Bayi Naik Pesawat, Moms Wajib Tahu Fakta Ini Agar Bayi Tidak Rewel

Waktu Baca: 4 menitMinggu, 28 April 2019 08:10 WIB
Bayi Rewel Naik Pesawat
Sumber: Pinterest.com

Apakah Moms seorang wanita yang hobi traveling? Atau bahkan seorang penggila traveling ketika lajang dulu? Nah, pahamilah bahwa ada satu hal yang tidak bisa dihindari oleh seorang wanita, yaitu suatu waktu dimana kita akan menjadi seorang ibu. Lantas, apakah berarti Moms tidak lagi bisa melakukan hobi traveling tersebut ketika sudah punya anak? Apakah bisa mengajak bayi naik pesawat? Atau bahkan mustahil untuk melakukan perjalanan jauh jika sudah memiliki momongan? Apalagi melihat beberapa orangtua yang sering dihadapkan oleh masalah anak bayi rewel ketika naik pesawat, tentu saja Moms berpikir apakah aman membawa si kecil dalam perjalanan? Nah, jangan khawatir dulu, Moms! Untuk Moms yang baru pertamakali melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang bersama si kecil, mungkin saja akan timbul rasa cemas. Tapi tenang dulu ya! Karena selain konsultasi dengan dokter, berikut ini adalah tips mengajak bayi naik pesawat agar tidak rewel.

Sebelum Booking Tiket Pesawat, Perhatikan Dulu Kapan Usia Aman Untuk Bayi Naik Pesawat

usia bayi naik pesawat
Sumber: Unsplash.com

Mungkin maskapai penerbangan akan memberlakukan ketentuan yang berbeda-beda untuk memperbolehkan anak ikut naik pesawat. Ada yang menetapkan minimal usia 2 hari, ada pula yang memiliki aturan minimal usia bayi untuk dapat mengikuti penerbangan adalah 14 hari. Biasanya, maskapai akan meminta surat keterangan medis dari dokter terlebih dahulu, dimana surat tersebut harus menyatakan bahwa bayi dalam keadaan sehat dan aman untuk terbang.

Pahamilah juga bahwa bayi berusia kurang dari 2 minggu biasanya akan memiliki resiko yang lebih besar. Dalam usia ini, daya tahan bayi masih sangat lemah, dan masih rentan tertular penyakit seperti flu atau batuk dari orang lain yang berada di kabin pesawat. Lantas, kapan sih usia aman bagi bayi untuk naik pesawat? Secara umum, usia minimum 3 bulan dianggap paling aman bagi bayi naik pesawat. Saat usia inilah, daya tahan pada tubuh bayi sudah kuat juga lebih baik dalam menghadapi perubahan suhu udara.

Pertanyaan selanjutnya yang akan muncul adalah, apakah bayi dikenakan tarif naik pesawat sama halnya dengan orang dewasa? Apakah harga tiketnya menjadi berbeda? Jawabannya adalah tergantung dari maskapai itu sendiri ya, Moms. Umumnya, bayi digolongkan kedalam usia di bawah 2 tahun (24 bulan) saat penerbangan, dimana sebagian besar maskapai mengharuskan bayi duduk di pangkuan penumpang dewasa. Hanya saja, perlu diketahui juga bahwa batasan satu orang bayi hanya boleh dibawa oleh satu orang penumpang dewasa.

Pahamilah juga walaupun bayi tidak memiliki tempat duduk sendiri, tetap saja si kecil membutuhkan tiket, bukti usia seperti akte kelahiran, dan juga paspor jika memiliki tujuan terbang ke luar negeri. Harga tiket bayi juga berbeda tiap maskapai. Sebagian malah ada yang memberikan harga tiket gratis bagi bayi. Namun, ada pula yang menentukan tarif bayi sekian persen dari tarif penumpang dewasa. Bagaimana soal jatah bagasi bayi? Tentu saja hal ini tergantung dari maskapai penerbangannya itu sendiri, Moms bisa memastikannya kepada maskapai penerbangan terkait.

Selama Penerbangan, Usahakan Agar Si Kecil Tertidur

bayi tidur di pesawat
Sumber: Haibunda.com

Untuk membuat si kecil tertidur tentu saja bukan dengan cara memaksanya untuk tidur, melainkan dengan memperbanyak aktivitas pada anak sebelum penerbangan. Ajaklah anak untuk bermain seaktif mungkin, maka ketika anak merasa lelah, ia cenderung akan tertidur saat pesawat mulai mengangkasa. Inilah salah satu cara efektif untuk membuat anak tidak rewel selama penerbangan di pesawat. Moms juga bisa ikutan tidur lho guna menyiapkan energi untuk aktivitas selanjutnya!

Saat Anak Mulai Kelihatan Rewel, Jangan Panik Ya, Moms!

bayi menyusui di pesawat
Sumber: Kumparan.com

Cara kedua untuk membuat anak tidak rewel saat di pesawat adalah dengan memberikannya ketenangan. Ketika bayi menangis, pasti si orangtua akan menjadi pusat perhatian dari semua penumpang pesawat. Namun, usahakan jangan panik ya Moms jika hal ini terjadi.

Apabila si kecil masih dalam fase menyusui, Moms bisa mencoba untuk menyusui si bayi. Namun, jika cara tersebut masih saja kurang berhasil, ajaklah jalan-jalan menyusuri lorong pesawat. Timang-timang dan usap punggungnya dengan diiringi nyanyian untuk memberikan si kecil ketenangan.

Inilah Cara Mengatasi Si Musuh Utama Anak Rewel Saat Perjalanan

musuh anak di pesawat
Sumber: Pinterest.com

Tekanan udara seringkali menyebabkan anak rewel saat memulai atau berakhirnya penerbangan. Perhatikan saja, kebanyakan bayi akan mulai rewel saat pesawat mulai take-off atau landing. Nah, saat situasi seperti ini, Moms bisa memberikan si kecil dot susu dimana aktivitas ini bisa membantu mengurangi tekanan udara yang terasa di telinga.

Cara lainnya, Moms juga bisa membawakan cemilan atau permen untuk mengurangi tekanan udara pada telinga bayi. Atau sebaiknya Moms juga memakaikan earplug pada telinga bayi agar si kecil tidak merasa sakit saat mengalami tekanan udara di kabin pesawat. Apabila cara-cara tersebut belum efektif untuk mengatasi rewel bayi saat naik pesawat, pahamilah juga bahwa sebenarnya bagaimanapun juga anak kecil tetaplah manusia yang terkadang merasa bosan dan letih saat melakukan perjalanan panjang.

Membawa mainan favorit si kecil ketika melakukan perjalanan dengan pesawat mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi kebosanan anak di dalam pesawat. Terakhir, satu hal penting lainnya sebelum mengajak bayi naik pesawat, pastikan agar si bayi mendapat imunisasi standarnya. Dengan membuat anak nyaman di perjalanan, anak bukan lagi menjadi halangan untuk menyalurkan hobi traveling, bukan?

Nah, apabila Moms sudah tahu bagaimana cara efektif untuk membuat bayi naik pesawat tidak rewel, sekarang saatnya untuk membuat daftar perjalanan dan destinasi mana saja yang akan dikunjungi bersama si kecil di musim liburan kali ini. Moms dan Dads bisa liburan ke pantai bersama anak, atau mecoba hal baru seperti pergi ke gunung dan camping di alam terbuka. Atau Moms ingin share pengalaman liburan bersama si kecil ketika naik pesawat? Yuk share di kolom komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Bayi Naik Pesawat, Moms Wajib Tahu Fakta Ini Agar Bayi Tidak Rewel"