Berapa Banyak Baju Bayi Baru Lahir Yang Harus Dipersiapkan?

Waktu Baca: 3 menitSenin, 12 Oktober 2020 08:31 WIB
baju-bayi-baru-lahir
Sumber: freepik

Baju bayi baru lahir adalah salah satu kebutuhan utama yang perlu Moms siapkan dari jauh-jauh hari sebelum HPL (hari perkiraan lahir) tiba. Tapi, ketika Moms akan berbelanja perlengkapan bayi baru lahir yang satu ini, Moms barangkali merasa cukup kebingungan harus menentukan berapa jumlah baju yang perlu dibeli. Apalagi, banyak yang menyarankan untuk tidak membeli terlalu banyak, baju untuk bayi yang baru lahir karena baju-baju tersebut biasanya hanya dipakai sebentar berkat pertumbuhan bayi yang pesat.

Nah, untuk membantu Moms, ada panduan singkat berikut ini yang semoga bisa membantu dalam menentukan jumlah baju bayi baru lahir yang perlu dibeli agar lebih pas, alias tidak kurang atau kebanyakan. Selamat membaca HappyFams!

Kaos

Siapkan kira-kira 4-7 kaos untuk bayi baru lahir. Pastikan kaos yang dibeli punya ruang leher yang lebih lebar untuk kemudahan saat memakaikan kaos pada si kecil.

Baju Lengan Pendek atau Panjang

baju bayi
Sumber: pinterest

Moms bisa siapkan antara 5-7 buah baju lengan pendek maupun panjang untuk si kecil. Karena dalam satu hari bayi bisa mengganti pakaian 2-3 kali jadi sangat wajar bila disiapkan lebih. Di samping itu, pilihlah bahan yang lembut untuk kulit bayi yang masih sensitif, serta mampu menyerap keringat dengan baik, ya!

Celana Pendek atau Panjang

Sedangkan untuk jumlah celananya, Moms bisa siapkan 5-7 buah celana, baik yang panjang maupun yang pendek. Mengganti popok jadi rutinitas yang akan dilakukan ketika menjadi ibu muda, makanya celana bayi disiapkan sedikit lebih banyak tidak ada salahnya. Dan ketika membeli celana bayi pilihlah celana dengan bahan halus, lembut, dan mudah menyerap keringat seperti jenis legging.

Jaket atau Sweater

Jaket atau sweater bisa disiapkan 1 jaket atau sweater untuk melindungi si kecil dari hawa dingin, apalagi di saat musim hujan. Tapi, juga bisa pertimbangkan untuk membeli 2 jaket/sweater kalau merasa membutuhkannya. Tidak perlu terlalu banyak karena mengingat jaket atau sweater tidak banyak digunakan, karena bayi baru lahir jarang keluar dari rumah kecuali mendesak.

Baju Tidur Bayi

Demi kenyamanan si kecil yang optimal selama waktu tidurnya, sangat dianjurkan untuk membeli baju tidur bayi yg khusus. Moms bisa siapkan kira-kira 4-7 baju tidur yang nyaman untuk si kecil.

Selimut Bayi

Belilah selimut bayi sekitar 2 atau 3 buah untuk si kecil yang baru saja lahir. Fungsi dari selimut ini adalah untuk membungkus tubuh bayi agar ia selalu merasa hangat dan nyaman, terutama di malam hari atau saat cuaca dingin.

Kaos Kaki Bayi

Tak ada salahnya jika menyiapkan cukup banyak kaos kaki untuk bayi yang baru lahir. Saat berbelanja persiapan baju bayi baru lahir nanti, Moms bisa beli kira-kira 7 pasang kaos kaki. Dengan begitu, si kecil akan selalu punya stok kaos kaki bersih untuk di rumah maupun saat bepergian.

Di samping membeli baju bayi baru lahir dalam jumlah yang pas, HappyFams juga perlu memilih baju yang benar-benar nyaman untuk si kecil yang baru saja lahir, ya! Bahkan jika baju terlihat lucu dan imut sekalipun, jangan dibeli kalau baju tersebut dirasa terlalu kecil atau punya kain yang kualitasnya buruk - misalnya terasa kaku dan kasar ketika disentuh.

Selamat menjadi Ibu baru ya HappyFams, semoga panduan membeli baju bayi baru lahir ini dapat membantu dalam mengambil keputusan

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Berapa Banyak Baju Bayi Baru Lahir Yang Harus Dipersiapkan?"
related post
Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan Supaya Hati Tenang

Perlengkapan bayi baru lahir memang perlu dipersiapkan untuk Moms yang saat ini akan memiliki momongan. ... Lanjut Baca

Berapa Sih Harga Perlengkapan Bayi Baru Lahir? Lihat Yuk Moms!

Di samping berbelanja perlengkapan bayi baru lahir yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan, memperhitungkan harga ... Lanjut Baca