Begini Cara Hilangkan Jerawat Dan Bekasnya Hingga Tuntas

Waktu Baca: 5 menitSelasa, 31 Maret 2020 10:00 WIB
Hilangkan Jerawat
Sumber: Singaporeguidebook.com

Sejak dimulainya fase pubertas di masa remaja, jerawat menjadi masalah kulit yang dialami kebanyakan orang. Jerawat tidak hanya menyebabkan rasa gatal dan perih, namun juga merusak penampilan dan meninggalkan bekas di wajah yang jelas menurunkan kepercayaan diri. Bekas jerawat tidak hanya berupa noda saja, tapi juga bisa menimbulkan bopeng yang sangat sulit sekali untuk dihilangkan.

Moms pun pasti tahu, cara hilangkan jerawat yang bermunculan di wajah juga bukan hal yang mudah. Karena munculnya jerawat di wajah disebabkan oleh banyak faktor, ada karena kurangnya menjaga kebersihan wajah hingga faktor hormonal. Jika Moms juga sedang mengalami masalah jerawat yang sulit dibasmi, simaklah beberapa cara cepat hilangkan jerawat sekaligus untuk hilangkan bekas jerawat berikut ini.

1. Rajinlah Membersihkan Wajah

Hilangkan Jerawat Alami
Sumber: Superhitideas.com

Jerawat bisa disebabkan oleh minyak wajah yang terjebak di dalam pori wajah dan terserang oleh bakteri Propionibacterium acnes. Bakteri ini akan singgah dan menginfeksi kulit menjadi jerawat jika Moms tidak rajin mencuci muka menggunakan sabun wajah. Membersihkan wajah dapat membantu mengontrol kadar minyak dan membasmi populasi bakteri penyebab jerawat di wajah. Minimal cucilah wajah 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

Selain itu, untuk mencegah wajah yang berjerawat, Moms juga harus perhatikan sabun wajah yang digunakan. Sebaiknya, pilihlah sabun khusus untuk kulit berjerawat yang tidak memiliki banyak campuran seperti pewangi, agen busa, antiseptik, dan pewarna karena kandungan zat tersebut malah bisa mengiritasi kulit dan memperparah keadaan kulit yang berjerawat.

2. Oleskan Gel Aloe Vera

Hilangkan Bekas Jerawat
Sumber: Purpletea.com

Aloe vera sudah dikenal manfaatnya dalam dunia kesehatan dan kecantikan, termasuk sebagai obat hilangkan jerawat alami. Gel aloe vera atau lidah buaya adalah bahan yang baik untuk menjaga kelembaban kulit yang juga dibutuhkan oleh kulit berjerawat. Dan kandungan dalam aloe vera ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan perbaikan sel kulit wajah agar lebih optimal dalam membantu penyembuhan luka akibat jerawat. Caranya, cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya ini pada jerawat yang meradang.

3. Mengaplikasikan Madu

Hilangkan Bekas Jerawat Hitam
Sumber: Thetravel.com

Madu adalah campuran nektar bunga dan air liur lebah yang kaya fruktosa, vitamin, dan mineral. Madu memiliki sifat antibakteri yang telah dikenal sejak zaman dahulu sehingga sering digunakan sebagai ramuan penyembuh luka. Dan madu ini juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Cara hilangkan jerawat menggunakan madu, cukup dengan mengaplikasikannya pada area kulit wajah yang berjerawat di wajah Moms. Gunakanlah madu murni yang belum ditambahkan zat lainnya. Namun, pastikan juga bahwa madu tersebut masih higienis dan belum terkontaminasi agar penyembuhan jerawat berjalan efektif ya, Moms.

4. Gunakan Toner Cuka Apel

Cara Hilangkan Jerawat
Sumber: Medium.com

Pemakaian toner juga dapat mencegah infeksi akibat bakteri penyebab jerawat Moms. Salah satu bahan alami yang bisa dijadikan toner untuk kulit rentan berjerawat adalah cuka apel (apple cider vinegar). Cuka apel sebagai toner alami ini memiliki sifat asam sehingga Moms harus mencampurnya dengan air sebelum diaplikasikan pada wajah. Pada pemakaian awal, gunakan toner cuka apel yang telah dicampur air dengan perbandingan 1:9 (1 sendok cuka apel untuk 9 sendok air). Secara perlahan, Moms dapat meningkatkan jumlah pemakaian cuka apel, namun perbandingannya jangan sampai melebihi 1:1 ya, Moms!

