Belajar Hemat, Ini 5 Tips Kelola Uang Jajan Bagi Si Kecil

Waktu Baca: 5 menitKamis, 23 Mei 2019 18:24 WIB
Menabung Dengan Celengan
Sumber: Pixabay.com

Moms, ada banyak tips kelola uang jajan untuk buah hati perlu untuk diperhatikan. Kita semua tentu tahu, uang saku merupakan hal wajib yang harus diberikan orang tua kepada anak. Agar anak bisa menggunakan uang sakunya dengan bijak, ada baiknya orang tua mengajari anak mengelola keuangan sejak dini. Jangan sampai anak tumbuh menjadi pribadi yang boros dan tak menghargai uang. Pendidikan yang Moms berikan kepada anak juga haruslah dibarengi dengan penjelasan yang baik agar anak tidak salah paham menanggapinya.

Mengatur uang jajan anak bisa dibilang susah-susah gampang, orang tua tentu harus mengajarkan disiplin yang tinggi, juga mempertimbangkan masalah seperti berapa banyak uang yang akan diberikan atau di umur berapa anak mulai diberi uang jajan. Akan lebih sulit lagi jika memiliki anak lebih dari satu, masalah keadilan dalam membagi uang jajan juga harus HappyFams perhatikan agar tidak ada rasa iri di antara anak-anak HappyFams. Nah, berikut beberapa tips kelola uang jajan yang bisa Moms ajarkan kepada si kecil sejak dini.

Tentukan Jumlah Uang Jajan Yang Diberikan Kepada Anak

Tentukan Jumlah Uang Jajan
Sumber: Pixabay.com

Hal penting pertama yang harus diperhatikan dalam memberi uang jajan pada anak adalah berapa jumlah yang layak diberikan kepada anak. Dalam menentukan jumlah, faktor umur dan keadaan ekonomi menjadi indikator jumlah yang tepat. Jika keadaan ekonomi keluarga sedang tidak baik, sebaiknya Moms jangan memaksakan diri untuk memberi uang jajan dalam jumlah besar kepada anak.

Saat memberikan uang jajan kepada anak, juga Moms harus selalu mengajarinya untuk berhemat. Perhatikan juga kemampuan anak dalam mengelola uang. Jika anak masih SD, maka berikan uang yang tidak terlalu banyak. Kemampuan anak usia SD untuk mengatur sendiri uang sakunya tentu berbeda dengan remaja SMP dan SMA, bukan?

Ajari Anak Menabung Dengan Celengan dan Buku Tabungan

Tips Kelola Uang Jajan Bagi Si Kecil Ajari Menabung
Sumber: Pixabay.com

Dalam mengajari anak untuk gemar menabung, Moms bisa membelikannya celengan dengan warna, karakter, dan bentuk yang beraneka ragam. Apalagi jika celengannya berbentuk tokoh kartun kesukaannya, tentu dia akan semakin giat dalam menabung sisa uang jajannya. Biarkan juga anak untuk memasukkan sendiri uangnya.

Cara ini terbilang cukup ampuh untuk menambah motivasi anak dalam menabung. Jika celengan dirasa kurang untuk memfasilitasi anak dalam menabung, Moms juga bisa membuka rekening tabungan untuk buah hati tersayang. Apalagi sekarang sangat banyak bank-bank yang menerima pembukaan rekening untuk anak-anak di bawah umur.

Ajarkan Buah Hati Untuk Membedakan Antara Keinginan dan Kebutuhan

Membedakan Keinginan dan Kebutuhan
Sumber: Unsplash.com/Mahda Doglek

Dalam membelanjakan uang jajannya, anak memiliki kecenderungan untuk ikut-ikutan temannya. Karena itulah, Moms harus mulai memberi penjelasan pada anak agar dapat membedakan mana yang termasuk kebutuhan dan mana yang termasuk keinginan. Dengan mengajari anak membedakan antara kedua hal itu, maka Moms sudah memberi modal penting bagi anak sebagai bekal mengelola gaji bulanan dan pendapatannya setelah dewasa.

