Belajar Pijat Bayi Baru Lahir, Bisa Mengobati Bayi Susah BAB Lho Moms

Waktu Baca: 5 menitSelasa, 07 September 2021 08:28 WIB
Pijat Bayi
Sumber: freepik

Bagi sebagian besar pasangan orang tua yang baru memiliki buah hati sudah tentu pengalaman dalam mengurus bayi tidaklah banyak. Meskipun begitu sebagai orang tua jangan pernah berhenti untuk belajar tentang bagaimana cara mengurus bayi dengan benar. Seperti yang diketahui bayi masih rentan mengalami masalah kesehatan terutama pada sistem pencernaannya yakni konstipasi atau susah BAB.

Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan bayi belum sempurna jika dibandingkan dengan anak-anak. Normalnya frekuensi BAB bayi usia 2 hingga 6 minggu adalah 2 sampai dengan 5 kali setiap hari, tentunya perhitungan ini berbeda untuk masing-masing bayi.

Ketika bayi telah memasuki usia 6 bulan, frekuensi BAB dapat berkurang menjadi tidak lebih dari 2 kali sehari dan ini termasuk normal. Sebab pada usia tersebut bayi tidak hanya mengkonsumsi ASI saja namun juga makanan MPASI. Bayi dianggap tidak mengalami masalah BAB apabila tubuhnya masih mengalami kenaikkan berat badan sesuai dengan usia bayi serta rutin buang air kecil.

Lalu bagaimana jika bayi baru lahir mengalami kesulitan saat BAB bahkan terjadi penurunan berat badan? Jika hal tersebut dialami oleh bayi HappyFams, berarti mereka sedang mengalami sembelit atau konstipasi. Salah satu cara mengobati bayi susah BAB yakni dengan melakukan pijatan. Cara ini juga tidak dapat dilakukan sembarangan. Meskipun begitu HappyFams dapat melakukannya di rumah sekaligus bisa juga sebagai cara mengatasi bayi menangis, lho. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk diintip!

Belajar Pijat Bayi Baru Lahir

BACA JUGA:

Hal Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Pemijatan

Sebelum melakukan pemijatan ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua, antara lain:

  1. Lakukan pemijatan di waktu yang tepat. Pemijatan tidak boleh dilakukan saat sebelum atau sesudah makan, serta ketika jam tidur siang. Sebaiknya lakukan pemijatan setelah mandi berbarengan ketika bayi diberi minyak telon.
  2. Jangan menggunakan perhiasan yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit bayi, seperti contohnya cincin.
  3. Letakan bayi pada posisi datar dengan beralaskan handuk lembut dan hangat atau di atas permukaan yang empuk.
  4. Jangan lupa untuk memberikan minyak atau krim pada telapak tangan sebelum menyentuh kulit bayi.

Cara Pijat Bayi Baru Lahir Untuk Mengobati Susah BAB

pijat bayi adalah
Sumber: freepik

Pijat bayi adalah salah satu cara sederhana dalam mengatasi bayi yang mengalami masalah BAB. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, proses pemijatan tidak dapat dilakukan sembarangan sebab membutuhkan beberapa teknik khusus. Dan berikut beberapa cara pijat bayi agar BAB lancar dan terhindar dari sembelit.

1. Pijat ILU

Pijat ilu bayi disebut juga sebagai pijat "I Love U". Cara pertama yang perlu HappyFams lakukan yakni membuat gerakan dari dada kiri ke arah perut bagian bawah seperti membuat huruf "I" sebanyak 6 kali.

Langkah berikutnya yakni membuat gerakan memijat membentuk huruf "L" terbalik yakni dari dada kanan ke dada kiri kemudian turun ke perut bagian bawah kiri. Pemijatan ini dilakukan sebanyak 6 kali.

Perlu diperhatikan jika pijatan ini tidak boleh dilakukan terbalik, sebab dapat mengakibatkan kotoran terdorong ke atas dan justru mengalami sembelit.

