Bekali Keterampilan Abad 21 Ini Bila Ingin Anak Sukses Saat Dewasa

Waktu Baca: 6 menitSenin, 07 Juni 2021 08:30 WIB
Keterampilan Abad 21
Sumber: freepik

Seiring berjalannya waktu kehidupan di dunia terus mengalami perubahan dan hal ini terjadi terhadap semua bidang. Perubahan yang paling dirasa yakni kemajuan teknologi yang diikuti oleh perkembangan ilmu pengetahuan. Di abad 21 ini setiap orang ditantang untuk dapat menguasai teknologi-teknologi secara langsung, tak terkecuali anak-anak.

Bagi anak-anak pendidikan menjadi hal terpenting yang harus mereka terima. Namun sayang, masih banyak sistem pendidikan anak yang lebih terfokus pada mempelajari pengetahuan, terutama pelajaran matematika dan bahasa. Seperti yang Moms tahu, ilmu pengetahuan saja belum cukup untuk menjadi bekal bagi anak-anak saat terjun ke dunia pekerjaan nantinya.

Sebab di abad 21 ini seseorang harus menguasai keterampilan atau skill agar dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan dengan permasalahan-permasalahan yang ada di dunia nyata.

Lalu sebenarnya apa keterampilan yang dibutuhkan di abad 21 itu?

keterampilan abad 21 adalah
Sumber: freepik

Keterampilan abad 21 adalah suatu keterampilan penting yang harus dapat dikuasai oleh setiap orang agar dapat menghadapi setiap tantangan, kehidupan, permasalahan hingga karir yang terjadi di abad 21. Tidak hanya itu saja bahkan saat ini beberapa organisasi telah mendefinisikan apa itu keterampilan abad 21.

Diketahui bahwa keterampilan abad 21 menurut ahli yang bernama Wagner dan Change Leadership Group dari Universitas Harvard yaitu suatu kompetensi dan keterampilan untuk bertahan hidup yang dibutuhkan oleh siswa dalam menghadapi kehidupan, dunia kerja, dan kewarganegaraan di abad ke-21.

BACA JUGA:

Keterampilan abad 21 4C

Keterampilan abad 21 Kemendikbud menjelaskan jika untuk melakukan penguatan pendidikan karakter di sekolah harus bisa menumbuhkan karakter siswa sehingga mereka dapat berpikir secara kritis, kreatif, mampu berkomunikasi, dan berkolaborasi untuk dapat bersaing di abad 21 ini. Penguatan karakter ini dikenal dengan isilah keterampilan abad 21 4C yakni critical thinking, creativity, collaboration, dan communication.

1. Critical Thinking

Critical thinking atau berpikir kritis merupakan kemampuan untuk mengingat, mengaplikasikan, memahami, menganalisa, menciptakan, dan mengevaluasi. Kemampuan ini merupakan hal yang harus dimiliki oleh anak-anak di abad 21. Kemampuan ini berguna agar anak dapat membedakan apakah suatu informasi benar atau hanya kebohongan, fakta dari suatu opini, ataupun fiksi dari non-fiksi.

Hal ini sangatlah penting dimiliki anak-anak agar mereka dapat mengambil keputusan menjadi lebih bijak dan dapat menjadi bekal dalam menghadapi masalah di kemudian hari nanti.

2. Creativity

Dahulu kreatif terfokus pada orang-orang yang bekerja di bidang seni. Namun saat ini kreatif tidak dapat terpisahkan dari segala bidang kehidupan. Pada tahun 2010 sebuah studi yang dilakukan oleh IBM, dilakukan wawancara terhadap 15.000 CEO yang berasal dari puluhan negara dari berbagai bidang industri. Hasil wawancara tersebut didapatkan hasil jika kreativitas merupakan kualitas kepemimpinan yang dinilai paling penting dalam menghadapi masa depan yang tidak pasti.

Kemajuan teknologi membuat banyak bidang pekerjaan mulai diambil alih oleh mesin. Untuk dapat bertahan agar tidak tergantikan oleh mesin diperlukan kreativitas dalam membuat suatu inovasi. Kreativitas untuk menciptakan inovasi pada anak dapat berupa kemampuannya menguji hasil pemikiran mereka dengan berinteraksi di lingkungan sekitar.

3. Collaboration

Perkembangan teknologi membuat siapapun dapat terhubung dengan mudah hingga menghasilkan suatu produk dengan nilai yang amat tinggi. Untuk itu dibutuhkan kerja sama atau kolaborasi dengan beberapa pihak, sebab jika melakukannya sendiri belum tentu memperoleh hasil yang maksimal nantinya. Teknologi yang berkembang saat ini membuat peluang untuk melakukan kolaborasi menjadi lebih mudah tanpa dibatasi oleh jarak.

