Anak Bayi Baru Lahir Cegukan Terus Kenapa Ini Bisa Terjadi?

Waktu Baca: 3 menitKamis, 17 September 2020 10:30 WIB
Bayi Baru Lahir Cegukan
Sumber: freepik

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami cegukan. Namun apakah normal apabila cegukan dialami oleh bayi baru lahir? Mungkin banyak Moms bertanya-tanya mengenai hal ini dan tidak sedikit merasa cemas atau bahkan bingung bagaimana cara mengatasinya, terutama bagi ibu muda yang belum memiliki pengalaman apapun dalam mengurus bayi baru lahir. Jangan panik dulu, yuk disimak penjelasannya di bawah ini.

Apa Penyebab Bayi Cegukan?

Sama halnya yang terjadi pada anak-anak dan orang dewasa, cegukan disebabkan karena adanya kontraksi pada diafragma, dalam hal ini diafragma yang dimiliki oleh bayi masih dalam tahap perkembangan. Meskipun demikian hingga kini masih belum diketahui secara pasti apa penyebab bayi baru lahir cegukan, diduga cegukan tersebut terjadi akibat adanya banyak faktor yang berdampak pada diafragma mengalami kontraksi.

Dalam kasus bayi baru lahir cegukan terus dapat disebabkan karena bayi terlalu cepat atau banyak meminum susu ataupun terlalu cepat dalam menelan udara ketika sedang menyusu sehingga berakibat distensi lambung. Distensi lambung dapat mendorong diafragma sehingga menjadi berkontraksi dan terjadilah cegukan. Dalam hal ini bayi baru lahir akan mengalami cegukan ketika sedang atau setelah menyusu karena kemungkinan otot diafragma sedang bergerak sehingga mengalami gangguan.

Penyebab lain bayi baru lahir mengalami cegukan disebabkan refluks gastroesofagus, yakni suatu kondisi pada bayi di mana katup yang terletak di antara lambung dan esofagus belum berfungsi dengan sempurna. Katup tersebut berfungsi untuk mencegah makanan yang masuk ke dalam lambung tidak naik kembali ke arah esofagus. Bahkan pada bayi yang lahir secara prematur, cegukan dapat sering terjadi. Tidak hanya cegukan, bayi yang mengalami refluks gastroesofagus akan sering mengalami spitting up atau gumoh dan juga menangis.

Selain itu, cegukan pada bayi juga dikarenakan adanya perubahan suhu yang terjadi di dalam perut bayi. Bayi baru lahir cegukan setiap hari dengan durasi cegukan dapat lebih dari 10 menit. Moms tidak perlu khawatir selama bayi tidak rewel atau menangis dan terlihat tenang.

Cara Mengatasi Bayi Baru Lahir Cegukan

mengatasi bayi baru lahir cegukan
Sumber: Freepik.com

Sebenarnya cegukan pada bayi dapat hilang dengan sendirinya akan tetapi dapat berlangsung lama jika tidak segera diatasi. Lantas bagaimana cara mengatasi cegukan pada bayi baru lahir? Berikut beberapa cara yang dapat Moms lakukan untuk mengatasinya.

1. Coba untuk mengganti posisi saat menyusui

Saat bayi sedang menyusu, sering kali udara turut masuk ke mulut bayi. Hal ini dapat menjadi pemicu terjadinya cegukan pada bayi. Untuk itu Moms harus segera merubah posisi bayi ketika sedang menyusu. Merubah posisi tersebut diharapkan bayi tidak lagi kemasukan udara saat menyusu. Apabila cegukan masih terus terjadi, Moms harus segera menghentikan kegiatan memberikan susu pada bayi, sebab kemungkinan besar bayi dapat tersedak.

2. Pastikan bahwa Moms berada pada posisi yang tepat

Posisi Moms yang kurang tepat ketika menyusui bayi juga dapat menjadi penyebab bayi mengalami cegukan. Posisi yang tepat yakni puting dan areola masuk ke dalam mulut bayi untuk mengurangi udara yang masuk, serta letakan perut bayi berhadapan atau sedikit menempel pada perut Moms. Dengan posisi yang tepat bayi dapat menyusu ASI dengan nyaman dan cegukan tidak akan terjadi.

3. Peluk bayi Moms

Cara berikutnya yang dapat membantu mengatasi cegukan pada bayi baru lahir dengan cara memeluknya. Pelukan mampu memberikan rasa tenang ketika bayi mengalami cegukan, sebab bagi bayi cegukan dapat membuat dirinya merasa tidak nyaman. Biasanya dalam hitungan menit bayi Moms akan berhenti cegukan dan kembali seperti sedia kala.

4. Gendong bayi dalam posisi tegak

Selain pelukan, Moms juga dapat menggendong pada posisi tegak ketika bayi sedang mengalami cegukan. Gendong dengan memposisikan bayi seperti sedang berdiri. Letakan kepala bayi pada bagian pundak Moms kemudian tepuk-tepuk atau gosok punggung bayi secara perlahan dan lembut sampai bayi bersendawa. Ternyata cara ini dapat membantu bayi mengeluarkan gas berlebih yang menjadi penyebab cegukan. Bahkan para ahli menyarankan untuk membantu bayi agar dapat bersendawa setelah menyusu.

Hal-Hal Yang Harus Dihindari Saat Bayi Cegukan

Di zaman yang sudah maju seperti sekarang ini, tidak sedikit mitos yang masih berkembang di masyarakat terutama dalam mengatasi cegukan pada bayi. Sebaiknya Moms coba untuk hindari dan tidak mempraktekannya saat bayi mengalami cegukan. Hal ini untuk mencegah terjadinya cedera atau apapun yang dapat membahayakan bayi nantinya. Tindakan yang harus dihindari yakni:

1. Menghentikan cegukan bayi dengan cara membuat kaget atau bahkan menakutinya.

2. Menarik lidah ataupun memberikan tekanan pada bagian dahi bayi saat cegukan.

3. Memberikan bantuan pernafasan.

4. Menaruh kain atau tisu basah di bagian dahi bayi.

Cegukan pada bayi masih dianggap normal hingga berusia di bawah 1 tahun. Perlu Moms ketahui juga bahwa sebenarnya bayi sudah mengalami cegukan sejak di dalam kandungan. Yang harus Moms waspadai yakni apabila cegukan pada bayi baru lahir disertai dengan tangisan, gelisah, sering meludah ataupun berliur, bahkan mengganggu tidur bayi ada baiknya segera periksa ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Anak Bayi Baru Lahir Cegukan Terus Kenapa Ini Bisa Terjadi?"
related post
Daftar Makanan Instan Sehat Untuk Bayi & Ibu Hamil Di Rumah

Makanan instan menjadi pilihan banyak orang karena dianggap praktis dan tidak membutuhkan waktu lama untuk ... Lanjut Baca

Jadwal Pemberian Imunisasi Lengkap Pada Anak, Moms Wajib Catat!

Menjaga selalu kesehatan anak adalah tugas dari orang tua salah satunya dengan selalu memperkuat sistem ... Lanjut Baca

Tips Ibu Muda Menyusui Bayi Yang Baru Lahir Dengan Baik Dan Benar

Menjadi seorang ibu muda memang tidaklah mudah. Setelah melawati proses melahirkan, tahap berikutnya yang juga ... Lanjut Baca