Anti Boros, Ini 5 Tips Berbelanja Perlengkapan Bayi

Waktu Baca: 5 menitMinggu, 02 Juni 2019 12:30 WIB
Anti Boros, Ini 5 Tips Berbelanja Perlengkapan Bayi
Sumber: Shutterstock.com

Membeli keperluan bayi baru lahir memang seringkali membuat kelabakan dan kalap. Apalagi para Moms yang kerap tidak bisa menahan godaan jika sudah melihat pakaian dan berbagai perlengkapan bayi newborn yang lucu-lucu. Rasanya semua ingin dibeli dan dimiliki ya, Moms. Tetapi tunggu dulu! Meskipun perlengkapan bayi lebih murah, bukan berarti Moms bisa membelinya sesuka hati, lho. Karena kadang-kadang justru belanja perlengkapan bayi newborn seperti itulah yang sering membuat budget membengkak tanpa disadari. Oleh sebab itu, agar Moms tidak boros dalam berbelanja perlengkapan bayi newborn, simak dulu 5 tips berikut ini!

1. Buat Daftar Belanjaan Dengan Mengurutkan Sesuai Tingkat Kepentingan

Buat Daftar Belanjaan Mengurutkan Sesuai Keinginan
Sumber:Unsplash.com/Steve Johnson

Sebelum mulai berbelanja, Moms terlebih dahulu wajib membuat daftar perlengkapan bayi yang dibutuhkan. Kalau bisa kelompokkan sesuai dengan jenisnya. Misalnya perlengkapan jenis pakaian, kebutuhan mandi, furnitur untuk kamar, dan sebagainya. Buatlah secara rinci dan jangan sampai ada yang ketinggalan. Moms bisa mulai dengan membuat daftar sebelum cuti melahirkan tiba, dengan begitu Moms akan lebih prepare.

Setelah itu barulah Moms mulai mempertimbangkan setiap daftar kebutuhan tersebut. Kemudian urutkan sesuai dengan tingkat kepentingan, utamakan yang paling dibutuhkan bayi untuk saat ini sampai yang tidak terlalu dibutuhkan. Membuat daftar seperti itu akan membantu Moms untuk menekan biaya yang dikeluarkan. Jangan lupa juga ketika berbelanja agar mengurutkan keperluan sesuai dengan tingkat kebutuhannya, ya.

2. Hitunglah Jumlah Budget Perlengkapan Yang Dibutuhkan

hitung jumlah budget yang dibutuhkan
Sumber: Unsplash.com/Daniel Jensen

Moms, untuk berbelanja keperluan bayi baru lahir paling enak memang saat cuti melahirkan. Akan tetapi jangan sampai kalap membeli perlengkapan bayi newborn. Moms perlu disiplin dengan budget dan barang apa yang dibutuhkan. Harga untuk keperluan tersebut bisa dicari di internet atau toko online. Buat saja hitungan dana kasaranya terlebih dahulu.

Selain itu yang perlu dilakukan juga adalah menghitung jumlah keperluan bayi baru lahir untuk setiap jenisnya. Misalnya berapa potong pakaian yang diperlukan dan seberapa banyak peralatan mandi yang sebaiknya dibeli. Moms dapat menjadikan beberapa kebiasaan seperti intensitas mencuci dalam sepekan sebagai dasar untuk membeli pakaian.

3. Pilihlah Produk Berkualitas Baik Dengan Ukuran Satu Kali Lebih Besar

pilih produk berkualitas
Sumber: Unsplash.com/Sarah Doody

Tips selanjutnya berhubungan ketika Moms sudah turun langsung untuk berbelanja keperluan bayi baru lahir. Sudah menjadi rahasia umum bahwa perlengkapan yang berkualitas baik tentu juga memiliki harga yang lumayan menguras kantong. Tetapi lebih baik begitu daripada membeli perlengkapan dengan kualitas biasa, tetapi hanya dalam waktu singkat sudah rusak.

Begitupun ketika berbelanja untuk keperluan bayi. Usahakan untuk memilih produk yang berkualitas, meskipun harganya cenderung lebih mahal. Karena produk seperti itu cenderung lebih awet dan tahan lama, sehingga ketika bayi sudah tidak membutuhkannya bisa disimpan atau diberikan ke orang lain.

