Berat Badan Ideal Bayi Setelah Lahir Dari 1-12 Bulan Menurut WHO

Waktu Baca: 5 menitSabtu, 05 Juni 2021 11:20 WIB
Berat Badan Ideal Bayi Ideal
Sumber: freepik

Sebagai orang tua penting untuk mengetahui pertumbuhan perkembangan bayi mulai dari lahir hingga usia 1 tahun. Berat badan bayi menjadi salah satu indikator seberapa baik pertumbuhan bayi apakah telah ideal dan sesuai dengan usianya. Memang pada awal kelahiran setiap bayi yang lahir memiliki berat badan yang berbeda-beda. Namun normalnya bayi yang lahir memiliki berat badan antara 2,5 - 4 kg.

Pada beberapa hari pertama setelah lahir, umumnya bayi akan mengalami penurunan berat badan dan akan bertambah di hari ke-10 setelah kelahiran dengan berat badan yang sama saat dilahirkan atau bahkan lebih. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mencatat berat badan bayi secara rutin untuk mengetahui pertumbuhan bayi.

berat badan ideal bayi 2 bulan
Sumber: freepik

Untuk beberapa orang tua baru misalnya, mengetahui apakah berat badan bayi telah ideal atau belum memang sangatlah sulit. WHO atau Badan Kesehatan Dunia telah menentukan tabel berat badan bayi ideal sesuai dengan usia dan jenis kelamin. Dengan begitu HappyFams jadi lebih mudah untuk mengetahui berat badan normal bayi berdasarkan usia dan jenis kelamin.

BACA JUGA:

Berikut daftar berat badan bayi ideal menurut WHO

Berat badan ideal bayi baru lahir

  • Bayi laki-laki: 2,8 - 3,9 (kg)
  • Bayi perempuan: 2,7 - 3,7 (kg)

Berat badan ideal bayi 1 bulan

  • Bayi laki-laki: 3,4 - 4,7 (kg)
  • Bayi perempuan: 3,3 - 4,4 (kg)

Berat badan ideal bayi 2 bulan

  • Bayi laki-laki: 4,2 - 5,5 (kg)
  • Bayi perempuan: 3,8 - 5,2 (kg)

Berat badan ideal bayi 3 bulan

  • Bayi laki-laki: 4,8 - 6,4 (kg)
  • Bayi perempuan: 4,4 - 6,0 (kg)

Berat badan ideal bayi 4 bulan

  • Bayi laki-laki: 5,3 - 7,1 (kg)
  • Bayi perempuan: 4,9 - 6,7 (kg)

Berat badan ideal bayi 5 bulan

  • Bayi laki-laki: 5,8 - 7,8 (kg)
  • Bayi perempuan: 5,3 - 7,3 (kg)

Berat badan ideal bayi 6 bulan

  • Bayi laki-laki: 6,3 - 8,4 (kg)
  • Bayi perempuan: 5,8 - 7,9 (kg)

Berat badan ideal bayi 7 bulan

  • Bayi laki-laki: 6,8 - 9,0 (kg)
  • Bayi perempuan: 6,2 - 8,5 (kg)

Berat badan ideal bayi 8 bulan

  • Bayi laki-laki: 7,2 - 9,5 (kg)
  • Bayi perempuan: 6,6 - 9,0 (kg)

Berat badan ideal bayi 9 bulan

  • Bayi laki-laki: 7,6 - 9,9 (kg)
  • Bayi perempuan: 6,9 - 9,3 (kg)

Berat badan ideal bayi 10 bulan

  • Bayi laki-laki: 7,9 - 10,3 (kg)
  • Bayi perempuan: 7,2 - 9,8 (kg)

Berat badan ideal bayi 11 bulan

  • Bayi laki-laki: 8,1 - 10,6 (kg)
  • Bayi perempuan: 7,5 - 10,2 (kg)

Untuk bayi yang telah memasuki usia 12 bulan, umumnya berat badan akan mengalami kenaikan hingga 3 kali lipat dari berat badan saat dilahirkan. Untuk bayi laki-laki berat badan ideal dapat mencapai 7,3-11,8 kg sedangkan berat badan ideal bayi perempuan berkisar 7,1-11,3 kg.

