Bagaimana Cara Menghadapi Orang Tua Toxic Yang Selalu Marah?

Waktu Baca: 4 menitMinggu, 21 November 2021 14:24 WIB
orang tua toxic
Sumber: canstockphoto

Orang tua toxic menjadi hal yang paling dihindari anak di dalam sebuah keluarga. Hubungan yang kurang sehat sebenarnya bukan hanya terjadi antara lingkungan dan teman, namun juga orang tua serta anak-anak.

Di dunia psikologi, orang tua yang menjalin hubungan kurang sehat dengan anak memiliki nama toxic parents. HappyFams, orang tua toxic adalah orang tua yang selalu mengatur anak agar sesuai dengan kemauan orang tuanya.

Bahkan mereka tidak segan-segan memandang anak sebagai orang yang mempunyai hak atas kehidupannya. Padahal, orang tua seharusnya menjadi tempat paling nyaman untuk anak-anak. Sayangnya orang tua toxic malah menjadi sumber masalah hubungan toxic sehingga menyebabkan ketakutan pada anak.

Seringnya, toxic parents akan menggunakan alasan jika mereka mengetahui hal yang paling baik untuk buah hati. Bahkan toxic parents lupa cara mengucapkan terima kasih serta menghargai perbuatan yang dilakukan oleh anaknya.

Cara Menghadapi Orang Tua Toxic

BACA JUGA:

Mengenal Tanda Orang Tua Toxic yang Harus HappyFams Sadari

Mereka yang melakukan perilaku toxic parents biasanya cenderung tidak menyadari jika apa yang dilakukan keliru, Karena mereka tidak menyadari orang tua toxic seperti apa. Berikut ciri yang dimiliki toxic parents, seperti:

1. Tidak dapat mengontrol emosi

Toxic parents begitu mudah marah serta cenderung meluapkan seluruh emosinya pada anak. Mereka biasanya akan melebih-lebihkan seluruh masalah yang ada.

Padahal sebenarnya hal tersebut merupakan masalah yang sepele. Bukan hanya itu, toxic parents ini juga akan marah atau malah bisa mencaci maki anak di depan banyak orang.

2. Ingin mengontrol anak

Ciri orang tua toxic tidak memberikan ruang pribadi bagi buah hatinya agar bisa mengambil keputusannya sendiri. Mereka menganggap jika semua hal yang dilakukan oleh buah hatinya adalah hal yang salah.

Mereka bahkan merasa jika apa yang dianjurkan pada buah hatinya merupakan hal yang benar. Inilah alasan mengapa orang tua toxic selalu mengendalikan anaknya sampai dewasa.

3. Sering menyiksa secara verbal maupun fisik pada anak

Pada dasarnya, tidak ada orang yang berhak melakukan kekerasan pada anak-anak, termasuk orang tua mereka sendiri. Sayangnya, toxic parents kerap melakukan kekerasan fisik seperti cubitan, tamparan, pukulan hingga kekerasan verbal.

4. Merasa bersaing dengan buah hati

Orang tua memiliki peran untuk mendukung serta menyemangati anak mereka. Sayangnya, di dalam toxic parents, mereka tidak melakukan hal tersebut mereka malah gemar mempermalukan anak hingga membuat mereka menjadi down.

Sebenarnya, tidak harus menunjukkan semua ciri bisa dikatakan toxic parents, ada juga yang hanya satu atau 2 ciri sudah menunjukkan jika hal tersebut adalah tindakan toxic parents.

Cara Menghadapi Orang Tua yang Toxic dan Harus Diketahui

Menghadapi orang tua toxic memang tidak mudah. Bahkan dibutuhkan kesabaran ekstra agar nantinya tidak menyinggung serta bisa tetap menghargai kedudukannya sebagai orang tua. Berikut berbagai hal yang dapat dilakukan agar bisa menghadapi toxic parents, seperti:

1. Tetapkan batasan antara orang tua serta diri sendiri

Sebenarnya memberikan batasan pada toxic parents memang sangat sulit, apalagi jika masih tinggal satu rumah. Jika ingin menetapkan batasan, HappyFams harus memiliki sikap yang terkesan percaya diri dan tegas.

HappyFams harus mengkomunikasikan dengan orang tua apa saja hal yang membuat tidak nyaman. Sesekali, tidak ada salahnya untuk mengatakan tidak jika yang dikatakan berbeda dengan keinginan HappyFams.

2. Cari kesibukan di luar rumah

HappyFams dapat mencari kesibukan sehingga pikiran akan terbebas dari omongan orang tua dan membuat diri merasa rendah. Lakukan hal-hal seperti menekuni hobi serta mempelajari hal yang sebelumnya belum pernah dilakukan.

Menjauhi orang tua toxic memang tidak mudah, namun jika sama sekali tidak dilakukan tentu akan menjadi lebih menyakitkan.

3. Arahkan pembicaraan pada hal positif

Saat orang tua sedang mengutarakan keinginannya dan bukan kehendak HappyFams, sebisa mungkin jangan terbawa emosi maupun berdebat dengan mereka, berdebat malah akan memperburuk hubungan.

Akan lebih baik jika mengalihkan pembicaraan pada hal-hal yang positif sehingga orang tua lupa dengan pembahasan yang kurang mengenakkan.

4. Jangan pernah memaksa mengubah perilaku orang tua

Mereka memang melakukan hal yang salah, namun hindari memaksanya untuk berubah menjadi sosok ideal menurutmu, lebih-lebih di waktu yang singkat, hal tersebut malah memancing keributan sehingga membuat HappyFams frustasi.

Anak bila salah memang wajib dinasehati atau bahkan dimarahi, namun cara menasehati anak itupun harus diperhatikan. Bahkan cara menasheati anak perempuan dan laki-laki saja berbeda. Yang utama perhatikanlah cara komunikasi yang baik antara orang tua dan anak.

Bila sulit menghadapi masalah toxic parentst ini, HappyFams dapat mengkonsultasikannya dengan psikolog agar memperoleh solusi terbaik. Orang tua toxic memang sulit diubah namun HappyFams bisa lebih mengendalikan diri agar bisa mengendalikan emosi.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Bagaimana Cara Menghadapi Orang Tua Toxic Yang Selalu Marah?"
related post
Hubungan Toxic Itu Gimana Sih & Bagaimana Cara Melepas Hubungan Toxic?

Hubungan toxic menjadi hubungan yang tidak baik untuk kesehatan fisik maupun mental pasangan. Bila HappyFams ... Lanjut Baca

7 Contoh Berbakti Kepada Orang Tua Dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada banyak kegiatan yang menggambarkan contoh berbakti kepada orang tua. Berbakti kepada orang tua merupakan ... Lanjut Baca

Mengungkap Nasehat Orang Tua Jaman Dulu Kepada Anaknya, Yuk Cari Tahu!

Mungkin HappyFams masih pernah mengingat nasehat orang tua yang dari dulu sering diberikan ketika masih ... Lanjut Baca