Baper, Mager, Caper, 24 Bahasa Gaul Kekinian Jaman Now Apa Artinya?

Waktu Baca: 7 menitKamis, 28 Oktober 2021 08:26 WIB
Bahasa Gaul Kekinian
Sumber: freepik

Media sosial memiliki peran yang amat penting bagi kehidupan manusia saat ini. Bagaimana tidak, beragam informasi dapat diperoleh dengan mudah dari media sosial termasuk bahasa gaul yang sering muncul atau diucapkan oleh beberapa orang.

Pola asuh anak zaman now memang sudah berbeda dengan zaman dulu, sampai bahasa saja kadang tidak dapat kita mengerti dengan jelas. Menurut sejarah, bahasa kekinian disebut juga bahasa slang Indonesia telah lazim digunakan sejak tahun 1970-an di Jakarta. Seiring berkembangnya jaman, bahasa gaul terus bertambah dan semakin banyak jumlahnya sebab beberapa ada yang berasal dari bahasa Inggris. Uniknya lagi sebagian besar bahasa gaul tidak dapat ditemukan dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Saat ini istilah bahasa gaul kekinian banyak digunakan dalam percakapan di media sosial sebab tidak hanya kekinian namun juga mempermudah seseorang dalam menyampaikan sesuatu. Akan tetapi mungkin banyak di antara HappyFams yang tidak mengetahui bahasa gaul kekinian jaman now tersebut. Eit, jangan sedih dan takut dibilang kurang gaul, HappyFams! Kali ini Happinest Indonesia akan menjalaskan satu per satu bahasa gaul kekinian dan artinya agar kebahasaan HappyFams tentang bahasa gaul semakin bertambah. Penasaran, yuk cari tahu di bawah ini!

24 Bahasa Gaul Kekinian Jaman Now Beserta Artinya:

BACA JUGA:

1. ASAP

Merupakan singkatan dari As Soon As Possible. Bahasa gaul ini umumnya digunakan untuk meminta seseorang melakukan suatu hal dengan cepat atau sesegera mungkin.

2. AFK

Para pecinta permainan online tentu sudah tidak asing dengan istilah ini. AFK sendiri adalah singkatan dari Away From Keyborad. Dalam dunia gaming AFK berarti karakter dalam game tidak sedang dimainkan oleh pemain meskipun status karakter dalam kondisi online. Seperti yang HappyFams tahu, untuk mengontrol karakter game dibutuhkan keyboard. Jika ditengah permainan tiba-tiba karakter game berhenti dan tidak melakukan sesuatu padahal masih berstatus online, berarti karakter tersebut dalam kondisi AFK.

3. AKA

Mungkin kita sering menemukan kata ini di berbagai postingan. AKA adalah singkatan dari As Known As yang apabila diartikan berarti "alias". Bahasa gaul ini digunakan untuk menjelaskan suatu kata yang memiliki arti yang sama dengan kata lainnya.

4. BTW

Nah, bahasa gaul ini juga cukup sering digunakan tidak hanya di dalam pesan teks saja namun juga dalam percakapan sehari-hari. BTW merupakan singkatan dari By The Way yang jika diartikan sebagai "ngomong-ngomong".

5. BRB

Ini juga bahasa gaul yang sering digunakan dalam pesan teks. BRB atau Be Right Back merupakan bahasa gaul untuk menginformasikan seseorang ketika ingin meninggalkan percakapan dalam kurun waktu tidak lama atau sebentar. Dan lawan bicara diminta untuk menunggu sebentar sebelum melanjutkan lagi percakapan.

6. Baper

HappyFams tentu sudah tidak asing dengan bahasa gaul kekinian yang satu ini. Baper merupakan singkatan dari Bawa Perasaan. Istilah ini lebih ditunjukkan kepada seseorang yang segala bentuk ucapan dan tindakan dari orang lain dipikirkan atau dimasukkan ke dalam hati.

7. Bucin

Selain baper, ada juga bahasa gaul lainnya yakni bucin yang merupakan singkatan dari Budak Cinta. Singkatan ini digunakan kepada wanita atau pria yang sangat tergila-gila kepada seseorang yang dicintainya. Orang-orang tersebut rela melakukan apapun hanya untuk agar membuat orang yang mereka cintai merasa bahagia. Apakah HappyFams termasuk?

8. Caper

Caper merupakan singkatan dari cari perhatian. Bahasa gaul ini sering digunakan untuk menunjukkan pada seseorang yang gemar mencari perhatian dari orang lain atau bahkan publik. Ada beragam tindakan yang dilakukan oleh orang tersebut agar mendapat perhatian dari orang lain, mulai dari melakukan tindakan yang berlebihan atau bahkan yang bisa membahayakan dirinya sendiri.