Langkah terakhir yakni melakukan pemijatan dengan membuat gerakan menyerupai huruf "U" terbalik, yakni mulai dari perut bawah bagian kanan ke arah perut bawah sebelah kiri. Pijat ini juga bisa dilakukan sebagai pijat bayi 1 bulan yang mengalami masalah sulit buang air besar.

2. Pijat Spiral

Pijat spiral juga dapat dilakukan sebagai pijat bayi susah BAB berikutnya. Caranya dimulai dari meletakan jari telunjuk di dekat pusar bayi dan secara perlahan bergerak searah jarum jam. Lakukan gerakan berputar melingkar perut atau seperti membentuk obat nyamuk. dengan memberikan sedikit tekanan.

Perlu diingat gerakan ini harus searah dengan jarum jam. Pijatan ini membantu dalam menciptakan gerakan internal bayi terutama sistem pencernaannya secara otomatis.

3. Pijat Untuk Bayi Yang Mengalami Kolik

Selain mengalami kesulitan buang air besar, juga sering mengalami perut kembung pada anak bayi yang dipenuhi oleh gas atau biasa disebut dengan kolik. Hampir 60 persen kolik berasal dari protein atau kandungan laktosa yang ada pada susu atau alergi susu. Dan untuk mengobatinya dapat melakukan pijat kolik.

Pijat bayi kolik tidak hanya melancarkan sistem pencernaan saja, namun juga meningkatkan kedekatan antara ibu dan bayi. Cara melakukan pijat kolik dapat dimulai dari mengusap perut bayi dengan lembut mulai dari area perut bagian kanan menuju pusar.

Kemudian gerakan tangan ke bagian atas pusar lalu tarik tangan secara lembut ke arah kanan perut untuk selanjutnya tarik ke bagian bawah. Gerakan terakhir yaitu dengan mengusap perut bayi membentuk huruf "U" secara lembut sebanyak 3-4 kali.

4. Pijat Gowes

pijat bayi 1 bulan
Sumber: Mother&Baby

Pijat ini cukup mudah dilakukan dan menyenangkan. Hal pertama yang harus dilakukan yakni posisikan bayi secara terlentang kemudian pegang kedua kaki. Luruskan kaki kemudian tekuk hingga lutut hampir menempel ke arah perut.

Langkah berikutnya yakni gerakan kedua kaki secara bergantian seolah-olah sedang mengayuh sepeda. Pastikan untuk memegang bagian telapak dan punggung kaki bayi secara lembut dan lakukan secara perlahan sebanyak 6 kali.

Dengan menekan bagian paha dan lutut ke arah perut terbukti dapat membantu bayi agar lebih mudah mengeluarkan dan melancarkan proses BAB.

Nah, HappyFams ternyata melakukan pijat bayi yang mengalami masalah BAB ternyata tidak sulit. Meskipun demikian pijatan-pijatan di atas harus tetap dilakukan secara lembut dan tidak terburu-buru. Jika telah melakukan pemijatan bayi tidak kunjung BAB segara pergi ke dokter untuk mendapat pemerikasaan lebih lanjut. Selamat mencoba, HappyFams.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Belajar Pijat Bayi Baru Lahir, Bisa Mengobati Bayi Susah BAB Lho Moms"
related post
Penyebab Dan Cara Mengatasi Bayi Menangis Ketika Tidur Tanpa Sebab

Banyak orang beranggapan jika bayi menangis merupakan hal yang wajar. Bahkan tidak sedikit yang percaya ... Lanjut Baca

Lelah Gendong Bayi? Berikut Ide Kain Bedongan Bayi Instan Yang Bagus

Kain bedong merupakan salah satu perlengkapan bayi yang wajib dimiliki. Bedong sendiri merupakan salah ... Lanjut Baca

Begini Nih Gerakan Janin Jika Kepala Sudah Di Bawah Rahim Ibu Hamil

Kehamilan menjadi momen penting bagi seorang ibu. Selama masa kehamilan tentu terjadi banyak perubahan pada ... Lanjut Baca