Anti Drama, Ini 7 Cara Menenangkan Tangis Bayi Dengan Mudah

Waktu Baca: 5 menitSabtu, 01 Juni 2019 08:00 WIB
Anti Drama, Ini 7 Cara Menenangkan Tangis Bayi Dengan Mudah
Sumber: Oxford University

Sebagai orangtua, terkadang Moms dan Dads tidak tahu apa yang diinginkan oleh bayi, sehingga sulit membuatnya terdiam ketika menangis. Sebagian orangtua baru pun tidak cukup memiliki pengalaman untuk menenangkan bayi yang sedang menangis. Padahal ada cara menenangkan bayi menangis tengah malam, lho Moms. Nah, bagi Moms dan Dads yang baru memiliki bayi, sebaiknya membaca ulasan berikut mengenai cara menenangkan bayi menangis tengah malam dan cara menidurkan bayi dengan mudah. Setelah membacanya Moms dapat coba untuk mempraktikannya terutama ketika buah hati mulai menangis. Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Gendong Bayi Sambil Diayun-Ayun

Gendong Bayi Sambil Diayun
Sumber: Shutterstock.com

Kehangatan yang dirasakan bayi ketika berada di rahim Moms memang berbeda dengan kondisi suhu setelah lahir ke dunia. Oleh sebab itu cobalah untuk menggendong bayi sambil diayun-ayun. Cara menenangkan tangis bayi ini akan membuatnya merasa terbuai, sehingga secara perlahan menjadi rileks hingga berhenti menangis. Ini bisa juga menjadi cara menidurkan bayi yang paling banyak dilakukan banyak Moms supaya bayi tenang kembali.

Selain itu Moms dan Dads juga bisa mencoba menggunakan kain untuk menggendong buah hati yang sedang menangis. Rasa hangat yang dialirkan dari dada orangtuanya memiliki efek menenangkan lho. Jika tidak menggunakan kain, Moms dan Dads bisa memakai carrier. Dengan begitu kalian juga bisa sekalian mengistirahatkan lengan sendiri. Dan ingatlah untuk menggendongnya dengan beberapa posisi berbeda ya.

2. Tenangkan Dengan Mengajak Bayi Berbicara

tenangkan dan ajak bayi berbicara
Sumber: Unsplash.com/Sergiu Valenas

Komunikasi memang merupakan hal paling penting, bahkan untuk hubungan antara orangtua dan bayi yang baru lahir. Ketika Moms dan Dads menghadapi tangisan bayi, cobalah mengeluarkan suara seperti, “shhh...” secara perlahan jika tangisannya juga cukup pelan. Akan tetapi kalau bayi menangis keras, maka ucapkan suara seperti itu dengan cukup keras juga. Dengan begitu bayi dapat mendengar suara Moms dan Dads.

Cara lain yang bisa coba Moms dan Dads lakukan adalah mengajak bayi berinteraksi. Ajaklah bayi berbicara sambil menenangkannya. Tidak hanya hal tersebut, cara lain yang bisa coba dilakukan adalah bernyanyi. Beberapa bayi senang mendengar suara senandung, sehingga dengan mengeluarkan suara nyanyian bisa membuatnya lebih tenang untuk istirahat. Tak hanya itu menyanyikan juga salah satu cara menidurkan bayi yang bisa Moms coba.

3. Terapkan Pijatan

terapkan pijatan
Sumber: Unsplash.com/Manuel Schinner

Salah satu cara menenangkan bayi menangis tengah malam yang cukup ampuh dan terasa mudah untuk Moms dan Dads ketika hendak menenangkan bayi adalah dengan memberi pijatan. Memijat bayi baru lahir yang sedang menangis memiliki efek seperti terapi kepadanya. Hal ini berasal dari sentuhan yang Moms atau Dads berikan kepada buah hati. Tips menenangkan bayi lainnya adalah pastikan juga untuk menerapkan skin to skin ya.

Oleh sebab itu sebaiknya pakaian bayi dilepas terlebih dahulu. Barulah diberi pijatan secara perlahan mulai dari bagian kaki, tangan, dada, wajah, dan punggung. Pijatan yang diberikan ini akan memberi stimulus kepada bayi agar menjadi lebih rileks, sehingga tidurnya menjadi nyenyak. Selain itu manfaat yang diperoleh dari cara ini juga dapat dirasakan oleh Moms dan Dads sendiri lho. Sudahkan Moms dan Dads mencobanya? Share di komentar yuk!

