Cara Belajar Membaca Anak SD Yang Wajib Dipahami Oleh Orang Tua

Waktu Baca: 6 menitRabu, 10 Februari 2021 08:32 WIB
belajar membaca anak sd
Sumber: unsplash

Belajar membaca anak SD memang perlu ditanamkan dari sejak dini supaya dapat terbiasa ketika mereka besar nanti. Memiliki anak usia SD merupakan tantangan tersendiri bagi setiap orang tua. Banyak para orang tua yang mengeluhkan pembelajaran di masa pandemi ini karena dilakukan dengan metode daring. Namun, tetap Moms and Dads harus berusaha mendampingi buah hatinya ketika belajar dari rumah.

Anak di usia SD memang dipastikan harus mendapatkan pendampingan dari orang tua selama mengikuti pembelajaran. Guru di sekolah merupakan fasilitator dan hanya mendampingi anak di sekolah. Namun waktu di rumah anak lebih banyak sehingga orang tua bisa mendampingi belajarnya setiap waktu.

Tidak semua anak senang membaca terlebih lagi anak-anak Sekolah Dasar yang porsinya masih ada untuk bermain, tapi membuat anak-anak untuk gemar membaca merupakan satu modal yang sangat berguna sekali. Yuk kita pelajari cara belajar membaca anak SD!

Tips dan Cara Belajar Membaca Anak SD

Apakah Moms and Dads pernah merasa pusing karena sudah mengajari buah hati membaca namun belum bisa maksimal? Masing-masing buah hati tentu saja memiliki karakter tersendiri. Cara belajar membaca yang mereka inginkan juga berbeda-beda. Moms and Dads bisa menggunakan cara berikut untuk mengajari mereka membaca:

1. Kenalkan huruf

Cara belajar membaca anak yang masih SD bisa Moms mulai dengan memperkenalkan kepada mereka tentang huruf. Tentu saja, hal ini harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Ada banyak hal untuk dicoba mulai dari menyanyi, melihat video, hingga menggunakan media lainnya. Pastikan buat mereka hafal huruf terlebih dulu.

2. Ajari suku kata

Setelah si kecil dipastikan hafal dengan huruf, kini Moms bisa melanjutkan dengan mengajari mereka mengenai suku kata. Contohnya saja : Ta Ti Tu, Ba Bi Bu, Sa Si Su, Da Di Du, dan lain-lain. Tahapan ini harus dilalui sebelum mulai mengajarkan membaca kata.

3. Ajari membaca suku kata dengan lebih bervariasi

Setelah mengajari suku kata, kini Moms bisa melakukan cara belajar membaca anak dengan memperkenalkan mereka suku kata lebih bervariasi Contohnya saja, Ka-Ki, Bu-Ku, Ba-Ca, dan lainnya.

4. Ajarkan huruf mati

Moms tidak boleh terlalu terburu-buru dalam mengajari si buah membaca. Bersabarlah dan mulailah dengan perlahan. Jika mereka sudah bisa membaca satu hingga dua suku kata lancar, ajari huruf mati. Mengajari huruf mati seperti “ny”, “ng”, dan huruf konsonan lain harus dilakukan dengan sabar. Mungkin ini butuh waktu cukup lama.

5. Ajari baca kata utuh

Pada tahapan ini, Moms mungkin sudah merasa senang dan bangga. Belikan mereka buku bacaan sederhana bergambar untuk belajar membaca kata secara utuh. Mungkin saja si buah hati belum mengerti maksud kalimat, namun setidaknya mereka sudah bisa membaca dengan baik.

Cara Belajar Membaca Anak SD Mudah Dipahami Pakai Media ...

Halaman: 123

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Belajar Membaca Anak SD Yang Wajib Dipahami Oleh Orang Tua"
related post
Gaya Atau Tipe Belajar Anak: Visual, Kinestetik, Dan Audio Visual

Pada tahapan usia anak-anak memang menjadi waktu yang tepat untuk memaksimalkan kemampuan otak dengan berlatih ... Lanjut Baca

Ini Dia Cara Agar Tidak Malas Belajar Ketika Anak Sekolah Dari Rumah

Belajar memang sudah menjadi kewajiban bagi setiap anak. Sebab dari belajar kemampuan anak-anak baik dalam ... Lanjut Baca

Cara Mudah Belajar Mengeja Untuk Anak Dari Rumah

Belajar mengeja merupakan satu kegiatan yang biasanya selalu dilalui oleh seorang anak-anak di fase taman ... Lanjut Baca