Apakah Popok Sekali Pakai Untuk Bayi Baru Lahir Aman Digunakan?

Waktu Baca: 4 menitKamis, 09 Juli 2020 10:15 WIB
Popok Sekali Pakai
Sumber: Freepik.com

happinest.id - Menjadi seorang ibu baru pasti memberikan kesan tersendiri dalam mengurus buah hati. Tentunya Moms belajar tentang bagaimana cara mengurus buah hati mulai dari memandikan, memberi ASI, menggendong hingga menggunakan popok. Berbicara mengenai popok ternyata ada beragam jenis popok untuk bayi baru lahir yang tersedia di pasaran, salah satunya popok sekali pakai.

Tidak banyak aktivitas yang dilakukan oleh bayi baru lahir selain buang air. Oleh karena itu, agar lebih praktis banyak ibu memilih untuk memakaikan popok pada bayinya. Meskipun begitu beberapa Moms berpendapat sebaiknya hindari pemakaian popok sekali pakai untuk bayi baru lahir. Tidak heran timbullah beragam pendapat mengenai penggunakan popok bayi sekali pakai. Amankah popok sekali pakai untuk bayi jika digunakan setiap hari?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk Moms kita simak penjelasannya di bawah ini!

Kelebihan Dan Kekurangan Popok Sekali Pakai

popok sekali pakai yang bagus
Sumber: Freepik.com

Popok sekali pakai memang sangat praktis dipakai, terutama jika Moms dan keluarga sedang melakukan perjalanan. Pada popok sekali pakai terdapat gel penyerap yang mampu menahan cairan dalam jumlah besar tanpa harus terasa penuh, sehingga Moms dapat menggantinya dalam kurun waktu lama tanpa harus membuat buah hati merasa tidak nyaman.

Saat ini popok sekali pakai telah dirancang untuk membuat kulit bayi lebih kering karena air seni telah tertampung pada gel penyerap dengan baik. Popok sekali pakai yang bagus harus dapat melindungi kulit bayi dari iritasi, memiliki sirkulasi udara yang baik serta lembut untuk pantat.

Meskipun begitu, popok sekali pakai tetap memiliki kekurangan jika digunakan dalam jangka waktu lama salah satunya ruam pada area kulit selangkangan bayi. Umumnya ruam diikuti dengan kulit yang lecet dan terasa perih jika disentuh. Tentunya hal tersebut membuat bayi Moms menjadi tidak nyaman saat mengenakan popok.

Kulit bayi baru lahir lebih sensitif sehingga butuh perawatan lebih untuk menjaganya tetap sehat. Dalam beberapa kasus, popok siap pakai dapat menjadi pemicu alergi dan jamur sebab area di sekitar pantat bayi memiliki sirkulasi udara yang buruk sehingga menyebabkan panas dan lembab.

Selain itu, harga popok sekali pakai cukup mahal mengingat popok ini harus dibuang setelah digunakan serta tidak dapat digunakan kembali. Untuk beberapa jenis popok mengandung pewangi dan pewarna yang dapat menyebabkan munculnya alergi pada bayi.

Bagaimana Cara Memilih Popok Bayi Yang Aman?

popok sekali pakai untuk bayi baru lahir
Sumber: Freepik.com

Menurut para ahli, penting bagi orang tua untuk memperhatikan popok yang akan dipakai oleh bayi terutama potensi bahan kimia di dalamnya. Dalam penelitian lebih lanjut, belum ada bukti yang menunjukkan resiko kesehatan dalam jangka panjang akibat penggunaan popok sekali pakai. Dengan kata lain Moms masih bisa menggunakan popok sekali pakai untuk bayi.

Jika dibandingankan dengan popok kain, tentu kandungan bahan kimia yang terdapat pada popok sekali pakai cukup banyak. Meskipun begitu bahan-bahan ada kimia tersebut tentu sudah melewati serangkaian pengujian hingga aman dan tidak membahayakan bagi bayi baru lahir sekalipun.

Ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan saat memutuskan untuk menggunakan popok sekali pakai yang aman untuk bayi baru lahir yakni:

  1. Meskipun memiliki jangka waktu lama, Moms juga harus sering mengganti popok setidaknya 2 hingga 3 jam sekali khusus untuk bayi baru lahir. Hal ini mencegah munculnya ruam pada pada area selangkangan bayi.
  2. Jika bayi Moms masih memiliki tali pusar, pastikan jika popok tersebut tidak menghalangi tali pusar. Pilih popok yang dikhususkan untuk bayi baru lahir.
  3. Segera ganti popok setiap kali bayi Moms buang air besar.
  4. Perhatikan juga fitur pada popok sekali pakai. Popok harus berbahan halus, daya serap tinggi, mempunyai sirkulasi udara yang baik, serta cukup elastis pada bagian selangkangan.
  5. Jangan sembarangan dalam memilih popok sekali pakai. Pastikan jika popok tersebut tidak mengandung pewangi atau parfum yang dapat menyebabkan alergi pada kulit bayi, Moms.
  6. Apabila muncul alergi pada kulit bayi Moms, segera hentikan pemakaian dan cobalah untuk konsultasi kepada dokter. Ada kemungkinan bayi Moms alergi terhadap merk popok tertentu.
  7. Ingat Moms untuk selalu mencuci tangan sebelum dan setelah mengganti popok. Hal ini untuk mencegah penyebaran kuman dan penyakit.

Popok Sekali Pakai Ramah Lingkungan

Popok sekali pakai memang praktis meskipun begitu ternyata popok ini menimbulkan masalah lain yakni dapat mencemari lingkungan. Bahkan menurut data, sampah popok sekali pakai menjadi salah satu penyumbang sampah terbesar yang mencemari laut. Perlu Moms ketahui jika popok sekali pakai terbuat dari bahan yang tidak mudah hancur atau nondegradable.

Saat ini ada banyak perusahaan pembuat popok sekali pakai yang diklaim ramah lingkungan. Salah satu bahan yang digunakan untuk popok sekali pakai dan diklaim ramah lingkungan serta aman yakni food grade gel. Selain itu ada pula perusahaan yang menciptakan alternatif popok sekali pakai ramah lingkungan yakni clodi atau cloth diaper.

popok sekali pakai ramah lingkungan
Sumber: Freepik.com

Sekilas clodi sama dengan popok kain. Akan tetapi clodi dilengkapi oleh lapisan penyerap cairan yang terbuat dari bahan dengan daya serap tinggi seperti bambu, wool, mikrofiber, dan juga kayu hemp. Lapisan dalam clodi juga diperhatikan yang tentunya aman untuk kulit bayi, sedangkan untuk lapisan luar berbahan polimer yang membuat popok tidak mudah bocor.

Nah, Moms sekarang sudah tahukan apakah popok sekali pakai aman digunakan untuk bayi baru lahir atau tidak. Apabila Moms masih ragu ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter anak untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan, Moms.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Apakah Popok Sekali Pakai Untuk Bayi Baru Lahir Aman Digunakan?"