Belajar Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta

Waktu Baca: 3 menitSenin, 28 September 2020 17:16 WIB
Investasi Reksadana
Sumber: elderecho

HappyFams perlu tahu tentang cara mengatur keuangan rumah tangga. Hal ini penting karena seberapa besar penghasilan yang masuk jika boros dan tak terkontrol pengeluarannya maka akan selalu merasa kurang terus, bahkan bisa berakibat terlibat hutang akibat besar pasak daripada tiang.

Bagaimana bila pendapatan bulanannya hanya bergantung dari jagi UMR sekitar yang hanya 3 juta-an? Apakah masih bisa cara mengaturnya dan masih punya lebih untuk menabung?

Jangan berkecil hati dahulu HappyFams, Berikut ini adalah cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta. Coba dipelajari yuk caranya!

Buat Daftar Kebutuhan Bulanan

daftar kebutuhan bulanan
Sumber: pexels.com

Baik masih single maupun telah berpasangan, apalagi kalau sudah memiliki anak, maka HappyFams harus pandai-pandai mengatur keuangan. Cara pertama adalah ini, tulis daftar pengeluaran pokok setiap bukannya yang wajib dibayar, yakni antara lain seperti berikut:

  • Biaya makan antara lain seperti biaya beras dan lauk pauk setiap bulannya
  • Biaya transportasi termasuk biaya bensin dan biaya perawatan kendaraan setiap bulannya jika ada
  • Biaya sekolah anak, jika ada
  • Tagihan listrik bulanan
  • Biaya sewa atau kontrak rumah, jika ada
  • Biaya cicilan kendaraan, jika ada
  • Tagihan iuran BPJS bulanan untuk seluruh keluarga sebagaimana yang telah tercantum di KK (Kartu Keluarga)
  • Biaya Pembelian Obat jika ada yang ajib dibeli setiap bulannya
  • Dan lain sebagainya, sebagai pengeluaran rutin yang harus dibayar setiap bulannya, termasuk jika ada hutang yang harus dicicil di setiap bulannya.

Hindari Pengeluaran yang Tidak Perlu

Stop dan hindari pengeluaran yang tidak perlu seperti jajan diluar rumah ataupun membeli barang yang tidak dibutuhkan seperti tas atau sepatu jika tas dan sepatu lama masih bagus kondisinya dan juga barang-barang pokok yang penting masih bisa berfungsi dengan baik. Jadi tak perlu harus selalu membeli tas atau baju atau sepatu baru setiap bulannya atau bahkan mengambil cicilan baru itu hutang untuk membeli kendaraan baru atau barang lain.

Usahakan untuk memasak dan membawa bekal makan dari rumah, atau memanfaatkan diskon dari aplikasi delivery makanan jika memang lebih menguntungkan dan hitung secara bijak serta cermat, seperti cukup membeli lauknya saja lalu nasinya menanak sendiri misalnya, dan cara-cara penghematan lainnya yang bisa dilakukan guna menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

Pada saat covid ini maka sekolah dilakukan secara daring atau proses belajar jarak jauh, sehingga pulsa pun menjadi kebutuhan pokok pada saat ini. Oleh karenanya dalam situasi dan kondisi seperti sekarang ini maka lalu biaya pulsa termasuk juga dengan biaya pembelian ponselnya sejak di awal sebagai investasi awal, cukup sekali dilakukan, maka hal itu bisa dimasukkan ke dalam kategori pengeluaran pokok yang wajib juga bersama dengan beberapa jenis pengeluaran tersebut di atas dan harus dibayar terlebih dulu.

"Bila Anda membeli barang yang tidak Anda butuhkan, maka suatu saat Anda akan menjual barang yang Anda butuhkan", Demikian kalimat yang sangat mencerahkan dari salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffet.

Tabung Sisanya  

Dengan penghasilan sebesar sebesar 3 juta per bulan jika masih ada tersisa setelah dipotong dengan pengeluaran pokok rutin tersebut di atas maka sebaiknya sisa gaji tersebut ditabung digunakan sebagai dana cadangan jika pada suatu saat terjadi hal darurat yang tak terduga terjadi seperti jatuh sakit sehingga harus membeli obat yang tak ditanggung oleh BPJS atau masuk rumah sakit yang tak ditanggung pula biayanya oleh BPJS atau ada kendaraan yang rusak dan harus masuk bengkel guna mendapat perbaikan atau ada genteng rumah yang bocor atau ada bagian rumah yang benar-benar urgent harus diperbaiki dan lain sebagainya. Maka hal tersebut bisa diambilkan dari dana darurat.

Berapapun penghasilan HappyFams, usahakan tetap menabung walaupun sedikit.

Itulah HappyFams tips untuk mengelola gaji sebesar 3 juta per bulan. Semoga dapat membantu dalam mengatur keuangan keluarganya ya.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Belajar Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta"
related post
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Tahukah HappyFams bahwa seberapa besar pendapatan atau pemasukan jika tidak bisa mengelola dengan baik maka ... Lanjut Baca