Bayi Tumbuh Gigi Pertama Kali Rewel? Berikut Cara Mengatasinya Moms

Waktu Baca: 2 menitRabu, 27 Mei 2020 12:56 WIB
Bayi Tumbuh Gigi Pertama
Sumber: nearsay

Senangnya memiliki bayi yang sehat dan ceria. Bawaannya bikin betah berlama-lama main dengannya. Melihatnya tersenyum dan bercanda sepanjang hari.

Tapi ada saat di mana si kecil jadi super rewel, terutama ketika usianya antara empat sampai enam bulan. Hilangnya keceriaan membuat orang tua pun panik. Bingung dengan perubahan yang terjadi pada anaknya.

Jangan panik dulu. Di usia tersebut, kerewelan anak mungkin ada sebabnya, yaitu karena tumbuh gigi pertama. Perhatikan ketika si kecil bertingkah lagi, seperti suka menggigit benda-benda, kadang-kadang sambil menangis. Mulutnya pun juga sering mengeluarkan liur dengan gusi yang membengkak. Biasanya lahap minum susu, sekarang jadi malas-malasan. Kemudian ia lebih sering minta digendong dan badannya terasa hangat. Terkadang ia juga suka menggaruk atau menarik telinga dan menggosok-gosok muka.

Daripada panik, sebaiknya HappyFams bergembira karena ini adalah ciri-ciri bayi yang sedang tumbuh gigi. Prosesnya memang bikin dia tidak nyaman sehingga rewel. Tapi Moms bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit yang ia alami dengan cara-cara di bawah ini.

Memberi Mainan Khusus untuk Bayi Tumbuh Gigi

Di toko-toko khusus balita pasti ada mainan untuk bayi yang sedang tumbuh gigi. Bentuknya beraneka macam dan biasanya berisi air atau jel. Bayi tumbuh gigi akan suka sekali menggigit mainan tersebut. Supaya membuatnya nyaman, sekaligus mengurangi rasa sakit pada gusinya, dinginkan mainan tersebut di dalam kulkas.

Mengoleskan Obat untuk Tumbuh Gigi

Obat pengurang rasa sakit untuk gusi bayi tumbuh gigi kini banyak tersedia di apotek. Tinggal oleskan saja obat tersebut pada bagian gusi. Fungsinya sama seperti obat bius oles, yang akan membuat gusi mati rasa dan mengurangi rasa sakit. Tapi sebaiknya gunakan di saat yang mendesak saja ya Moms.

Beri Kompres Dingin

Kalau si kecil suka menggigit-gigit handuk, pilihlah handuk dengan bulu pendek dan tidak mudah rontok. Lalu rendamlah handuk pada air matang dingin dan berikan kepadanya. Sensasi dingin dari handuk akan membuat gusinya terasa nyaman saat menggigiti benda tersebut.

Saat Darurat, Berikan Punggung Jari

Di saat darurat, ketika bayi menggapai-gapai tangan Mom, berikan punggung jemari tangan. Jangan sodorkan ujung tangan karena bagian bawah kuku belum tentu bersih. Di saat seperti ini, pastikan selalu menjaga kebersihan tangan.

Ketika Bayi Menggigit Puting Susu

Bagaimana ketika bayi menggigit saat sedang menyusu? Kejadian seperti ini memang sangat tidak terduga. Yang penting, jangan menarik puting secara kasar. Walau pun kesakitan, cobalah tetap tenang dan pencet hidung bayi satu detik saja agar ia melepaskan gigitannya.

Bagaimana? Mudah bukan, "menaklukkan" si kecil yang sedang rewel karena giginya sedang tumbuh? Moms tenang, anak pun juga nyaman melewati masa tumbuh giginya. Tetap semangat ya Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Bayi Tumbuh Gigi Pertama Kali Rewel? Berikut Cara Mengatasinya Moms"