Apa Sih Perbedaan Nikah Dan Kawin Dalam Artian Sebenarnya?

Waktu Baca: 3 menitSelasa, 06 Oktober 2020 07:45 WIB
perbedaan-nikah-dan-kawin
Sumber: pexels

Apa sih sebenarnya perbedaan nikah dan kawin? Ya, orang awam seringkali menganggap jika kata kawin mempunyai definisi yang serupa dengan nikah. Tapi, kemudian mereka bingung, ketika mendengar selentingan kalimat "kawin sudah, tapi nikah belum", seolah menunjukkan bahwa kedua istilah tersebut mempunyai pengertian berbeda.

Nikah dan kawin bisa mempunyai arti yang sama, tapi bisa pula tidak, hal ini tergantung pada struktur kalimatnya juga sebenarnya! Happinest Indonesia mencoba untuk membahas perbedaan kata Nikah dan Kawin dari beberapa sudutp pandang, dibaca sampai selesai ya HappyFams.

Bagaimana Pengertian Kawin Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia?

Kata kawin menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) sebenarnya mempunyai 3 pengertian berbeda, hal ini jugalah yang kemudian membuat penggunaan kata "kawin" sendiri agak rancu. Definisi pertama, kawin ialah membangun keluarga bersama lawan jenis. Definisi kedua ialah berhubungan intim yang ditujukan untuk manusia. Selanjutnya pengertian terakhir ialah berhubungan kelamin yang ditujukan pada hewan.

Lalu, Bagaimana Dengan Pengertian Nikah?

Lain halnya dengan "nikah" menurut KBBI yang hanya mempunyai satu makna saja, yaitu memiliki sinonim dengan pengertian kawin yang pertama, yakni membangun keluarga atau rumah tangga dengan lawan jenis. Oleh karena itulah, kata nikah lebih sering dipakai, khususnya untuk menginterpretasikan ikatan pernikahan antara suami dan istri sah, baik secara agama maupun hukum Negara.

Perbedaan Pemakaian Kata Kawin dan Nikah Dalam Kalimat

Walaupun definisi dan perbedaan nikah dan kawin sudah jelas, namun kedua kata ini tetap mempunyai keterbatasan pemakaian dalam kalimat, yang mana terdapat gabungan kata atau struktur yang tak memungkinkan dapat diganti antara satu dengan yang lain karena menjadikan kalimat atau gabungan kata tersebut tidak bermakna, sehingga terjadi kesalahan interpretasi.

Contohnya ialah gabungan dari "mas kawin" yang merujuk pada mahar untuk diserahkan kepada pihak pengantin perempuan dari pihak lelaki, tidak bisa kemudian diganti dengan kata "mas nikah". Lalu "akad nikah" yang merujuk pada prosesi acara Ijab Kabul (pengucapan kalimat janji dalam pernikahan) dan tidak bisa diganti dengan gabungan kata "akad kawin" sebab gabungan kata yang kedua mempunyai pengertian "kesepakatan dalam berhubungan intim" atau lebih popular dengan bahasa "kawin kontrak".

Contoh Lain Penggunaan Kawin dan Nikah

Nah, supaya Moms lebih memahami definisi dan perbedaan penggunaan istilah nikah dan kawin, berikut adalah contoh lain frasa maupun gabungan kata berikut pengertiannya yang tidak bisa saling menggantikan tiap-tiap kata!

Seperti kata Kawin Sumbang tidak dapat diganti ke dalam kata "Nikah Sumbang" mengingat frasa kedua tidak memiliki makna. Adapun Kawin Sumbang itu sendiri ialah istilah menjalin hubungan intim dengan kerabat yang masih ada ikatan kekeluargaan, yang sebenarnya tidak dianjurkan oleh ilmu kesehatan dan bertentangan dengan aturan norma agama dan sosial. Sinonim pemakaiannya dalam kata nikah ialah "Nikah Sedarah".

Bagaimana, Moms sudah paham kan perbedaan nikah dan kawin serta penggunaannya dalam kalimat? Ya, jika Moms ingin tahu info tentang seputar hubungan suami istri, baca terus artikel di Happinest Ya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Apa Sih Perbedaan Nikah Dan Kawin Dalam Artian Sebenarnya?"
related post
Cara Menikah Beda Agama Di Indonesia, Memangnya Bisa?

Bagaimana sih cara menikah beda agama? Di Indonesia sendiri menikah beda agama memang cukup rumit. ... Lanjut Baca

Pahami Pentingnya Seputar Hubungan Suami Istri & Pernikahan Dari Muda

Banyak orang membayangkan tentang kehidupan pernikahan yang bahagia karena mereka merasa akan dapat menghabiskan waktu ... Lanjut Baca

Aturan Terbaru Syarat Nikah Di KUA 2020-2021, Gratis Lho!

Menikah adalah tindakan sakral antara sepasang kekasih dengan saksi dan diresmikan oleh penghulu. Pemerintah memberikan ... Lanjut Baca