Bahaya Virus Corona Yang Mencengkam Dan Mengancam Dunia

Waktu Baca: 4 menitSabtu, 01 Februari 2020 10:00 WIB
Bahaya Virus Corona
Sumber: 123ru.net

happinest.id - Beberapa hari terakhir ini media tengah dihebohkan dengan virus misterius baru yang mewabah di Kota Wuhan, China. Virus Corona Wuhan bernama 2019-nCoV ini menarik perhatian dunia internasional karena kecepatan penyebaran virus dan banyaknya korban yang telah terinfeksi. Virus ini diketahui dapat menyebabkan pneumonuia atau radang paru-paru pada orang yang terjangkit virus ini. Moms dan Dads pasti juga penasaran sekaligus khawatir dengan ancaman virus ini, bukan? Nah, Seberapa bahayakah virus ini dan bagaimana penyebaran, penanganan hingga pencegahannya? Yuk, simak beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang virus Corona.

1. Gejala Dan Penyebaran Virus 2019-nCoV

Gejala Dan Penyebaran
Sumber: encrypted-tbn0.gstatic.com

Virus Corona adalah kelompok virus yang biasanya menjangkiti hewan dan jarang sekali dapat menular dari hewan ke manusia, seperti yang terjadi di Wuhan saat ini. Virus ini dapat membuat seseorang terkena penyakit pneumonia, namun pneumonia yang dimaksud berbeda dengan penyakit pneumonua yang sudah kita kenal karena memang virusnya berbeda.

Bagian tubuh yang terserang virus Corona ini adalah saluran pernapasan atas, jika terinfeksi maka gejala yang ditimbulkan mirip seperti flu biasa. Seperti pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan demam. Yang membedakan gejala terserang virus Corona dengan gejala penyakit lain adalah masa inkubasinya yang lebih lama, yakni 14 hari.

Gejala akan terus berlanjut semakin parah jika orang yang terjangkit virus Corona memiliki sistem imun yang lemah, seperti anak-anak dan orang tua. Yakni bisa menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang lebih serius seperti bronkitis dan pneumonia.

Sebelum virus 2019-nCoV ini mewabah, sudah ada beberapa virus dari kelompok yang sama dengan virus Corona yang pernah menulari manusia. Yaitu MERS yang merupakan sindrom pernapasan Timur Tengah dan SARS, yaitu sindrom pernapasan akut parah. Dan banyak para ahli mengungkapkan kalau virus Corona di Wuhan lebih ringan dari SARS dan MERS karena membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengembangkan gejala.

WHO pun menyatakan bahwa virus bisa menyebar dari kontak manusia dengan hewan, serta dari manusia dengan manusia. Dugaan sementara, virus Corona ini disebabkan oleh ular dan kelelawar. Walaupun demikian, sampai saat ini belum diketahui secara pasti hewan apa saja yang bisa menyebarkan virus Korona ini.

Penyebaran virus Corona dari manusia ke manusia bisa terjadi ketika berhubungan dengan sekresi orang yang telah terinfeksi. Seperti melalui cairan batuk dan bersin, bahkan berjabat tangan pun bisa menjadi media penyalurannya. Virus ini juga bisa ditularkan dengan menyentuh sesuatu yang sebelumnya telah disentuh oleh orang yang terinfeksi virus Corona. Lalu tangan yang telah terkontaminasi tersebut digunakan untuk menyentuh mulut, hidung, atau mata.

2. Penangan Seperti Apa Yang Dibutuhkan?

Penangan Virus Corona
Sumber: ft.com

Hingga saat ini belum ada pengobatan khusus untuk menangani virus Corona dan penelitian pun masih terus dilakukan. Sebagian besar gejala yang diakibatkan virus Corona akan hilang dengan sendirinya. Para ahli pun menyarankan untuk melakukan penanganan lebih awal dan jika gejala terus memburuk segera kunjungi dokter. Pelembab ruangan dan mandi air hangat, minum banyak air putih, dan istirahat sebanyak mungkin juga bisa membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh virus Corona.