5. Kompres Jerawat Menggunakan Es

Cara Cepat Hilangkan Jerawat
Sumber: Sg.news.yahoo.com

Cara cepat hilangkan jerawat yang sedang meradang bisa dengan menggunakan kompres es. Selain menyembuhkan peradangan pada kulit dan otot secara topikal, es juga berfungsi meredakan radang dan nyeri akibat jerawat. Caranya dengan membungkus es batu dengan kain bersih, lalu tempelkan pada kulit yang berjerawat. Namun, cara ini hanya bersifat sementara Moms sehingga harus diiringi dengan metode penyembuhan lainnya.

6. Gunakan Masker Putih Telur

Hilangkan Jerawat Masker
Sumber: Mysimpleremedies.com

Masker putih telur dikenal ampuh untuk mengencangkan kulit wajah. Namun, sebenarnya masker putih telur juga memiliki manfaat lain lho Moms, yakni untuk mengontrol produksi minyak pada kulit wajah agar tidak berlebihan dan dapat mengatasi peradangan akibat jerawat. Caranya adalah dengan mengaplikasikan masker pada wajah. Dan perlu diingat juga, jangan gunakan masker lebih dari 10 menit ya, Moms!

7. Gunakan Juga Masker Oatmeal

Hilangkan Jerawat Masker Oatmeal
Sumber: Savynaturalista.com

Moms suka mengonsumsi oatmeal untuk diet atau sering menyajikan oatmeal untuk sarapan keluarga? Oatmeal juga bisa dijadikan sebagai masker wajah lho, Moms. Manfaatnya adalah untuk hilangkan bekas jerawat hitam sekaligus membasmi munculnya jerawat jika digunakan secara rutin. Untuk menjadikannya masker, cukup ambil sedikit oatmeal original, haluskan, lalu masak dan biarkan dingin. Setelah dingin, Moms dapat aplikasikan masker oatmeal ini ke wajah hingga kering lalu bilas dengan air hingga bersih.

8. Jalani Clean Diet

Hilangkan Jerawat Clean Diet
Sumber: Ocregister.com

Menurut American Academy of Pediatrics pada selebaran Acne-How to Treat and Control it terbitan 2010, disebutkan bahwa makanan tidak menyebabkan jerawat secara langsung. Namun, mengonsumsi makanan yang kaya gula, garam, dan lemak berpotensi memperparah jerawat lho, Moms! Selain itu, ketiga bahan tersebut juga bisa menurunkan kemampuan tubuh dalam menyembuhkan luka. Oleh karena itu, Moms yang jerawatnya sulit sekali hilang sebaiknya mulai jalani clean diet ini untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Untuk menjalani diet ini, tentu saja Moms hanya perlu mengonsumsi lebih banyak sayur, buah, dan air putih secara rutin sehingga wajah pun tampak lebih bersih dan glowing tanpa jerawat yang mengganggu.

9. Menggunakan On-Spot Treatment

Hilangkan Jerawat On Spot Treatment
Sumber: Thebodyshop.co.id

On-spot treatment adalah pengobatan langsung ke titik jerawat. Beberapa obat yang dapat digunakan untuk hilangkan jerawat dengan cepat adalah tea tree oil dan benzoil peroksida. Benzoil peroksida dapat digunakan tanpa resep tertentu yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan membuka pori yang tertutup. Biasanya benzoil peroksida tersedia dalam bentuk paket sabun, lotion, dan gel. Sementara tea tree oil juga banyak terkandung dalam gel pembasmi jerawat dan produk perawatan wajah yang memang ditujukan untuk kulit berjerawat.

10. Konsultasikan Dengan Dokter Kulit

Hilangkan Jerawat Dokter Kulit
Sumber: Graceskinclinic.com

Jika jerawat tak kunjung sembuh, maka langkah terakhir yang bisa Moms lakukan adalah dengan mengonsultasikannya pada dokter kulit. Dokter akan lebih memahami kondisi kulit Moms dan tahu cara penyembuhan yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Apakah karena ketidakseimbangan hormon, genetik, atau bakteri dan pori wajah yang tersumbat. Dengan berkonsultasi ke dokter, Moms akan mendapatkan saran untuk perawatan yang tepat sekaligus obat wajah khusus untuk penyembuhan jerawat.

Demikianlah 10 cara hilangkan jerawat di wajah yang bisa Moms coba agar wajah segera bebas dari jerawat. Apa Moms juga punya tips ampuh untuk mengatasi dan menghilangkan bekas jerawat yang membandel? Atau punya informasi mengenai perawatan kulit wajah berjerawat yang efektif? Sharing dengan yang lainnya di kolom komentar yuk, Moms?

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Begini Cara Hilangkan Jerawat Dan Bekasnya Hingga Tuntas"
related post
Mitos Dan Fakta Jenis Kelamin Bayi Yang Terjadi Oleh Ibu Hamil

Sudah sejak lama banyak mitos berkembang terkait tentang kehamilan yang berlaku turun temurun di Indonesia. ... Lanjut Baca