerah rawan banjir. Terlebih pada musim penghujan seperti sekarang ini yang mana Dads harus lebih waspada. Pasalnya, selain merendam pemukiman, banjir juga mendatangkan banyak sekali kerugian, mulai dari kerugian materi hingga kesehatan.

Yup, setelah banjir mereda yang tersisa hanyalah berbagai kerusakan, genangan air serta lumpur kotor yang mengandung kuman dan menjadi sarang penyakit. Kondisi ini pun tentunya bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan ringan hingga serius. Lantas, bagaimana cara membersihkan rumah pasca banjir agar Dads dan keluarga aman dari serangan penyakit? Yuk simak ulasannya berikut ini, Dads!

1. Bersihkan Rumah Dari Air Dan Lumpur Yang Tersisa

Cara Cepat Bersihkan Rumah Pasca Banjir
Sumber: gloopla.com

Langkah pertama yang harus Dads lakukan setelah banjir surut adalah membersihkan lumpur yang tersisa. Tetapi sebelum itu bukalah semua jendela dan ventilasi yang ada di dalam rumah agar cahaya matahari dan udara bisa masuk. Bersihkan semaksimal mungkin, karena lumpur ini akan menjadi pemicu utama sarang penyakit jika dibiarkan.

Perhatikan agar tidak ada bagian yang terlewatkan untuk dibersihkan, mulai dari dinding, lantai hingga sudut rumah. Untuk membersihkan lumpur ini dengan sempurna Dads harus melakukan pembersihan beberapa kali hingga tidak ada yang tersisa. Lumpur biasanya juga mengendap pada bagian perabot yang bercelah. Jadi, sebaiknya Dads juga mengeluarkan perabotan rumah tangga saat mulai membersihkan lumpur di dalam rumah.

2. Segera Jemur Perabotan Rumah Yang Basah Dan Lembab

Cara Bersihkan Rumah Setelah Kebanjiran
Sumber: mediaindonesia.com

Selanjutnya, cara bersihkan rumah setelah kebanjiran adalah menjemur semua perabotan rumah tangga yang basah. Agar lebih mudah, keluarkan semua perabotan yang ada di dalam rumah, baik yang basah ataupun tidak. Pastikan untuk meletakkan perabotan tersebut di area yang bersih dan mendapat cahaya matahari langsung ya, Dads. Untuk perabotan yang masih bisa diselamatkan, segera bersihkan semua bagiannya dari sisa lumpur. Gunakan kipas angin dan lakukan saat matahari sedang terik agar proses pengeringan lebih cepat.

3. Cucilah Karpet, Dekorasi Rumah Berbahan Kain Dan Pakaian

Kiat Membersihkan Rumah Setelah Banjir
Sumber: sallivancarpetcare.com

Untuk pakaian, karpet, dan semua dekorasi rumah berbahan kain juga harus Dads bersihkan dengan cara mencucinya. Meski tidak semua yang terendam banjir, namun udara lembab saat banjir terjadi bisa membuat kain menjadi sarang kuman dan jamur. Untuk kiat bersihkan rumah setelah banjir yang satu ini Dads harus mengeluarkan tenaga ekstra karena bahan kain bisa menyimpan sisa lumpur. Jadi, rendamlah terlebih dahulu sebelum mencucinya dan kemudian jemur di bawah sinar matahari terik.

4. Lepaskan Kertas Yang Tertempel Di Dinding ...

Halaman: 123

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Bersihkan Rumah Pasca Banjir Agar Tak Jadi Sarang Penyakit"
related post
Kewajiban Ayah Terhadap Anak Sebagai Kepala Keluarga Yang Jadi Panutan

Setiap pasangan suami istri tentu memiliki perannya masing-masing di dalam sebuah keluarga. Peran mereka akan ... Lanjut Baca

Tips Aman Gunakan Listrik Di Rumah Pasca Bencana Banjir

Banjir sebagai bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu memang sangatlah merugikan. Setelah banjir surut, membersihkan ... Lanjut Baca

Gambaran Keluarga Kecil Bahagia, Harmonis, Sakinah, Ideal Dan Sehat

Memiliki keluarga yang bahagia tentu impian bagi sebagian besar pasangan di seluruh dunia. Tidak heran ... Lanjut Baca