9 Tips Mengelola Gaji Bulanan, Trik Mencegah Gaji Cepat Ludes

Rabu, 10 April 2019 13:31 WIB
Tips Kelola Gaji Bulanan
Sumber: Scandimummy.com

Rasa lelah dan jerih payah Moms dan Dads setelah sebulan bekerja rasanya terbayar setelah waktunya menerima gaji. Namun nyatanya, setiap kali menerima gaji, Moms dan Dads merasa gaji tersebut malah cepat habis digunakan. Nah, spabila Moms dan Dads sering mengalami hal tersebut, itu artinya Moms dan Dads harus menyimak 9 tips mengelola gaji bulanan di bawah ini!

1. Buat Anggaran Keuangan Dalam Sebulan

Tips mengatur gaji yang pertama adalah dengan membuat anggaran keuangan Moms dan Dads selama satu bulan. Dalam merencanakan anggaran keuangan ini, hitunglah jumlah pemasukan yang didapat dalam sebulan dari hasil gaji maupun upah. Kemudian, hitung jumlah pengeluaran Moms dan Dads dalam sebulan dan potongkan dengan biaya cicilan maupun tagihan yang harus dibayar.

Setelah itu, rinci anggaran keuangan Moms dan Dads dengan persentase pembagian gaji. Misalnya, 70% untuk kebutuhan primer seperti membeli bahan pangan, membayar tagihan listrik, membayar tagihan air, atau biaya ongkos transportasi. Sedangkan 30% yang lain digunakan untuk kebutuhan tersier seperti biaya travelling, belanja baju dan tas, atau sekadar nongkrong di kafe-kafe. Dengan mengalokasikan budget di awal seperti ini, maka bila ada keinginan mendadak yang biayanya di luar budget, maka Moms dan Dads bisa mengeremnya.

2. Tulis Daftar Kebutuhan Yang Harus Dibeli

Ketika sedang berbelanja kebutuhan pribadi maupun keluarga, Moms dan Dads harus selalu ingat untuk memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan. Sebab, terkadang apa yang Moms dan Dads beli tidak sesuai dengan barang-barang yang penting dan dibutuhkan. Misalnya saja membeli baju baru meskipun di rumah sudah ada stok baju yang lain. Atau membeli sepatu baru, padahal sepatu lama masih bisa digunakan.

Sebagai manusia, sesekali membelanjakan uang untuk memenuhi keinginan adalah hal yang wajar. Karena dengan membeli barang-barang yang diinginkan tersebut bisa membuat Moms dan Dads merasa senang maupun puas. Namun, apabila Moms dan Dads terlalu sering membelanjakan uangnya tidak sesuai kebutuhan, tentu juga akan berakibat fatal bagi diri sendiri ya!

Oleh sebab itu, perlu bagi Moms dan Dads untuk mempelajari tips mengelola gaji bulanan dengan cara menulis daftar kebutuhan yang harus dibeli. Dengan membuat daftar kebutuhan, setidaknya Moms dan Dads jadi tahu barang apa saja yang perlu dan tidak perlu dibeli. Sebaiknya, tulis daftar kebutuhan ini secara detail mulai dari harga beli barang hingga anggaran keuangan Moms dan Dads sendiri.

3. Menyisihkan Uang untuk Menabung

Jika selama ini Moms dan Dads lebih sering menghabiskan uang untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan, mulai sekarang segera alokasikan uang tersebut dengan cara pengelolaan keuangan yang lebih baik dengan cara menabung. Cara ini adalah cara yang baik dan bijak untuk mengelola gaji bulanan Moms dan Dads supaya tidak cepat ludes. Coba sisihkan uang sisa anggaran bulanan untuk ditabung setiap bulannya. Moms dan Dads bisa menyisihkan sisa uang tersebut dengan menabungnya di bank maupun di koperasi. Dengan menabung, Moms dan Dads pun belajar untuk menekan anggaran pengeluaran yang tidak dibutuhkan.

4. Membuat Rekening Khusus

Tidak masalah bila Moms dan Dads ingin memiliki dua atau lebih rekening bank. Akan tetapi, sebaiknya rekening-rekening tersebut digunakan dan dibedakan berdasarkan fungsinya. Jangan pernah gunakan rekening-rekening bank tersebut untuk fungsi yang sama, misalnya untuk membayar tagihan atau menerima transferan dana.

Buatlah satu rekening bank yang digunakan untuk keperluan sehari-hari, contohnya membayar cicilan, menerima gaji, dan berbelanja kebutuhan rumah tangga. Sedangkan rekening yang lain bisa Moms dan Dads fungsikan khusus untuk menabung. Dengan memisahkan fungsi dan kegunaan rekening seperti ini, akan membuat anggaran keuangan Moms dan Dads tidak tercampur aduk.