Selain itu yang perlu diperhatikan terutama ketika membeli pakaian adalah ukurannya. Bayi yang baru lahir memiliki perkembangan yang sangat cepat lho, Moms. Oleh sebab itu sebaiknya pilihlah pakaian yang sedikit lebih besar dibanding ukuran bayi. Karena biasanya hanya dalam waktu sebulan bayi sudah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan.

4. Langsung Beli Dalam Jumlah Banyak

beli dalam jumlah banyak
Sumber: Unsplash.com/Li Tzuni

Salah satu cara Moms menggunakan cuti melahirkan adalah dengan berbelanja perlengkapan bayi newborn. Ketika berbelanja perlengkapan bayi newborn Moms sebaiknya memilih satu toko yang lengkap dan kemudian membeli dalam jumlah yang besar. Dibanding berbelanja di beberapa tempat yang berbeda. Misalnya untuk keperluan bayi baru lahir berupa pakaian, selimut, kaos kaki, dan sarung tangan langsung dari satu toko saja.

Karena biasanya belanja dengan cara seperti itu memungkinkan Moms untuk memperoleh diskon dan rasanya juga tidak terlalu menguras kantong. Berbelanja dengan cara seperti ini cukup efektif dan juga lebih memudahkan, apalagi jika sudah ada daftar keperluan yang dibuat sesuai dengan jenisnya. Meskipun begitu tetap jangan lupa untuk berpatokan pada tingkat kebutuhan keperluan bayi, ya.

Membeli dalam jumlah banyak juga bisa dilakukan di toko grosir, tetapi kekurangannya Moms tidak bisa memilih perlengkapan sejenis dengan model berbeda. Artinya jika membeli pakaian berarti hanya satu model saja yang bisa dipilih. Jadi kalau ingin membeli pakaian dari bermacam model, beli saja dari satu toko yang sama.

5. Cermat Melihat Promo Atau Diskon

cermat melihat promo atau diskon
Sumber: Unsplash.com/Claudio Schwarz

Saat ini berbagai supermarket sudah rutin memberikan diskon agar menarik minat konsumen. Oleh sebab itu ketika ingin berbelanja untuk keperluan bayi, sebaiknya Moms lebih aktif dan cermat melihat promo dan diskon yang sedang berlangsung. Dengan begitu budget yang dikeluarkan juga akan lebih terminimalisir dan bisa dialokasikan ke perawatan bayi baru lahir.

Selain berbelanja saat ada promo, Moms juga bisa mendaftarkan diri sebagai member di beberapa pusat perbelanjaan yang menjual kebutuhan bayi. Biasanya jika memiliki kartu member juga ada diskon dan penawaran khusus untuk Moms. Tak jarang ada reward untuk perawatan bayi baru lahir bekerja sama dengan merchant tertentu. Setidaknya budget yang dikeluarkan bisa sedikit lebih ditekan agar tidak menjadi boros.

Itulah lima tips berbelanja perlengkapan bayi newborn yang wajib Moms pahami sebelum mulai belanja. Dengan menerapkan beberapa tips tersebut jumlah budget yang dikeluarkan dapat lebih terkontrol dan juga bermanfaat menghindari sikap boros. Selain itu, yang perlu diingat bahwa tidak semua perlengkapan yang menarik di mata Moms dibutuhkan oleh bayi. Oleh sebab itu bijaklah dalam membeli.

Jika Moms memiliki pertanyaan atau saran seputar berbelanja keperluan bayi baru lahir jangan ragu untuk meninggalkannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Anti Boros, Ini 5 Tips Berbelanja Perlengkapan Bayi"
related post
5 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda Sampai Hamil Tua

Memperhatikan posisi tidur ibu hamil sangat penting ketika Moms sedang mengandung. Menjalani masa kehamilan adalah ... Lanjut Baca

Apa Benar, Moms Bisa Ngobrol Dengan Bayi Dalam Kandungan, Seperti Apa?

Bagi sebagian orang, ngobrol dengan bayi mungkin masih terasa asing. Anggapan tersebut karena banyak orang ... Lanjut Baca

7 Kebutuhan Nutrisi Ibu Menyusui Ini, Dapat Berpengaruh Pada Gizi Bayi

Untuk Moms setelah melahirkan adalah saat yang paling tepat untuk memberikan ASI kepada sang buah ... Lanjut Baca