Belajar Investasi Saham Pemula Untuk Jangka Panjang Aman Dan Mapan

Waktu Baca: 5 menitMinggu, 28 Februari 2021 12:22 WIB
Investasi Saham
Sumber: freepik

Saat ini banyak kaum milenial melakukan pengelolaan keuangan dengan berinvestasi. Pasar saham menjadi tempat yang banyak dipilih untuk berinvestasi dengan cara legal dan tentunya menghasilkan keuntungan tinggi. Tentunya menjadi seorang investor saham tidaklah mudah. Sekilas pekerjaan ini hanya membeli, menunggu harga naik, dan saat-saat tertentu menjual saham yang dimiliki.

Akan tetapi semua itu tidaklah mudah tanpa adanya pengalaman dan pengetahuan mengenai investasi saham. Bisa-bisa bukan keuntungan yang diperoleh HappyFams, justru kerugian yang didapat.

Sebagai seorang pemula yang baru terjun ke dunia investasi saham, penting untuk mengetahui segala bentuk informasi berhubungan dengan dunia saham. Misal jenis saham yang dipilih, kapan harus beli saham atau menjualnya, berapa besarnya uang yang harus dinvestasi dan lain sebagainya.

Investasi saham sebenarnya tidaklah rumit. Untuk HappyFams yang ingin melakukan investasi pada pasar saham, berikut beberapa langkah sederhana untuk menjadi panduan dalam investasi saham pemula yang dapat diikuti.

Pelajari Dasar-Dasar Investasi Saham

Sebelum memutuskan untuk investasi saham, penting bagi HappyFams mempelajari dasar-dasar investasi saham, sebab ada banyak istilah yang sering digunakan dalam dunia saham. Jika tidak melewati tahapan ini, bukan tidak mungkin HappyFams kebingungan dan kesulitan dalam mengelola saham nantinya.

Mempelajari berbagai istilah dunai saham tidaklah cukup. HappyFams dapat melatih kemampuan mengelola saham dengan akun trading saham yang disediakan dalam bentuk simulasi perdagangan pasar saham.

Tidak ada salahnya untuk bergabung ke komunitas atau forum yang membahas mengenai saham. Komunitas dan forum saham cukup banyak dan bisa dengan mudah ditemukan di media sosial. Tidak perlu khawatir, biasanya di dalam komunitas saham sudah ada orang-orang yang cukup ahli dan bisa menjadi tempat bertanya jika HappyFams menemukan kesulitan.

Mulailah Dengan Jumlah Kecil

nabung saham
Sumber: freepik

Perlu diingat meskipun HappyFams memiliki dana lebih untuk melakukan investasi, apabila melakukan kesalahan saat melakukan saham, bisa-bisa kerugian yang diperoleh. Semakin besar dana yang diinvestasikan tentu semakin besar pula resiko yang terjadi.

Untuk itu sebagai seorang pemula sebaiknya mulai dengan menggunakan dana kecil sekitar 10 hingga 30 juta rupiah. Namun tidak sedikit juga yang memulai dengan nominal ratusan ribu. Bahkan terdapat perusahaan sekuritas yang menyediakan akun dengan minimal deposit awal 100 ribu.

Tentunya jumlah fee setiap transaksi lebih tinggi dibandingkan dengan akun berdeposit besar. HappyFams tidak perlu khawatir dengan fee tersebut bila bukan termasuk trader yang rutin melakukan jual beli saham.

Yang tidak kalah penting pastikan dana yang diinvestasikan merupakan "uang dingin". Maksudnya uang tersebut tidak akan digunakan dalam jangka waktu dekat atau uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apabila terjadi resiko yang menyebabkan aset pada saham turun, maka kondisi keuangan rumah tangga tidak terganggu.

Memahami Setiap Perusahaan ...

Halaman: 12

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Belajar Investasi Saham Pemula Untuk Jangka Panjang Aman Dan Mapan"