Bahaya Anemia Dan Gigi Anak Batita Rusak Karena Mengunyah Es Batu

Waktu Baca: 2 menitJum'at, 11 Desember 2020 10:20 WIB
gigi mengunyah es batu
Sumber: unsplash

Anak usia 3 tahun normalnya sudah memiliki semua gigi susu dengan lengkap. Namun ketika gigi anak sudah lengkap bukan berarti gigi mereka sudah kuat untuk mengunyah makanan apapun, termasuk es batu. Karena mengunyah es batu dapat menyebabkan gigi anak rusak permanen. Selain itu ternyata ada gejala lain yang timbul ketika anak mengunyah es batu dan dampaknya jauh lebih berbahaya lho Moms. Seperti apa itu bahayanya, yuk simak ulasan berikut ini.

gigi lengkap anak
Susunan gigi lengkap dari Americn Dental Association 

Mengemut Es Batu Tidak Merusak Gigi

Mengemut es batu saja, sebenarnya tidak menyebabkan dampak apapun pada gigi. Yang menjadi masalah adalah jika anak mengunyah es batu tadi. Nah itu bisa menyebabkan kerusakan pada bagian enamel gigi.

Enamel ini sesungguhnya adalah bagian terkeras dari tubuh manusia, tapi faktanya ia masih bisa kalah jika harus digunakan mengunyah benda-benda keras, termasuk batu es.

Jika enamel rusak, gigi kehilangan lapisan pelindungnya sehingga lebih mudah rusak oleh asam atau gula-gula dari makanan yang kemudian akan menyebabkan karies.

Lebih parah lagi, si gigi bisa menjadi patah karena mengunyah benda sekeras batu es tadi. Karena memang gigi manusia tidak dipersiapkan mengunyah benda sekeras batu es.

Mengunyah Es Batu Menderita Anemia

Nah, ini yang menarik, Kalau batita senang mengunyah batu es, kita harus juga mencurigai bahwa ia menderita anemia karena kekurangan zat besi.

Sebagaimana kita tahu, zat besi sangat dibutuhkan dalam masa perkembangan, sayangnya asupannya seringkali kurang dalam diet dan menyebabkan anemia karena kekurangan defisiensi besi banyak dijumpai di anak usia ini.

Kekurangan zat besi selain menimbulkan keluhan pucat, lemas, lesu, rewel, juga bisa menimbulkan gejala kelainan makan yang disebut dengan "pica".

Pica ini merujuk pada kebiasaan makan sesuatu yang bukan bahan makanan, misal batu bata, batu es, kapur.

Kesimpulan Batita Mengunyah Es Batu

Kesimpulannya, mengemut es batu saja (seharusnya) tidak menjadi masalah jika gigi dalam keadaan baik. Namun mengunyahnya bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Ditambah lagi, kebiasaan mengunyah es batu ini harus juga dipikirkan sebagai dampak dari kekurangan zat besi pada batita.

Hal ini diungkapkan oleh Krina Adhi, Dokter Spesialis Anak di RSUD Bumiayu

Jadi diperhatikan kembali ya Moms & Dads bila si buah hati senang mengunyah es batu.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Bahaya Anemia Dan Gigi Anak Batita Rusak Karena Mengunyah Es Batu"
related post
Jangan Salah, Cara Menasehati Anak Perempuan Dan Laki-laki Berbeda Lho

Moms & Dads sebagai orang tua sewajarnya paham bahwa cara menasihati anak ternyata tidak bisa ... Lanjut Baca

Membantu Orang Tua Merupakan Contoh Kebiasaan Anak Hebat Indonesia

Membantu orang tua adalah salah satu kewajiban bagi anak yang dapat bermanfaat terhadap tumbuh kembangnya ... Lanjut Baca

Rahasia Agar Anak Nurut Kepada Orang Tua, Baik Sama Ibu Maupun Ayah

Anak nurut kepada orangtuanya menjadi salah satu impian setiap Moms and Dads. Sayangnya, tidak semua ... Lanjut Baca