Bina Keluarga Balita Dengan 4 Konsep Keluarga Sejahtera

Waktu Baca: 2 menitJum'at, 13 November 2020 10:23 WIB
bina keluarga balita
Sumber: freepik

BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) memiliki program yang sangat bagus sekaligus menarik untuk seputar hubungan suami istri dihubungkan dengan perawatan anak yaitu Bina Keluarga Balita. Program yang satu ini merupakan salah satu alat untuk menimbulkan kesadaran bagi orangtua dan juga keluarga mengenai pentingnya kehadiran orangtua dalam tumbuh kembang balita.

Ya. seperti diketahui bersama bahwa kini masih banyak anak yang tidak mendapatkan hak-hak mereka baik hak fisik maupun psikis. BKKBN sendiri membuat program ini dengan memberikan 4 konsep utama dalam mewujudkan keluarga sejahtera dan juga bahagia. Menurut Happinest Indonesia ini merupakan konsep yang perlu diangkat dan dipahami orangtua muda di seluruh Indonesia, program tersebut yaitu:

1. Keluarga Berkumpul

Yang pertama adalah aktivitas berkumpulnya keluarga, dimana keluarga harusnya bisa menggunakan waktu luang untuk berkumpul bersama dengan anak untuk bisa menciptakan suatu kedekatan atau bonding yang kuat. Dengan berkumpulnya keluarga, maka anak akan terpenuhi kebutuhan psikisnya.

Hanya dengan melakukan aktivitas sederhana, seperti makan bersama dalam satu meja, menonton TV bersama, melakukan permainan sederhana, jalan-jalan pagi bersama, belajar bersama, dan lain sebagainya akan menimbulkan kesejahteraan baik lahir maupun batin.

Maksud utamanya adalah sesering mungkin sediakan waktu untuk berkumpul bersama keluarga secara utuh dengan kualitas berkumpulyang baik

2. Keluarga Berinteraksi

bina keluarga balita
Sumber: pinterest

Yang selanjutnya adalah keluarga yang berinteraksi. Salah satu konsep keluarga sejahtera untuk menumbuhkan Bina Keluarga Balita yang satu ini sangat wajib dilakukan. Ya, keluarga merupakan salah satu bentuk organisasi terkecil yang mana pastinya tidak akan berjalan mulus terus menerus akan tetapi suatu saat juga akan menemukan suatu permasalahan khususnya masalah anak.

Dengan interaksi ini diharapkan seluruh anggota keluarga dapat melakukan diskusi dan juga komunikasi. Dengan ini maka anak akan lebih mudah memahami berbagai permasalahan dan orang tua pun juga menjadi lebih tahu bagaimana seharusnya bertindak, dengan sama-sama belajar.

3. Keluarga Berdaya

Selanjutnya adalah keluarga berdaya yang mana dapat menunjukkan bahwa keluarga Anda dapat memenuhi kebutuhan sendiri tanpa harus bergantung penuh dengan orang lain apalagi dalam penyelesaian masalah. Dengan ini maka keluarga seharusnya bisa saling mendukung dalam segala hal yang tentunya bersifat atau mengarah ke hal positif.

4. Keluarga Peduli dan Berbagi

Tidak hanya mandiri dalam menyelesaikan permasalahan akan tetapi keluarga juga harus menjadi yang paling peduli dan menghargai satu sama lainnya. Keluarga menjadi salah satu alat untuk saling menguatkan entah bagaimana pun keadaannya dan juga saling peduli dengan orang lain. Semuanya bergerak secara aktif dalam menciptakan suatu kedamaian.

Program Bina Keluarga Balita yang satu ini masih terus perlu mendapatkan dukungan dari seluruh keluarga untuk bisa berhasil terutama keluarga muda. Oleh karena itu, jika di wilayah HappyFams ada pembinaan BKB sebaiknya Anda juga ikut menyukseskan acaranya apalagi banyak ilmu bermanfaat untuk Anda, keluarga, dan tentunya adalah anak balita Anda, semoga Moms & Dads dapat terus menjaga keharmonisan dan kebahagian keluarga.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Bina Keluarga Balita Dengan 4 Konsep Keluarga Sejahtera"
related post
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Tahukah HappyFams bahwa seberapa besar pendapatan atau pemasukan jika tidak bisa mengelola dengan baik maka ... Lanjut Baca

Peran Anak Dalam Keluarga Dari Kacamata Orangtua Muda

Jika berbicara soal peran anak dalam keluarga apa yang HappyFams pikirkan? Berbakti kepada orang tua? ... Lanjut Baca