Selain berdasarkan berat badan bayi menurut WHO, HappyFams juga dapat menghitung sendiri berat badan bayi untuk bayi berusia di bawah 12 bulan apakah telah ideal sesuai dengan panduan dari WHO dengan menggunakan rumus:

BBI = (n : 2) + 4 atau (usia *bulan : 2) + 4

Sebagai contoh, bayi usia 5 bulan, berarti n = 5 kemudian dibagi dengan 2, maka diperoleh hasil 2,5. Lalu ditambah 4 dan diperoleh hasil 6,5. Sehingga dapat disimpulkan jika berat badan ideal bayi usia 5 bulan yakni 6,5 kg.

Besarnya Kebutuhan Nutrisi Bayi

berat badan ideal bayi 9 bulan
Sumber: freepik

Asupan nutrisi menjadi faktor paling penting yang mempengaruhi berat badan bayi. Besarnya nutrisi yang dibutuhkan untuk bayi tentu harus disesuaikan dengan usianya. Untuk bayi usia 3 bulan biasanya membutuhkan asupan nutrisi ASI sebanyak 8 kali sehari atau 4 kali sehari untuk susu formula. Idealnya takaran yang diberikan untuk satu kali menyusu sekitar 180-200 ml.

Seiring bertambahnya usia bayi, nutrisi yang dibutuhkan juga meningkat. Saat bayi telah mencapai usia 6 bulan, HappyFams dapat memberikan ASI setiap 3-4 jam sekali hingga bayi merasa kenyang. Apabila memberikan ASI dalam botol, sebaiknya berikan sebanyak 6 kali sehari dengan jumlah takaran untuk satu kali menyusu sebanyak 125 ml. Dan untuk susu formula berikan sebanyak 6 kali sehari sebanyak 180-250 ml untuk sekali menyusu.

Usia 6 bulan bayi juga sudah mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI). Sebagai tahap awal perkenalan, sebaiknya berikan MPASI secara perlahan dengan porsi kecil dan tekstur sangat lembut. Jika telah terbiasa, berikan MPASI sebanyak 3 kali dalam sehari.

Jika bayi telah mencapai usia 12 bulan, bayi boleh diperkenalkan susu murni atau susu sapi sebagai tambahan Air Susu Ibu. Sedangkan untuk bayi yang telah mengkonsumsi susu formula, pemberian susu sapi dapat dilakukan secara bergantian. Sebaiknya berikan bayi susu dengan takaran 250 ml sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Selain itu bayi usia 12 bulan juga sudah dapat mengkonsumsi beraneka jenis makanan. Akan tetapi makanan yang diberikan haruslah bergizi dan juga mudah untuk dikonsumsi. Pada usia ini juga bayi sudah boleh diberikan makanan selingan yakni cemilan sehat sebanyak 2 kali sehari.

Perlu Moms ketahui jika laju berat badan setiap bayi berbeda-beda. Namun apabila menemukan berat badan bayi Moms kurang atau lebih dari rata-rata berat badan ideal usianya, sebaiknya segera periksakan si kecil ke dokter. Dengan begitu dokter akan memberikan saran yang berhubungan dengan pola makan serta perbaikan gizi untuk mencapai berat badan ideal. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk HappyFams!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Berat Badan Ideal Bayi Setelah Lahir Dari 1-12 Bulan Menurut WHO"
related post
Yuk Belajar Memahami Siklus Menstruasi Pada Perempuan Secara Biologis

Menstruasi merupakan sebuah siklus normal yang dialami oleh wanita. Umumnya menstruasi mulai terjadi pada wanita ... Lanjut Baca

Cara Menurunkan Demam Pada Anak 1-2 Tahun Dengan Cepat Secara Alami

Cara menurunkan demam pada anak tanpa obat menjadi perhatian Moms, ketika mendapati buah hati sakit ... Lanjut Baca

Cara Menghilangkan Nyeri Haid Hari Pertama Dengan Cepat Tanpa Obat

Nyeri saat haid menjadi hal yang sering dialami oleh setiap wanita selama awal menstruasi. Dalam ... Lanjut Baca