Oleh karena itu, anak-anak harus dibekali dengan kemampuan kolaborasi yang mencangkup kerja sama dengan efektif terutama di dalam tim dengan orang-orang yang berbeda kemampuan, fleksibel dan mampu berkompromi untuk mencapai tujuan bersama, mengetahui tanggung jawab yang diberikan dalam sebuah tim, hingga menghargai kinerja setiap anggota tim.

4. Communication

Komunikasi menjadi hal paling penting untuk dimiliki setiap anak terutama dalam menyampaikan informasi secara langsung atau tatap muka dengan lawan bicara. Komunikasi tidak hanya dalam bentuk verbal saja, kemampuan komunikasi secara non-verbal dan juga tertulis juga patut dipelajari anak-anak. Hal ini untuk mengajarkan mereka menjadi pendengar yang baik, membaca bahasa tubuh lawan bicara yang biasanya berupa pesan tersirat, hingga berempati kepada orang lain.

Jangan sampai anak-anak hanya mampu berkomunikasi dengan orang lain menggunakan aplikasi chatting dengan kenalan baru. Namun mereka kurang mampu atau terkesan kaku saat harus berhadapan dengan orang baru atau kerabat terdekat secara langsung.

Sebenarnya kemampuan komunikasi ini sudah dapat diasah sejak dini dengan melakukan diskusi. Sehingga Moms dapat memberikan mereka kesempatan untuk mengobservasi tentang cara berkomunikasi yang benar antara orang dewasa dan anak-anak lain seusianya.

Keterampilan abad 21 6C

Untuk dapat menyesuaikan dengan perkembangan dunia, keterampilan yang telah dijelaskan sebelumnya mendapat penambahan menjadi keterampilan abad 21 6C menjadi creativity, critical thinking, collaboration, citizenship, dan character. Keterampilan 6C menjadi bentuk usaha pemerintah untuk mewujudkan generasi unggul yang mampu bersaing pada revolusi industri 4.0.

5. Citizenship

Keterampilan Citizenship merupakan keterampilan dalam beradaptasi menjadi warga negara yang ikut andil dalam kemajuan sebuah negara. Oleh karena itu agar suatu bangsa mempunyai karakter smart and good citizenship maka generasi muda perlu dibekali seperangkat pengetahuan dan pembelajaran sebagai warganegara muda yang cerdas dan juga baik salah satunya melalui program pembelajaran yang bertujuan untuk membentuk warga negara yang berfikir, bertindak, besikap, berkembang, dan berinteraksi dengan cerdas, kritis, analistis, berpartisipasi aktif dan bertanggung jawab terhadap diri, lingkungan masyarakat, berbangsa, dan bernegara.

6. Character

Pendidikan karakter adalah hal yang paling krusial dalam dunia pendidikan. Pendidikan ini adalah pilar yang menentukan apakah pendidikan anak dapat bermanfaat atau justru menjadi malapetaka bagi umat manusia.

Dimana keterampilan karakter ini adalah fondasi dari soft skill yang justru lebih menunjang tingkat kesuksesan seseorang anak dalam hidupnya. Seluruh pikiran, ucapan dan tindakan setiap anak akan sejalan dalam berperilaku dalam kehidupannya sehari-hari.

Kemajuan dari suatu teknologi dapat dilihat dari seberapa kreatif manusia yang menciptakannya, urban society, terus meningkat dan terakselerasi,bahkan diperkirakan akan memasuki masa mesin menjadi lebih cerdas dari manusia atau lebih dikenal dengan istilah Artificial Intelligence (AI).

Untuk itu sebagai orang tua sangat penting untuk memberikan bekal keterampilan ini kepada anak-anak sejak dini. Sebab di era Revolusi Industri 4.0 setiap anak harus mampu menguasai kompetensi profesional, kompetensi interprofesional, literasi data, teknologi, dan juga manusia. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Moms dalam memberikan pendidikan terutama keterampilan kepada buah hati agar menjadi anak sukses di masa mendatang.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Bekali Keterampilan Abad 21 Ini Bila Ingin Anak Sukses Saat Dewasa"
related post
Kenali Ciri-Ciri Bayi Sehat Baru Lahir Ini, Bekal Merawat Si Kecil

Sebagai orang tua baru, terkadang kita sulit membedakan ciri-ciri bayi sehat seperti apa, sehingga muncul ... Lanjut Baca

6 Tips Liburan Efektif Dengan Anak, Liburan Senang, Hati Tenang

Moms and Dads, liburan menjadi keinginan semua anggota keluarga, begitupun sang buah hati. Namun pilih ... Lanjut Baca

Baju Kaos Anak Perempuan Remaja Yang Kekinian, Seperti Apa Sih?

Baju kaos menjadi salah satu pakaian yang paling umum dimiliki setiap orang. Bisa jadi satu ... Lanjut Baca