5. Membawa Uang Tunai Seperlunya

Cara lain untuk mengelola gaji bulanan Moms dan Dads agar tidak cepat habis adalah dengan membawa uang tunai secukupnya. Cara ini terbukti efektif untuk mencegah daya beli Moms dan Dads yang berlebihan sehingga bisa muncul keinginan untuk belanja banyak barang yang sebenarnya tidak benar-benar diperlukan. Dengan membawa uang tunai seperlunya, Moms dan Dads akan berpikir ulang ketika ingin membeli kebutuhan-kebutuhan yang tidak masuk sebagai prioritas.

4. Langsung Bayar Tagihan, Cicilan, atau Kredit Sesaat Setelah Menerima Gaji

Saat baru menerima gaji bulanan, sebaiknya jangan gunakan uang gaji Moms dan Dads tersebut untuk berbelanja atau membeli barang yang lain. Tetapi gunakanlah uang gaji tersebut untuk membayar semua tagihan, cicilan, maupun kredit yang harus Moms dan Dads bayar. Potong dan sisihkan uang gaji Moms dan Dads untuk membayar tagihan tersebut, baru kemudian anggarkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pengelolaan gaji dengan cara seperti ini sangat baik untuk mencegah terjadinya penunggakan tagihan, cicilan, maupun kredit dalam sebulan. Hal ini sangat penting diterapkan agar nantinya tidak mengganggu anggaran kebutuhan lain yang harus Moms dan Dads keluarkan. Selain itu, pikiran Moms dan Dads pun akan menjadi tenang saat akan menyusun anggaran pengeluaran bulanan.

5. Catat Pengeluaran Harian

Ketika sedang berbelanja, jangan pernah sekalipun Moms dan Dads membuang struk pembayarannya. Karena, struk pembayaran ini berfungsi sebagai bukti pengeluaran dana atas transaksi yang telah Moms dan Dads lakukan. Selain itu, struk pembayaran juga berfungsi untuk mencocokkan jumlah transaksi yang dilakukan dengan jumlah pengeluaran yang telah dicatat.

Dengan mencatat semua pengeluaran dan transaksi yang telah dilakukan, akan membantu Moms dan Dads untuk mengetahui jumlah dana yang keluar. Catatan keuangan ini juga bisa membantu Moms dan Dads saat akan menganalisa kebutuhan apa saja yang diperlukan dan tidak diperlukan. Oleh sebab itu, catatlah seluruh pengeluaran yang dilakukan ke dalam sebuah jurnal keuangan.

6. Sisihkan Uang untuk Investasi

Apabila Moms dan Dads sudah menyisihkan uang sisa anggaran Moms dan Dads selama sebulan dalam bentuk tabungan, kini Moms dan Dads bisa mencoba untuk berinvestasi. Namun, cara ini bisa dilakukan saat uang anggaran bulanan dan uang yang disisihkan untuk tabungan Moms dan Dads masih tersisa. Uang sisa tersebut bisa Moms dan Dads investasikan dalam bentuk reksa dana, asuransi, maupun dengan membeli perhiasan.

7. Berkumpul Bersama Teman-teman Bergaya Hidup Sederhana

Penting bagi Moms dan Dads untuk memiliki lingkaran pertemanan dengan gaya hidup sederhana. Karena, jika Moms dan Dads berkumpul dalam lingkaran pertemanan yang hedonis, maka akan mempengaruhi gaya hidup Moms dan Dads pula. Dengan berkumpul bersama teman-teman bergaya hidup sederhana, secara otomatis akan membawa Moms dan Dads untuk hidup secara sederhana.

Begitulah penjelasan singkat tentang tips mengelola gaji bulanan Moms dan Dads agar tidak cepat ludes. Dengan mengikuti cara-cara mengelola gaji bulanan di atas, Parents pun tidak perlu khawatir lagi atas anggaran keuangan Moms dan Dads. Semoga penjelasan singkat ini tidak hanya memberi manfaat, tetapi juga bisa menjadi pedoman bagi pengelolaan keuangan Moms dan Dads.

Nah, sekarang share deh di komentar, apa yang Moms dan Dads sudah lakukan untuk mengelola gaji bulanan?

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "9 Tips Mengelola Gaji Bulanan, Trik Mencegah Gaji Cepat Ludes"
related post
Berani Tampil Colorful Dengan 7 Fashion Musim Hujan

Happinest.id - Hampir sebagian besar daerah di Indonesia telah memasuki musim hujan. Tidak heran jika ... Lanjut Baca

Tips Membeli Koper Travel Untuk Perjalanan Liburan Keluarga

Happinest.id - Sudah punya tiket untuk liburan bersama keluarga? Meskipun tanggal keberangkatannya masih lama, ... Lanjut Baca

Cara Cepat Kupas Kulit Udang Dengan Cepat, Ini Panduannya!

Happinest.id - Udang salah satu hidangan laut yang rasanya lezat dan digemari banyak orang. Tak ... Lanjut Baca