Begini Cara Meluluhkan Hati Istri Yang Sedang Marah

Waktu Baca: 5 menitJum'at, 14 Februari 2020 10:00 WIB
Meluluhkan Hati Istri Yang Sedang Marah 3261
Sumber: Yandex.com

Satu hal yang perlu Dads syukuri dalam hidup adalah kehadiran Moms di sisi Dads. Ingatlah saat pedekate dulu yang bikin Dads panas-dingin. Rasa bahagia semakin meningkat setelah Dads mampu mengucapkan akad nikah dengan baik dan lancar. Puncak rasa bahagia itu ada ketika sang buah hati lahir. Rasanya kebahagiaan keluarga kecil Dads semakin lengkap dengan hadirnya sang buah hati.

Namun, dalam kehidupan nyata, semakin tinggi kadar kebahagiaan yang Dads dan keluarga peroleh, semakin tinggi pula ragam ujian yang akan diterima oleh Dads sekeluarga. Pada beberapa keluarga, kadang jika belum bertengkar dengan istri, rasanya tidak afdhol. Ada saja masalah yang meledak setiap hari dalam persoalan rumah tangga. Tentu saja hal ini tidak membuat nyaman kedua belah pihak. Sebelum frekuensi bertengkar dengan istri meningkat, berikut saran mengenai cara suami menghadapi istri marah yang bisa Dads aplikasikan.

Penanganan Terbaik adalah Mencegahnya

bertengkar dengan istri
Sumber: Pexels.com

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, daripada sang belahan hati meledak, lebih baik dicegah dulu ya Dads! Namun, bagaimana cara mengatasi kemarahan istri? Jika emosi pembicaraan terasa mulai panas dan meningkat, ingatlah salah satu harus mundur terlebih dahulu. Namun, bila keduanya memanas dan tidak ada yang mau mundur, maka menjauhlah untuk sementara. Dua poin ini adalah cara mengatasi kemarahan istri yang paling manjur.

Selain itu, sebelum pertengkaran suami istri benar-benar terjadi, benahi beberapa sikap yang mungkin memperparah pertengkaran tersebut. Sebagai suami, Dads harus mengurangi temperamen dan kebiasaan merajuk/mengambek. Karena Dads akan menghadapi Moms yang, sejujur apapun, akan mengungkapkan perasaannya dengan ‘kode-kode’. Sebaiknya pada waktu yang tepat, Dads juga harus mengingatkan Moms untuk mengurangi ‘kode-kode’ karena Dads bukanlah mesin pemecah kode.

Jika memang tak suka, ungkapkan saja langsung. Hal ini akan memberi Moms rasa nyaman untuk mengungkapkan perasaannya (walau ujung-ujungnya pasti pakai kode lagi), sehingga perselisihan dapat dihindarkan. Yang paling penting adalah, keduanya harus mengurangi sikap judgemental berikut kata-kata yang bersifat menyalahkan dan menuduh seperti, “Kamu kok gak becus sih jadi istri/ suami?”. Ketahuilah, sekecil apapun, pasangan telah melakukan yang terbaik yang bisa mereka lakukan. Kembangkan sikap saling menghargai dan memahami.

Jika Moms Terlanjur Emosi, Ini Cara Suami Menghadapi Istri Marah

Cara Mengatasi Kemarahan istri
Sumber: Pexels.com

Cara suami menghadapi istri marah memang berbeda-beda. Tergantung temperamen pribadi masing-masing dan kadar tekanan yang sedang dihadapi. Apalagi jika kemarahan Moms disebabkan oleh hal-hal kecil dan diungkapkan dalam bentuk kode-kode. Tentu saja hal ini menyebabkan emosi Dads sebagai lelaki memuncak, ya. Sudah capek-capek mencari nafkah, sampai di rumah malah dimarahi dan dibuat bingung.

Jika Dads ingin marah, sesungguhnya sah-sah saja. Malah sebaiknya Dads mengakui bahwa Dads juga marah agar Dads bisa menghargai perasaan sendiri. Akan tetapi, yang harus dilakukan adalah mengatur ekspresi rasa marah itu. Kemarahan terbaik adalah diam dan tidak menjawab pernyataan Moms. Memang sedikit menyebalkan karena tidak melawan, akan tetapi itu lebih baik daripada membentak atau main fisik.