4. Bawa Bayi Berjalan-Jalan

bawa bayi berjalan jalan
Sumber: Unsplash.com/Dakota Corbin

Moms dan Dads perlu mengetahui bahwa bayi pada umumnya senang dibawa bergerak-gerak. Hal ini merupakan bawaan ketika masih berada di dalam kandungan bayi terbiasa merasakan gerakan ibunya. Oleh sebab itu cara ini bisa coba diterapkan dengan meniru kondisi ketika bayi masih di dalam perut. Cara menenangkan tangis bayi dengan metode ini adalah menggendongnya sambil berjalan-jalan. Jika Moms dan Dads sudah merasa sedikit kelelahan, maka menggunakan ayunan atau kursi goyang juga bisa menjadi cara yang cukup ampuh. Selain itu pastikan agar kalian selalu berada di samping bayi sambil menggerakkan ayunannya.

5. Berikan Sentuhan Secara Lembut

berikan sentuhan lembut pada bayi
Sumber: Unsplash.com/Kelly Sikkema

Cara ini sebenarnya hampir sama dengan memijat bayi. Perbedaannya jika memberikan sentuhan lembut Moms dan Dads tidak diharuskan untuk membuka pakaian bayi. Cukup menepuk-nepuk tubuh bayi secara perlahan. Meskipun mungkin penyebabnya menangis lebih dari itu, tetapi tidak ada salahnya mencoba bukan? Mungkin saja kondisi kolik bayi baru lahir mulai datang, bisa menenangkan bayi dengan cara ini.

6. Cobalah Memberi Bayi ASI

cobalah memberi bayi asi
Sumber: Unsplash.com/Kevin Liang

Salah satu penyebab bayi menangis adalah kehauasan. Hanya saja ia tidak sanggup untuk mengucapkannya, sehingga Moms dan Dads seharusnya sedikit lebih peka. Bisa saja penyebab bayi menangis karena merasa haus atau lapar. Apalagi setelah dicek ternyata bayi tidak buang air. Maka, cobalah memberinya asupan ASI.

Kalau memang bayi sedang kehausan ia pasti akan langsung menyambut dan meminum ASI dengan bersemangat. Sedangkan jika tidak, maka bayi tentu saja akan menolaknya dan tetap menangis. Perlu perhatikan bila menolak, kemungkinan si kecil sedang mengalami kolik bayi baru lahir. Jadi, Moms harus benar-benar peka terhadap kebutuhan si kecil ya!

7. Konsultasikan Dengan Dokter

konsultasikan dengan dokter
Sumber: Unsplash.com/Online Marketing

Kesulitan utama Moms dan Dads ketika bayi menangis dikarenakan kalian tidak tahu sebenarnya apa yang menyebabkan buah hari menjadi rewel seperti itu. Penyebab paling sering memang adalah kehausan, perasaan tidak nyaman, dan sebagainya. Tetapi bisa juga disebabkan oleh beberapa hal lain yang cukup serius.

Jika sudah begitu, maka cara menenangkan tangis bayi yang sebaiknya Moms dan Dads lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter. Dengan melakukan konsultasi dokter setidaknya bisa memberikan penyebab medis mengapa bayi menangis dan tips menenangkan bayi. Apalagi kalau tangisannya membuat dirinya sendiri menderita. Sudah harus konsultasi ke dokter.

Itulah tujuh cara menenangkan tangsi bayi yang ampuh untuk dilakukan Moms dan Dads. Di samping itu ingatlah bahwa tangisan bayi kalian tidak akan berlangsung selamanya. Jika kalian memiliki pertanyaan, saran atau tips menenangkan bayi, maka jangan sungkan untuk berbagi dengan meninggalkannya di kolom komentar berikut. Semoga bermanfaat!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Anti Drama, Ini 7 Cara Menenangkan Tangis Bayi Dengan Mudah"
related post
Kewajiban Ayah Terhadap Anak Sebagai Kepala Keluarga Yang Jadi Panutan

Setiap pasangan suami istri tentu memiliki perannya masing-masing di dalam sebuah keluarga. Peran mereka akan ... Lanjut Baca

7 Tips Interior Rumah Yang Ramah Banjir, Rumah Aman Hati Tenang

Musim penghujan sudah mulai kembali, bagi sebagian warga mungkin ada yang deg-degan karena tinggal di ... Lanjut Baca

Cara Bersihkan Rumah Pasca Banjir Agar Tak Jadi Sarang Penyakit

Bencana banjir memang dapat mengancam siapapun, terutama bagi Dads yang tinggal di daerah rawan banjir. ... Lanjut Baca