9. Cepu

Bahasa gaul berikutnya adalah cepu. Sebenarnya kata ini bisa ditemukan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang memiliki banyak arti. Namun dalam bahasa gaul kata cepu merujuk pada tukang mengadu atau dengan kata lain diberikan kepada seseorang yang tidak dapat menjaga informasi atau hal penting lainnya dari teman-teman. Tujuannya tak lain adalah agar orang tersebut mendapat kebencian, disudutkan, hingga bully-an dari lingkungan.

10. CMIIW

CMIIW merupakan singkatan dari Correct Me If I’m Wrong atau jika diartikan menjadi tolong koreksi jika saya salah. Bisanya istilah ini digunakan ketika menjelaskan suatu hal dan khawatir apakah informasinya yang diberikan sudah benar atau tidak.

11. Damage

Kata damage merupakan istilah bahasa Inggris yang berarti kerusakan. Namun dalam bahasa gaul, istilah damage digunakan untuk menanggapi sesuatu yang mengarah kepada pesona yang dimiliki orang lain. Pesonanya tersebut membuat orang yang melihat jatuh hati.

12. FYI

FYI atau For Your Information (untuk anda ketahui) biasanya digunakan pada awal kalimat ketika ingin memberikan informasi kepada orang lain melalui tulisan ataupun secara lisan.

13. Gabut

Bahasa gaul kekinian ini sering digunakan oleh anak muda jaman sekarang ketika ditanya sedang melakukan apa. Gabut merupakan singkatan dari gaji buta artinya tidak melakukan apapun namun tetap mendapatkan gaji. Akan tetapi arti gabut sekarang lebih mengarah pada kondisi tidak melakukan pekerjaan apapun sehingga menimbulkan kebosanan.

14. Gercep

Gercep juga merupakan singkatan dari gerakan cepat. Bahasa gaul ini ditunjukkan kepada seseorang yang dapat bergerak lebih cepat ketika sedang melakukan sesuatu.

15. Ghosting

Ghosting dalam bahasa gaul memiliki arti berupa kondisi seseorang yang sedang berkencan atau dekat dengan orang lain namun secara tiba-tiba orang tersebut menghilang tanpa jejak. Dalam hal ini orang ini menghentikan segala bentuk komunikasi baik di dunia nyata maupun media sosial.

16. Halu

Nah kata halu adalah kependekan dari kata halusinasi. Kata ini digunakan untuk seseorang yang berkhayal memiliki orang lain biasanya idola atau tokoh populer lainnya.

17. IDK

IDK adalah singkatan dari I Don’t Know yang berarti aku tidak tahu. IDK sering digunakan dalam percakapan teks sebab penulisannya yang lebih singkat.

18. Mager

Mager juga merupakan bahasa gaul yang cukup sering diucapkan atau ditemukan dalam postingan di media sosial. Mager adalah singkatan dari malas gerak. Kata ini digunakan untuk menunjukkan kondisi seseorang yang tidak ingin melakukan kegiatan apapun atau terlalu malas untuk melakukan aktivitas.

19. Mantul

Kata ini juga merupakan singkatan dari mantap betul. Mantul sering digunakan sebagai bentuk apresiasi dalam mengungkapkan pujian terhadap sesuatu.

20. Nolep

Bisa dikatakan jika nolep merupakan plesetan dari No Life. Dalam bahasa gaul istilah nolep diartikan untuk orang yang memilih untuk berdiam diri di dalam rumah atau tidak suka keramaian untuk bergaul.

21. OOTD

bahasa instagram kekinian
Sumber: freepik

OOTD atau Outfit Of The Day telah menjadi bahasa instagram kekinian yang sering digunakan sebagai bagian dari caption ketika HappyFams ingin mengunggah foto satu badan penuh atau full body dan menjelaskan pakaian apa yang dikenakan pada hari ini. Jadi siapkan fashion terbaik dan abadikan dengan kamera ponsel. Jangan lupa upload di sosial media ya, HappyFams!

BACA JUGA:

22. Pansos

Pansos juga menjadi singkatan dari panjat sosial. Istilah ini digunakan kepada orang-orang yang ingin mencari perhatian publik melalui media sosial.

23. TGIF

TGIF adalah singkatan dari Thanks God It’s Friday atau terima kasih Tuhan ini hari Jumat. TGIF menunjukkan jika akhir pekan segara tiba. Biasanya TGIF ditulis sebagai caption khusus hari Jumat untuk menyambut akhir pekan yang artinya hari kerja akan segera berakhir.

24. SBB

Singakatan dari Sorry Baru Balas, kondisi merasa tidak enak dan meminta maaf ketika baru membalas chat ketika waktu sudah cukup lama. 

Nah, HappyFams itulah tadi beberapa bahasa gaul kekinian yang saat ini sedang banyak digunakan dalam percakapan terutama di media sosial. Perlu diingat juga HappyFams jangan pernah menggunakan bahasa gaul ini jika sedang ingin mengirim teks ataupun berbicara di lingkungan formal. Semoga bermanfaat!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Baper, Mager, Caper, 24 Bahasa Gaul Kekinian Jaman Now Apa Artinya?"