3. Apakah Perlu Virus Corona Dikhawatirkan? Lalu Bagaimana Pencegahannya?

Bagaimana Pencegahannya
Sumber: liputan6.com

Sebenarnya tingkat kematian virus Corona lebih rendah jika dibanding dengan kasus MERS dan SARS yang dulu pernah mewabah. Namun untuk pencegahannya, sampai saat ini belum ada vaksin yang bisa melindungi diri dari virus Corona. Setiap orang bisa mengurangi risiko terinfeksi virus dengan menghindari kontak dengan orang yang sakit. Jangan lupa untuk makan makanan yang bernutrisi seimbang dan cuci tangan dengan sabun antiseptik dan air bersih yang mengalir selama 20 detik.

4. Virus Corona Pada Kehamilan Dan Hewan Peliharaan

Virus Corona Pada Kehamilan
Sumber: themorningbulletin.com.au

Penelitian pada tahun 2014 lalu menunjukkan bahwa kelompok virus Corona pada ibu hamil bisa menyebabkan resiko yang lebih serius, seperti kematian pada bayi baru lahir. Bahkan pada tahun 2004 silam ditemukan penyakit terkait SARS yang bisa menyebabkan keguguran. Sedangkan pada hewan peliharaan seperti anjing dan kucing juga bisa terinfeksi, contohnya pada kucing yang terkena SARS. Gejala yang dialami pada hewan yang terjangkit juga sama dengan yang dialami oleh manusia.

5. Apakah Indonesia Siap Jika Ada Yang Terjangkiti Virus Corona?

Apakah Indonesia Siap
Sumber: news.abs-cbn.com

Satu-satunya pihak yang bisa memastikan keberadaan jenis virus baru ini adalah Pusat Penelitian dan Pengembangan Kemenkes. Sebelumnya, Kementerian Kesehatan RI sudah memastikan bahwa ada 100 rumah sakit rujukan yang mampu menangani pasien yang sudah terkonfirmasi terjangkit oleh virus Corona Wuhan tersebut.

Mengingat jumlah korban meninggal yang disebabkan oleh virus Corona terus meningkat, pemerintah Indonesia pun mengambil tindakan untuk meningkatkan proses pendeteksian virus semaksimal dan sedini mungkin. Sampai saat ini lebih dari 100 orang yang meninggal karena virus 2019-nCoV, sedangkan orang yang terinfeksi telah mencapai ribuan di seluruh dunia. Meskipun begitu, ada sekitar 103 orang pasien yang dinyatakan sembuh dari infeksi Corona ini.

Well, karena belum ditemukan vaksin maupun obat yang dapat menyembuhkan jika terinfeksi virus Corona, sudah seharusnya kita tetap waspada dan lebih menjaga kesehatan serta asupan nutrisi yang dikonsumsi. Jangan lupa untuk memakai masker saat keluar rumah sebagai langkah pencegahan terhadap serangan virus Corona. Cek juga cara memilih masker yang tepat untuk cegah corona. Keep healthy ya, Happyfams!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Bahaya Virus Corona Yang Mencengkam Dan Mengancam Dunia"
related post
7 Cara Anak Belajar Dari Rumah Yang Umum Terjadi Di Kondisi Pandemi

happinest.id - Pandemi corona yang mewabah saat ini tidak hanya berimbas pada hilangnya bidang pekerjaan ... Lanjut Baca

Ide-Ide Mendapatkan Penghasilan Di Situasi Wabah Corona Dari Rumah

Happinest.id - Merebaknya wabah corona memaksa semua aktivitas terpaksa harus dilakukan di rumah. Hal ini ... Lanjut Baca

Tipe-Tipe Ibu Muda Di Rumah Saat Masa Karantina Wabah Penyakit Corona

happinest.id - Hampir sebagian besar negara di penjuru dunia sedang menghadapi wabah virus corona, termasuk ... Lanjut Baca