9 Tips Cara Menghentikan Bayi Menangis Yang Efektif, Dijamin Bisa!

Waktu Baca: 5 menitSelasa, 23 November 2021 09:21 WIB
cara menghentikan bayi menangis
Sumber: pexels

Menghentikan bayi menangis memang gampang-gampang susah, terlebih lagi untuk Moms yang baru saja memiliki momongan. Seringkali kita malah menjadi panik dan bingung mau melakukan apa. Padahal ada beberapa cara efektif yang bisa Moms lakukan untuk mengatasinya.

Caranya juga sama sekali tidak sulit, namun memang diperlukan kesabaran hingga tangisan si buah hati benar-benar reda. Perlu dipahami, menangis adalah cara dari bayi untuk berkomunikasi. Melalui tangisan, mereka menyampaikan rasa sakit atau rasa tidak nyaman yang sedang dirasakan.

Karenanya sangat penting bagi Moms untuk memahami terlebih dahulu apa saja yang membuat bayi jadi menangis. Ini akan membantu moms untuk mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi tangisan bayi, bisa saja berbeda bila menghadapi anak tantrum namun yang pasti jangan membentak anak saat sedang menagis ya Moms. Mari kita bahas hal ini lebih dulu.

9 Tips Cara Menghentikan Bayi Menangis Yang Efektif

BACA JUGA:

Apa yang Menyebabkan Bayi Menangis?

Berdasarkan pendapat para ahli, ada 6 alasan utama yang membuat bayi menangis tanpa henti. Berbeda penyebab tangisan tersebut, akan berbeda juga cara menanganinya. Ini dia 6 penyebab bayi menangis tersebut:

  • Bayi sedang kelaparan
  • Popok yang dikenakan sudah penuh atau basah
  • Kelelahan
  • Ingin dipeluk
  • Tubuh bayi kedinginan atau kepanasan
  • bayi mengalami kolik
  • Bayi mengalami cegukan

Berdasarkan riset, tangisan bayi memuncak pada 7 minggu pertama pasca kelahirannya. namun intensitas tangisan akan berkurang seiring dengan berjalannya waktu. Penting sekali bagi Moms and Dads untuk memahami hal ini.

Berbagai Metode untuk Menghentikan Bayi Menangis

Ada banyak cara menghentikan bayi menangis yang bisa Moms lakukan. Pertama, pastikan untuk tidak panik menghadapi kondisi seperti ini. Moms and Dads sebaiknya tetap tenang, kemudian lakukan salah satu dari beberapa langkah di bawah ini satu persatu.

1. Selimuti bayi dengan kain

Cara pertama yang bisa Moms lakukan adalah menyelimuti tubuh bayi dengan kain. Orang tua seringkali menyebutnya dengan istilah bedong. Dengan metode tersebut bayi akan merasa seolah sedang berada di dalam kandungan ibu mereka sendiri. Cara ini sangat efektif untuk dilakukan di masa awal kelahiran.

2. Gendong bayi pada posisi telungkup

Ketika berada di dalam rahim, bayi ada dalam kondisi telungkup. Karena itu Moms juga bisa menggunakan cara yang sama untuk menghentikan bayi menangis.

Cara ini akan membuat mereka jauh lebih nyaman. Namun cara ini hanya boleh dilakukan jika bayi memang menangis tanpa henti. kalau sudah tenang, kembalikan mereka dalam posisi telentang.

3. Memutar suara yang menenangkan

Tips menghentikan bayi menangis lainnya adalah memutar suara yang menenangkan mereka. Suara hujan atau tetesan air benar-benar bisa membuat mereka menjadi tenang.

Bisa juga dengan menggunakan suara lain dengan nuansa yang sama. Moms bisa mengunduh suara tersebut di HP dan memutarnya di dekat bayi.

4. Mengayun atau menggoyangkan tubuh bayi

Mengayun dan menggoyangkan tubuh bayi secara lembut merupakan cara membuat bayi berhenti menangis lainnya. Cara ini tidak kalah ampuh dibandingkan dengan cara-cara sebelumnya. Moms juga bisa mengajak bayi berkomunikasi agar mereka lebih tenang. Ini akan membuat tangisan mereka reda lebih cepat.

5. Memijat atau mengusap dengan lembut

Cara lain yang bisa Moms lakukan adalah dengan memijat atau mengusap punggung bayi secara lembut. Ini akan memberikan rangsangan kepada saraf dan otak bayi. Ketika Moms melakukannya, bayi akan jauh lebih tenang dan segera reda tangisannya.

6. Menyanyikan lagu

Tidak hanya pijatan dan usapan saja, cara lain yang tidak kalah direkomendasikan adalah menyanyikan lagu di dekat bayi. Pilih lagu-lagu yang menenangkan.

Jangan memutarnya terlalu kencang karena hal ini justru akan membuat bayi menjadi kaget. Putar dalam volume sedang saja. Riset membuktikan lagu yang tenang bisa membuat bayi menjadi tenang.

7. Mandi air hangat

Cara menghentikan bayi menangis selanjutnya adalah memandikan mereka dengan air hangat. Percaya atau tidak, air hangat ini memberikan efek menenangkan pada bayi. Ketika bersentuhan dengan air hangat, bayi akan jauh lebih tenang dan tidak rewel.

8. Memberikan dot

Jika bayi sudah diberi dot, cara satu ini tidak kalah efektif untuk dilakukan. Ketika bayi menghisap jari atau dot, ini merupakan salah satu bentuk relaksasi yang bisa mereka lakukan. Namun jauh lebih baik kalau Moms melakukan cara-cara sebelumnya terlebih dahulu sebelum menggunakan cara ini.

9. Konsultasi ke Dokter Ahli

Bagaimana cara menghentikan bayi menangis tanpa henti meskipun cara di atas sudah dilakukan? Jika tangisan bayi tidak berhenti, Moms sebaiknya membawa si kecil ke dokter ahli karena bisa jadi ada masalah lain yang mereka derita.

Jangan ragu untuk melakukan tindakan dengan segera. Akibatnya bisa sangat fatal terhadap si kecil. Dokter spesialis memiliki metode khusus untuk menghentikan bayi menangis dalam kondisi seperti ini.

Berbeda lagi bila ada anak batita maupun balita menangis, jangan pernah memahari anak di depan umum, karena dapat mengganggu mentalnya ketika anak besar nanti.

Semoga sang buah hati dapat kembali tenang ya Moms

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "9 Tips Cara Menghentikan Bayi Menangis Yang Efektif, Dijamin Bisa!"
related post
Menjaga Pola Hidup Sehat Dan Bersih Anak Terlepas Dari Penyakit

Sebagai orang tua yang peduli terhadap pola hidup sehat, maka perlu pula untuk menerapkan pola ... Lanjut Baca