Begini 5 Cara Memaksimalkan Usia Anak Golden Age, Moms Wajib Tahu!

Waktu Baca: 5 menitKamis, 15 Agustus 2019 11:00 WIB
Usia Anak Golden Age
Sumber: Pixabay.com/StockSnap

Moms pernahkah mendengar istilah usia anak golden age pada pertumbuhan dan perkembangan anak? Golden age merupakan masa pertumbuhan keemasan untuk setiap anak, sesuai dengan namanya. Maksud dengan masa pertumbuhan keemasan ini adalah anak-anak yang memasuki golden age memiliki kemampuan kognitif yang sangat tinggi.

Usia yang digolongkan golden age pada anak adalah 0- 5 tahun. Atau secara umum biasa dikenal sebagai masa perkembangan balita. Tidak hanya menunjukkan perkembangan fisik yang signifikan, masa ini juga menjadi masa perkembangan 80% otak manusia selama hidup. Jadi, dalam 5 tahun, perkembangan otak anak di usia emas golden age ini sangat perlu diperhatikan.

Agar Moms lebih mudah menentukan apa yang harus dilakukan selama usia emas atau golden age sehingga si kecil mengalami perkembangan otak yang maksimal, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan. Simak penjelasannya pada bagian di bawah ini ya, Moms!

1. Latih Terus Kemampuan Motorik Halus Si Kecil Ya, Moms

Latih Terus Kemampuan Motorik Halus Si Kecil Ya, Moms
Sumber: Pixabay.com/StockSnap

Golden age menurut para ahli adalah usia yang sangat penting untuk melatih kemampuan motorik halus. Agar kemampuan motorik halus berkembang lebih maksimal, cobalah untuk melatih terus kemampuannya. Salah satu cara melatih kemampuan motorik halus pada anak di usia emas golden age ini adalah dengan meminta si kecil mengancingkan bajunya sendiri.

Kegiatan ini terlihat sederhana, tapi tidak mudah bagi anak-anak usia 0-5 tahun. Rata-rata waktu yang dibutuhkan oleh anak-anak di rentang usia golden age ini untuk mengancing satu kancing baju saja sekitar 1 menit. Kalau si kecil tak memiliki baju berkancing, Moms bisa membeli busy books dan meminta untuk mencantumkan aktivitas mengancingkan.

Selain itu, kemampuan motorik halus si kecil di usia masa golden age bisa dilatih dengan cara menggambar dan mewarnai. Berikan ia pensil warna dan kertas yang sudah digambar bentuk sederhana dan minta mereka untuk mewarnai. Jika pada awalnya si kecil masih asal-asalan, tak masalah. Latih terus sampai Moms bisa memberikan instruksi untuk mewarnai tak keluar garis gambar. Ini bisa melatih kemampuan motorik halus dan juga konsentrasinya.

2. Berikutnya Perhatikan Juga Latihan Motorik Kasarnya!

Berikutnya Perhatikan Juga Latihan Motorik Kasarnya!
Sumber: Pixabay.com/Public Domain Pictures

Kemampuan motorik kasar juga menjadi hal yang perlu diperhatikan selama usia anak golden age. Kemampuan motorik kasar berkaitan dengan gerakan yang cukup besar yang dilakukan oleh tubuh. Berikan latihan bersepeda, berlari, melompat, dan memanjat untuk anak-anak di usia emas atau golden age ini. Moms, Dads, dan si kecil bisa mengisi waktu sore dengan bermain sepeda di taman atau memanjat pohon di depan rumah. Tapi tetap awasi si kecil, ya.

3. Moms, Coba Biasakan Berdiskusi Untuk Melatih Kemampuan Kognitifnya

Moms, Coba Biasakan Berdiskusi Untuk Melatih Kemampuan Kognitifnya
Sumber: Pixabay.com/Mario0107

Sesuai dengan penjelasan dari berbagai ahli juga, usia emas atau golden age menjadi usia di mana terjadi perkembangan sebesar 80% pada otak si kecil. Moms bisa memberikan perhatian lebih pada perkembangan otak ini. Ini karena perkembangannya yang maksimal yang akan menghasilkan kemampuan kognitif yang baik juga.

Jika Moms tidak tahu bagaimana cara yang tepat melatih kemampuan kognitif anak di usia emas golden age, cobalah berdiskusi dengan si kecil. Diskusi dengan si kecil ini berkaitan dengan berbagai hal baru yang ada di sekitarnya. Itulah sebabnya juga, di usia masa golden age, si kecil perlu diajak ke berbagai tempat baru dan menemui banyak orang baru ya Moms. Ketika sampai di rumah, pintalah si kecil ceritakan pengalamannya saat menemukan hal baru tersebut.

4. Kenali Potensi Si Kecil Sejak Dini Penting Lho, Moms

Kenali Potensi Si Kecil Sejak Dini Penting Lho, Moms
Sumber: Pixabay.com/Thedanw

Pada rentang usia golden age, si kecil juga sudah secara umum menunjukkan apa talenta yang dimilikinya. Berikan perhatian terkait pengembangan potensi si kecil ini di usia golden age yang dilaluinya. Ada banyak jenis potensi yang sudah bisa ditunjukkan oleh anak usia 0-5 tahun. Diantaranya berkaitan dengan kemampuan berbahasa/linguistik, kemampuan bermusik dan bernyanyi/musicality, dan kemampuan berpikir sistematis/visual spasial.

Cobalah perhatikan potensi si kecil sejak usia emas ya, Moms. Jika sudah teridentifikasi dini, Moms bisa memberikan suplemen atau latihan yang bisa semakin memaksimalkan pencapaiannya di masa emas ini. Ini karena otak si kecil masih sangat berkembang pesat dan mampu menyerap segala hal dengan sangat baik ketika usianya berada di antara 0 hingga 5 tahun. Jangan sampai periode emas yang menjadi momen bagi anak memaksimalkan perkembangan otaknya tidak optimal. Setuju ya, Moms?

5. Perhatikan Perkembangan Emosi Si Kecil Juga Ya

Perhatikan Perkembangan Emosi Si Kecil Juga Ya
Sumber: Pixabay.com/Ben_Kerckx

Usia golden menurut para ahli juga menjadi waktu yang tepat untuk mengembangkan pengendalian emosi yang baik. Sejak dini, Moms harus memberikan respon yang jelas atas setiap emosi yang ditunjukkan oleh si kecil. Jika dirinya melakukan kesalahan, Moms harus menunjukkan emosi kecewa dan sedih. Hal ini akan memudahkan si kecil memahami bahwa apa yang dilakukannya tidak baik.

Ketika si kecil merasa bahagia, Moms harus tunjukkan Moms juga merasa bahagia. Rentang usia golden age yang terbiasa dengan pengembangan emosi yang baik ini, akan sangat bermanfaat dalam perkembangan emosi si kecil di tahap selanjutnya. Itulah beberapa cara memaksimalkan kemampuan anak golden age ini. Asalkan Moms memperhatikan proses perkembangannya dan memberikan nutrisi terbaik untuk si kecil, perkembangan otaknya bisa maksimal.

Bagi Moms dan Dads yang punya rekomendasi cara memaksimalkan usia anak golden age lainnya, yuk bagikan pengalamannya di kolom komentar! Semoga bermanfaat ya.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Begini 5 Cara Memaksimalkan Usia Anak Golden Age, Moms Wajib Tahu!"