Biji Kopi Arabika Terbaik Di Indonesia Merupakan Yang Terbaik Di Dunia

Waktu Baca: 5 menitSelasa, 03 Agustus 2021 12:20 WIB
Biji Kopi Arabika
Sumber: stocksnap.io

Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat populer di seluruh dunia. Bahkan kepopulerannya telah ada sejak zaman dahulu kala. Seiring berjalannya waktu, para penikmat minuman kopi tidak hanya dari golongan orang tua saja, namun sekarang kopi juga telah banyak dinikmati oleh kalangan muda atau kaum milenial.

Jika dahulu kopi hanya dinikmati dalam bentuk kopi hitam dengan tambahan gula, namun sekarang telah banyak diciptakan berbagai macam kreasi minuman kopi yang tentunya memiliki rasa yang nikmat.

Seperti yang diketahui biji kopi yang biasa dijadikan minuman terbagi menjadi tiga jenis yakni arabika, robusta, dan liberika. Masing-masing jenis-jenis kopi ini tentu memiliki karakteristik dan juga rasa yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Kopi arabika menjadi salah satu jenis kopi paling populer dikalangan pecinta kopi. Padahal harga kopi arabika jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga biji kopi robusta. Tidak heran jika kopi arabika telah banyak dibudidayakan di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan kopi ini juga telah berhasil diekspor ke sejumlah negara di dunia.

Sebenarnya apa yang membuat biji kopi arabika terbaik yang ada di Indonesia banyak diburu oleh para pecinta kopi? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini!

Biji Kopi Arabika Terbaik Di Indonesia, Terbaik Di Dunia

BACA JUGA:

Sejarah Kopi Arabika

Sebelum mengetahui alasan mengapa kopi arabika Indonesia sangat terkenal di dunia, tidak ada salahnya bagi HappyFams mengetahui asal muasal kopi arabika. Menurut sejarah biji kopi arabika berasal dari daerah sekitar Ethiopia dan kemudian dibawa oleh pada pedagang dari Arab menuju Yaman. Di saat itu juga para pedagang Arab memperkenalkan cara menikmati biji kopi arabika yakni dengan menyeduhnya menggunakan air panas agar menghasilkan minuman yang nikmat.

Seiring berjalannya waktu sekitar awal abad ke-15, biji kopi arabika mulai menyebar hingga daratan Eropa sampai akhirnya menyebar ke seluruh dunia dan menjadi popular sampai hari ini.

Kopi arabika yang mempunyai nama latin Coffea arabica dipercaya merupakan jenis kopi pertama yang dibudidayakan bahkan menjadi jenis dominan mewakili sekitar 60% produksi kopi global. Tidak heran jika saat ini biji kopi arabika merupakan biji kopi yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia.

Karakteristik Kopi Arabika

biji kopi arabika gayo
Sumber: stocksnap.io

Para pecinta kopi berpendapat jika biji kopi arabika memiliki karakteristik yang khas dan dapat dibedakan dari biji kopi jenis lainnya. Jika dilihat secara visual biji kopi arabika berbentuk bulat pipih, sedikit memanjang dan lebih besar dibandingkan dengan biji kopi robusta.

Ciri khas dari kopi arabika yakni memiliki body (kekentalan) yang ringan dengan tingkat keasaman cukup tinggi. Selain itu kopi arabika mempunyai aroma yang sangat khas berupa madu (honeyed), lemon, serta chocolaty (coklat).

Kandungan kafein yang terdapat pada biji kopi arabika termasuk rendah yakni sekitar 0,8-1,5 persen dari berat total. Sangat nyaman dikonsumsi oleh HappyFams yang kurang suka kopi dengan kandungan kafein tinggi.

Kopi Arabika Di Indonesia

Kopi arabika yang berasal dari Indonesia sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Seperti yang diketahui jika kopi arabika mempunyai nilai jual yang amat tinggi di pasaran tak terkecuali pasar internasional.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, beberapa kopi dari Indonesia telah berhasil diekspor hingga kesejumlah negara. Dan berikut daftar biji kopi arabika terbaik di Indonesia yang perlu HappyFams ketahui.

1. Kopi Arabika Toraja

Kopi arabika yang berasal dari salah satu wilayah di Sulawesi ini memiliki nama lain yakni Celebes Kalosi menjadi kopi yang paling banyak diekspor ke negara matahari terbit, Jepang. Ciri khas kopi arabika Toraja yakni memiliki aroma tanah yang asam, dengan sedikit rasa manis buah berbaur oleh pahit yang tipis.

Selain itu dalam pengolahannya kopi arabika Toraja masih diproses dengan cara tradisional. Tidak heran jika rasa yang dihasilkan sangatlah khas dan kaya, menjadikannya sebagai salah satu kopi arabika terbaik yang dimiliki Indonesia.

2. Kopi Arabika Gayo

Salah satu kopi arabika yang juga terkenal berasal dari tanah Aceh. Biji kopi arabika Gayo memiliki karakteristik rasa yang cukup kuat dengan tingkat keasaman yang rendah dan sedikit rasa rempah atau spice. Sama seperti jenis kopi arabika lainnya, biji kopi arabika Gayo tidak terlalu pahit jika dibandingkan dengan kopi robusta.

Dengan rasanya yang unik tersebut membuat biji kopi Gayo memiliki banyak penggemar dari Amerika dan benua Eropa. Selain itu kopi arabika Gayo banyak dijadikan sebagai campuran house blend karena karakternya yang clean.

3. Kopi Arabika Flores

Salah satu kopi arabika Flores yang sudah cukup mendunia yakni Bajawa. Bahkan di pasaran harga kopi arabika Flores jenis Bajawa dijual dengan harga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan kopi dari daerah lainnya. Beberapa negara yang mengimpor kopi ini yakni Amerika, beberapa negara di Eropa dan lain sebagainya.
Karakterisik dari biji kopi arabika ini memiliki perpaduan cita rasa karamel, coklat, hezelnut, kacang macadamia dengan full body. Terdapat sedikit rasa manis di bagian akhir. Tidak heran jika kopi ini cocok dijadikan sebagai biji kopi arabika untuk espresso.

Ternyata Indonesia memiliki banyak biji kopi arabika berkualias yang dapat dinikmati oleh siapapun. Jadi kopi arabika mana yang jadi favorit, HappyFams?

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Biji Kopi Arabika Terbaik Di Indonesia Merupakan Yang Terbaik Di Dunia"