Beli Rumah Pertama Kali? Lakukan 5 Hal Penting Ini Ya Dads

Waktu Baca: 4 menitRabu, 29 Mei 2019 07:15 WIB
Beli Rumah Pertama Kali
Sumber: Popsugar.com

Kebutuhan untuk segera memiliki rumah akan terasa mendesak jika Dads sudah menikah. Rumah bukan lagi sekedar keinginan tapi juga kebutuhan. Terlebih jika selama berumah tangga masih tinggal bersama dengan orang tua atau mengontrak tempat tinggal. Segera mempunyai hunian sendiri tentunya akan menjadi alternatif paling baik dan sehat untuk keluarga.

Yang harus Dads ingat, membeli rumah bukanlah perkara mudah dan memerlukan biaya yang tidak murah. Apalagi jika Dads belum pernah punya pengalaman sebelumnya. Banyak informasi yang harus Dads gali sebelum beli rumah pertama kali agar benar-benar terencana dan tidak ada penyesalan di kemudian hari. Yuk, coba simak 5 hal penting ini sebelum membeli rumah!

1. Pertimbangkan Prospek Jangka Pendek dan Panjang

Pertimbangkan Prospek Jangka Panjang Dan Pendek Sebelum Beli Rumah
Sumber: Pinterest.com

Hal pertama yang harus Dads lakukan sebelum beli rumah pertama kali adalah mempertimbangkan prospek jangka pendek dan panjang. Salah satunya adalah mengenai jangka waktu menghuni rumah, apakah hanya sementara atau untuk selamanya. Jika sementara, ada baiknya Dads memilih rumah yang juga bisa dijadikan investasi di kemudian hari. Sehinga jika suatu saat Dads memutuskan untuk pindah, rumah tersebut bisa dijual kembali. Dalam hal ini penting untuk memilih rumah dengan lokasi strategis, dan fasilitas sekitar yang menjanjikan. Namun, jika Dads berencana untuk tinggal menetap, carilah rumah yang benar-benar membuat nyaman HappyFams.

2. Pahami Dengan Baik Tipe Rumah Yang HappyFams Butuhkan

Tipe Rumah Yang Dibutuhkan HappyFams
Sumber: Pexels.com/Artem Beliaikin

Ketika memutuskan untuk beli rumah pertama kali, sebaiknya Dads pahami dengan baik kebutuhan keluarga terlebih dahulu. Cobalah berdiskusi dengan Moms mengenai seperti apa rumah yang diinginkan. Dengan melakukan hal tersebut, Dads bisa mulai memetakan kebutuhan HappyFams, sehingga dapat membuat keputusan yang bijak.

3. Perhatikan Fasilitas Dan Lingkungan Sekitar

Fasilitas Dan Lingkungan Sekitar
Sumber: Wikipedia.com

Ketika akan membeli rumah, yang wajib Dads pertimbangkan adalah lingkungan sekitar serta fasilitas yang tersedia. Untuk mengetahui hal ini, Dads sebaiknya turun langsung ke lapangan untuk mengeceknya. Saat turun ke lapangan, perhatikan apakah rumah tersebut dekat dari fasilitas publik seperti sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, serta tempat Dads kerja. Jangan lupa juga mencari tahu akses angkutan umum yang terjangkau dari rumah.

Cermati juga lingkungan bertetangga. Sesuai atau tidak dengan keinginan Dads dan Moms, terutama berkaitan dengan lingkungan yang positif untuk membesarkan anak. Perlu juga Dads pahami bahwa rumah yang memiliki akses mudah ke berbagai tempat publik tentu memiliki harga jual yang relatif mahal. Jadi, jika Dads terkendala dengan budget yang dimiliki, tidak apa-apa memilih rumah yang cukup jauh dari pusat kota. Dengan catatan pilih lokasi yang masih terjangkau angkutan umum serta akses jalan yang baik.

4. Ketahui Berbagai Metode Pembayaran Rumah

Metode Pembayaran Rumah
Sumber: C
nbcindonesia.com

Metode pembayaran juga menjadi hal wajib yang perlu diperhatikan Dads. Biasanya ada dua metode yang ditawarkan, yaitu secara tunai dan metode cicil atau melalui KPR. Pilihan tersebut sangat bergantung dengan kondisi finansial serta prospek jangka panjang dan pendek Dads. Jika Dads memiliki budget yang memadai, tentu membayar tunai merupakan pilihan paling baik, sehingga tidak perlu lagi memusingkan soal cicilan.

Akan tetapi jika ada hal lain yang menjadi pertimbangan atau secara finansial belum mampu membayar tunai, maka mengambil KPR juga tidak masalah ya, Dads. Meski ada opsi untuk mencicil, ada baiknya Dads dan Moms sudah mempelajari bagaimana mengatur keuangan yang baik di awal menikah supaya rencana beli rumah pertama kali segera terealisasi dengan baik.

5. Putuskan Ingin Membeli Rumah Jadi Atau Yang Masih Proses Pembangunan

Putuskan Ingin Membeli Rumah Jadi Atau Yang Masih Proses Pembangunan
Sumber: Entrepreneur.com

Saat ini sudah banyak lho Dads, developer yang menawarkan rumah namun belum jadi sepenuhnya. Rumah seperti ini cenderung lebih murah dibanding rumah yang sudah jadi. Hanya saja Dads tetap harus mempertimbangkan hal ini dengan matang. Pasalnya, rumah yang belum jadi atau rumah inden kemungkinan membutuhkan waktu lama untuk jadi sepenuhnya.

Membeli rumah jenis tersebut juga dapat memicu Dads untuk terus was-was. Misalnya jika rumah yang sudah dibayar tiba-tiba pembangunannya berhenti di tengah jalan. Oleh sebab itu, ada baiknya Dads membeli rumah yang sudah jadi. Kalaupun ada yang kurang, Dads bisa melakukan renovasi. Selain itu, Dads juga menjadi lebih cepat menghuni rumah impian bukan?

Itulah 5 tips penting yang harus Dads lakukan ketika beli rumah pertama. Bila Dads memiliki saran lain atau pertanyaan, silakan tinggalkan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Beli Rumah Pertama Kali? Lakukan 5 Hal Penting Ini Ya Dads"