Gencatan Senjata

hadapi istri marah
Sumber: Pexels.com

Setelah capek ‘berperang’ biasanya salah satu atau kedua belah pihak akan memilih untuk gencatan senjata. Mundur teratur dari medan perang. Begitu pula pada pertengkaran Dads dan Moms. Di fase ini, biasanya masing-masing individu akan menghabiskan sisa kemarahannya dengan mengomel di dalam hati atau melalui ucapan. Setelah itu, masing-masingnya akan mulai merenung. Kenapa tadi saya marah? Apakah saya memang harus marah? Apa resikonya jika saya marah? Pasangan saya tersakiti tidak, ya?

Jika Dads dan Moms sudah memasuki fase ini. Biasanya perasaan masing-masing pihak akan terasa lebih tenang. Biasanya Moms sering gengsi untuk memulai langkah perdamaian lho, Dads. Jadi, jangan gengsi ketika Dads harus mengambil inisiatif awal perdamaian.

suasana setelah bertengkar
Sumber: Pexels.com/Thiszun

Lantas, bagaimana cara memulai komunikasi setelah bertengkar? Dads bisa mulai dengan cara meminta maaf dan mengakui kesalahan Dads. Lakukan ini walau kita tidak bersalah ya, Dads. Lakukan ini walau ego kita menolaknya. Pelan-pelan, minta Moms untuk mengungkapkan perasaannya juga. Apa yang ada di dalam pikirannya. Apa yang ada dipersepsikannya. Jika ternyata salah, jelaskan dengan lembut. Hindari kata-kata yang menyudutkan.

Jika Moms sudah melunak dan mengeluarkan permintaan maaf, peluklah dia. Katakan pada Moms bahwa Dads tetap mencintainya dan salah paham itu biasa. Pertengkaran itu biasa dan merupakan batu loncatan menuju hubungan yang lebih baik asal keduanya mau belajar.

Let’s break the Ice, Dads!

cara mengatasi kemarahan istri
Sumber: Yandex.com

Setelah berdamai pun, biasanya rasa kaku masih bersemayam di atmosfir. Lalu, bagaimana cara mencairkan suasana setelah bertengkar? Pertama, ingat lagi hal-hal yang disukai Moms. Dads bisa menggunakan hasil dari uji bahasa cintanya Moms. Misalkan, jika Moms memiliki bahasa cinta sentuhan fisik, Dads boleh banget menawarkan cuddle sampai waktu tertentu. Berikan Moms kecupan lembut sebanyak mungkin.

Jika Dads merasa ingin berhubungan intim, jangan lupa untuk meminta izin Moms terlebih dahulu, ya. Takutnya Moms keletihan. Simak manfaat berhubungan intim setelah bertengkar disini. Atau jika Moms menyukai quality time, maka Dads bisa mengajak Moms makan berdua di rumah atau di restoran kesukaan Moms. Atau bisa saja duduk berduaan di halaman sembari duduk bersandar dan membelai kepala Moms. Dijamin Moms bakal klepek-klepek deh!

Selain itu, Dads bisa melontarkan cerita-cerita lucu pada Moms. Cerita masa-masa PDKT yang lucu dan malu-malu romantis bisa juga! Atau Dads bisa melakukan prank yang wajar ya, supaya Moms tidak kesal lagi! Apapun yang Dads lakukan, yakinkan Moms bahwa Dads akan selalu mencintainya. Moms bebas untuk mengungkapkan apa yang Moms rasakan pada Dads. Sejatinya keluarga ini dibangun berdua, kan?

Dads juga boleh bagikan pengalaman di kolom komentar! Mungkin Dads lainnya ingin mendengar pengalaman-pengalaman seru menaklukkan hati sang istri yang tengah emosional.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Begini Cara Meluluhkan Hati Istri Yang Sedang Marah"
related post
Menjaga Pola Hidup Sehat Dan Bersih Anak Terlepas Dari Penyakit

Sebagai orang tua yang peduli terhadap pola hidup sehat, maka perlu pula untuk menerapkan pola ... Lanjut Baca

7 Sikap Suami Tidak Peduli Perasaan Istri Tapi Diam-diam Sayang

Moms mungkin pernah merasa bahwa terkadang suami tak peduli lagi dengan keluarga dari sikap-sikapnya yang ... Lanjut Baca

Hubungan Toxic Itu Gimana Sih & Bagaimana Cara Melepas Hubungan Toxic?

Hubungan toxic menjadi hubungan yang tidak baik untuk kesehatan fisik maupun mental pasangan. Bila HappyFams ... Lanjut Baca