Ajak Anak Bermain Sambil Belajar

bermain sambil belajar
Sumber: Pixabay.com

Tips kelola uang jajan selanjutnya yaitu mengajak anak bermain sambil belajar. Mendidik anak mengelola uang tentu memiliki metode khusus yang berbeda dengan mengajari orang dewasa. Jika tidak dibarengi dengan metode yang tepat, dipastikan anak akan malas untuk mendengarkan nasihat. Metode bermain sambil belajar bisa dijadikan solusi untuk mengajari anak mengelola keuangan sehingga apa yang disampaikan pun lebih mudah diterima si kecil.

Contoh permainan yang bisa digunakan oleh Moms dalam mendidik anak adalah permainan monopoli. Melalui permainan monopoli, anak akan dengan mudah belajar cara berhemat dan menentukan prioritas dalam hidup. Selain itu, anak akan lebih mudah paham dan mengingat pelajaran yang disampaikan melalui permainan seperti ini. Segera praktekkan ya, Moms!

Ajarkan Anak Untuk Berusaha Sendiri Mencapai Keinginannya

Berusaha Sendiri Mencapai Keinginan
Sumber: Unsplash.com/Jerry Wang

Jika anak ingin dibelikan sesuatu, jangan buru-buru mengiyakan permintaannya. Akan lebih baik jika Moms mengajarinya cara untuk mendapatkan keinginan tersebut dengan jerih payahnya sendiri. Ambil contoh jika anak meminta dibelikan mainan baru, jangan langsung mengabulkan permintaannya. Cobalah untuk mengajari anak mendapatkan keinginannya dengan cara menyisihkan sedikit uang jajannya.

Atau, ajak ia membuat mainan itu dari nol sehingga anak akan terlatih untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Tips kelola uang jajan ini sangat mudah untuk Moms terapkan. Akan tetapi, ingat juga, jangan terlalu keras ketika memberi pengajaran kepada anak ya, Moms!

Jangan Terlalu Sering Memberi Uang Tambahan

Jangan Sering Memberi Uang Tambahan
Sumber: Unsplash.com/Kazu End

Kebanyakan orang tua akan memberikan uang tambahan kepada anak saat mengetahui uang jajannya menipis atau habis, walaupun baru saja diberikan. Jika Moms termasuk tipe orang tua seperti ini, maka ada baiknya Mom menghentikan kebiasaan tersebut sekarang juga.

Dengan selalu memberi uang jajan tambahan pada anak, maka ia tidak akan memiliki kesempatan untuk belajar mengukur kemampuannya dalam membeli keperluan pribadi. Ia pun tak akan merasa perlu menentukan prioritas saat dihadapkan pada dua pilihan antara kebutuhan dan keinginan sesaat.

Bila Moms membiasakan untuk mengajari dan mengatur uang jajan anak sejak dini dengan cara memberi penjelasan mengenai tata cara pengelolaannya, tentu Moms bisa mengetahui sejauh mana tanggung jawab anak terhadap uang yang diberikan. Selamat mencoba, semoga tips kelola uang jajan ini bermanfaat untuk kita semua. Bila Moms punya tips dan pengalaman sendiri tentang cara mengajarkan anak mengelola uang jajan, yuk share di komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Belajar Hemat, Ini 5 Tips Kelola Uang Jajan Bagi Si Kecil"
related post
Mengungkap Rahasia Bayi Tabung Untuk Pasangan Tidak Bisa Memiliki Anak

Program bayi tabung menjadi solusi alternatif bagi Moms and Dads yang ingin mempunyai keturunan. Ketika, ... Lanjut Baca

Bagaimana Cara Balikan Sama Mantan Yang Sudah Lama Putus? Bisa, Tapi!

Bagi beberapa orang berpisah dengan seseorang yang pernah menjalin hubungan percintaan bukanlah hal yang ... Lanjut Baca

5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Pada Anak Dengan Permanen Secara Alami

Bau badan sangatlah mengganggu orang yang sekitar, namum kadang tidak disadari oleh diri sendiri, terlebih ... Lanjut Baca