Anak Merasa Orang Tua Pilih Kasih? Simak Faktor Penyebab & Solusinya

Waktu Baca: 2 menitKamis, 15 Oktober 2020 07:43 WIB
Orang Tua Pilih Kasih Anak
Sumber: stocksy

Anggapan seorang anak terhadap orang tua pilih kasih ini sangat nyata dan sering kali dihadapi oleh banyak orang tua. Hal ini sering terjadi saat sang anak yang sebelumnya mendapatkan perhatian yang penuh, ternyata kasih sayangnya harus terbagi dengan adik yang baru dilahirkan oleh ibunya.

Ada beberapa faktor sebenarnya sebagai penyebab anak merasa bahwa orang tuanya pilih kasih. Di bawah ini akan Happinest Indonesia jelaskan beberapa penyebabnya sehingga nanti Moms & Dads akan lebih mudah menemukan solusi yang tepat sesuai dengan permasalahan sang anak, yaitu:

Anak Kurang Perhatian

Yang pertama adalah anak kurang perhatian. Ya, sebelumnya perhatian yang sangat penuh diberikan kepadanya dan tiba-tiba ada orang baru datang merebut kasih sayang dari kedua orang tuanya. Tentu hal ini sering kali menyebabkan kecemburuan yang hebat bagi seorang anak.

Oleh karena itu, sesibuk apa pun Anda merawat bayi tetapi jangan pernah meninggalkan perhatian anak Anda yang sudah besar. Jika ibunya tidak bisa maka ayah, nenek, kakek, siapa pun yang ada dapat bergantian memberikan perhatian. Mengajaknya bermain, belajar bersama, dan lain sebagainya sehingga anak tetap merasa diperhatikan oleh lingkungan dan tidak fokus hanya kepada adiknya.

Anak Kurang Penjelasan

orang tua pilih kasih
Sumber: pexels

Faktor yang selanjutnya adalah kurangnya penjelasan. Ya, terkadang orang tua sudah merasa lelah mengurus bayi sampai tidak ada kata-kata yang bisa diungkapkan kembali kepada anak yang sudah besar sehingga tidak jarang pula keluar kata-kata yang menyakiti hati kecilnya. Sebagai orang tua memang harus sangat sabar dengan keadaan ini.

Jelaskan jika adiknya belum bisa melakukan berbagai hal seperti yang ia lakukan sehingga masih membutuhkan bantuan ayah dan ibunya. Jelaskan jika ia dahulu pun juga diperlakukan yang sama karena kini ia sudah bisa berjalan dan bisa melakukan aktivitasnya sendiri maka gantian untuk adiknya yang masih kecil itu.

Nah itu tadi beberapa alasan mengapa anak sering kali menganggap orang tua pilih kasih. Hal ini sering kali terjadi bukan hanya satu atau dua orang anak saja. Apalagi saat mereka sangat membutuhkan kasih sayang tetapi harus ada adik yang masih kecil dan harus dirawat penuh oleh orang tua.

Jadi, untuk penyelesaiannya jika anak merasa orang tua pilih kasih adalah berikan perhatian yang masih seputar hubungan suami istri, jika sang ibu harus ekstra merawat sang adik maka sebaiknya ayah-lah yang berperan penting dalam memberikan perhatian ini. Selain itu jelaskan anak secara rinci seperti di atas agar ia memahami.

Ajak anak untuk ikut andil dalam perawatan sang adik agar ia juga terlatih dalam memberikan perhatian dan kasih sayang kepada sesama apalagi bagi saudaranya sendiri. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kita semuanya ya HappyFams.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Anak Merasa Orang Tua Pilih Kasih? Simak Faktor Penyebab & Solusinya"
related post
Peran Anak Dalam Keluarga Dari Kacamata Orangtua Muda

Jika berbicara soal peran anak dalam keluarga apa yang HappyFams pikirkan? Berbakti kepada orang tua? ... Lanjut Baca

Pola Asuh Anak Dan Remaja Yang Mulai Nampak Perilaku Tidak Terbuka

Moms, memiliki buah hati yang masih sangat belia tentunya menjadi sebuah tugas istimewa ya, karena ... Lanjut Baca

7 Prinsip Pembelajaran Paud Untuk Maksimalkan Usia Emas Anak

Setiap tingkat pendidikan memiliki prinsip-prinsip pembelajaran di dalamnya. Dimana prinsip ini nantinya bisa menjadikan suatu ... Lanjut Baca