Bahasa Isyarat Bayi Ini Sering Disalahartikan Oleh Moms & Dads

Waktu Baca: 4 menitSelasa, 18 Mei 2021 20:41 WIB
bahasa isyarat bayi
Sumber: pinterest

Ketika baru lahir, bahasa isyarat bayi menjadi satu-satunya cara mereka berkomunikasi dengan semua orang di sekitarnya. Namun, tidak jarang atau sedikit saja orang yang mampu menangkap maksud si kecil, bahkan tidak ada sama sekali yang mengerti bahasa tersebut.

Di sini, baik Moms maupun Dads bisa mengenali maksud buah hati setelah beradaptasi dari waktu ke waktu. Tapi, selain itu, HappyFams juga dapat belajar arti tindakan mereka agar komunikasi dengan sang buah hati berlangsung secara lancar, tanpa drama berkepanjangan.

Sebab tidak jarang komunikasi anak yang disalahartikan menyisakan kepusingan bagi Moms maupun Dads hingga berujung stress. Memahami maksud komunikasi anak juga dapat meminimalisir stress bahkan menghindari hal yang paling tidak diinginkan tersebut.

Bahasa Isyarat Bayi Ini Sering Disalahartikan Oleh Moms & Dads

Sekarang ini berkat kemajuan teknologi, untuk mencari referensi isyarat para bayi bukan hal sulit. Meskipun memang harus dikonfirmasikan lagi dengan dokter anak yang menangani si buah hati. Sebagai referensi, belajar dari isyarat berikut yuk, Moms and Dads:

Kepalan Tangan

Ketika bayi mengepalkan tangan, ada dua kemungkinan yang mereka butuhkan. Pertama asi atau makanan lainnya, kedua adalah keresahan. Sebab kepalan tangannya semakin keras bisa karena resah sebab perutnya belum terisi makanan sehingga kelaparan.

Sementara itu rasa resah lainnya bisa dipicu oleh ketidaknyamanan pada lingkungan sekitar. Untuk mengantisipasi kode bukan lapar ini, Moms & Dads bisa menggendong buah hati sambil berpindah tempat agar mereka kembali merasa nyaman. Bisa juga menggendong menggunakan gendongan bayi yang banyak digunakan ibu muda saat ini.

Ngemut Tangan

bahasa isyarat bayi
Sumber: kidshealth.org

Selain mengepalkan tangan, tanda bayi lapar lainnya adalah dengan mengemut tangan, lebih tepatnya jari, biasanya jempol. Ketika melihat anak bertingkah seperti ini, jangan dulu dianggap aneh, namun segera beri susu atau makanan jika usianya sudah di atas 6 bulan.

Beberapa orang tua juga memberikan empeng untuk menghindarkan anak dari frekuensi menyusu terlalu sering. Namun, penting untuk diketahui bahwa selama yang diminum anak itu ASI maka sesering apapun mereka meminumnya maka tidak ada masalah.

Mengucek Mata

Isyarat mengucek mata ini sangat mudah diartikan, apalagi jika disertai dengan menguap yang artinya bayi mengantuk. Tanda seperti ini bukan hanya dilakukan oleh anak-anak, namun juga kerap dilakukan oleh para orang dewasa saat kantuk menyerang.

Tips bagi Moms ketika bayi sudah menunjukkan tanda mengantuk sebaiknya segera dibuat tidur sebelum menjadi rewel. Jika kondisinya sudah menahan kantuk terlalu berat maka besar kemungkinan bayi menjadi semakin rewel seharian penuh. Pelajari juga 7 Cara Mengatasi Anak Rewel Dan Susah Tidur, Supaya Moms Bisa Tidur Nyenyak

Tatapan Terkunci

bahasa isyarat bayi
Sumber: yandex

Ketika tatapan anak terkunci pada satu titik, misalnya ketika sedang melakukan video call bersama nenek kakeknya atau tante dan omnya. Maka reaksi tersebut menandakan mereka memberikan ketertarikan terhadap sesuatu di depannya.

Ketertarikan tatapan juga bisa dilakukan bayi terhadap benda kesukaan atau ketika Moms and Dads makan. Perhatikan tingkah laku sang buah hati sebab dari sini Moms maupun Dads dapat mengidentifikasi ketertarikan buah hati pada suatu benda atau makanan tertentu.

Memalingkan Wajah

Kali ini kebalikannya dari tatapan yang terkunci, yaitu ketika mereka memalingkan wajah maka tandanya ada stimulus lain yang lebih menarik. Bisa juga sebagai tanda mereka bosan akan kegiatan yang itu-itu saja dan ingin melakukan hal lain.

Jangan dulu panik dan merasa bayi tidak merespons, barangkali butuh stimulus lain karena stimulus yang sebelumnya diberikan tidak begitu menarik bagi bayi. Di sini penting sekali peranan Moms maupun Dads untuk mengenali komunikasi buah hati.

Tersentak

Umum seperti kebanyakan orang ketika bayi tersentak maka secara langsung dapat dimaknai bahwa mereka kaget atau terkejut akan suatu hal. Bisa dipicu karena suara terlalu kencang, gerakan tiba-tiba, atau cahaya lampu terlalu terang terjadi secara tiba-tiba.

Perhatikan seberapa terkejut bayi sebab pada tahapan tertentu bayi biasanya akan menangis juga. Jika sudah menangis maka Moms atau Dads bisa memeluk mereka sambil mengusap punggungnya supaya buah hati tenang dan kembali stabil kondisi detak jantungnya.

Pada dasarnya cara berkomunikasi anak dengan orang tua dapat dipahami secara langsung ketika Moms and Dads berinteraksi dengan mereka. Moms and Dads juga bisa mengartikan bahasa isyarat bayi apakah mereka pura-pura menangis atau betul-betul merasa sedih.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Bahasa Isyarat Bayi Ini Sering Disalahartikan Oleh Moms & Dads"
related post
9 Tips Cara Menghentikan Bayi Menangis Yang Efektif, Dijamin Bisa!

Menghentikan bayi menangis memang gampang-gampang susah, terlebih lagi untuk Moms yang baru saja memiliki momongan. ... Lanjut Baca