9 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik. Dads Wajib Lakukan Nih!

Waktu Baca: 7 menitKamis, 16 Mei 2019 08:00 WIB
Momen Manis Keluarga
Sumber: Pinterest.com

Menghabiskan waktu lebaran bersama keluarga di kampung halaman, artinya Dads harus menyiapkan diri untuk meninggalkan rumah saat mudik. Oleh karena itu, Dads perlu memperhatikan beberapa poin penting agar rumah aman ditinggal mudik. Kejahatan memang bisa datang kapan saja Dads, termasuk saat Hari Raya. Pelaku kejahatan, bisa menganggap situasi sepi saat lebaran sebagai peluang mereka untuk melakukan tindak kejahatan.

Namun, bukan hanya tindakan kriminal yang perlu Dads waspadai, ada hal lainnya yang perlu Dads waspadai seperti kemungkinan banjir atau kebakaran yang bisa muncul tiba-tiba. Nah, apakah Dads ingin merayakan hari lebaran dengan hati tenang di kampung halaman? Segera terapkan 9 tips rumah aman saat mudik ini sebelum berangkat mudik ya, Dads! Yuk mari simak apa saja tipsnya berikut ini.

1. Jangan Biarkan Barang Berharga Terletak Begitu Saja Di Dalam Rumah Dads

meninggalkan rumah saat mudik lebaran
Sumber: situstarget.com

Persiapan sebelum meninggalkan rumah saat mudik yang sangat penting adalah memastikan semua barang berharga Dads tersimpan di dalam tempat yang aman. Barang berharga seperti perhiasan, uang tunai, dan surat berharga harus Dads letakkan ditempat yang paling aman. Sebagai alternatif untuk meningkatkan kualitas keamanan dokumen berharga yang Dads miliki, Dads juga bisa lho bisa menitipkan barang berharga di tempat penitipan yang disediakan oleh bank.

2. Cabut Selang Gas dan Pastikan Tak Ada Aliran Listik. Jangan Sampai Deh Timbul Percikan Api Penyebab Kebakaran!

rumah aman ditinggal mudik
Sumber: pegipegi.com

Kebakaran dapat terjadi pada rumah yang ditinggal penghuninya mudik. Penyebab kebakaran diantaranya ialah sambungan pendek arus listrik maupun kebocoran gas. Mencabut gas dan mematikan aliran listrik adalah hal yang harus Dads lakukan dan tidak boleh sampai terlupakan, lho. Cabut semua kabel alat elektronik dari stop kontak, kemudian pastikan selang dari tabung gas juga dilepas dan sudah tidak terpasang ya, Dads.

3. Pastikan Juga Saluran Air Tidak Terbuka dan Sudah Dimatikan Ya, Dads!

tips rumah aman saat mudik
Sumber: blog1.alfamartku.com

Hal lainnya yang perlu Dads perhatikan saat hendak meninggalkan rumah, yaitu dengan mematikan saluran air dan memastikan tidak ada keran yang terbuka. Selain tagihan yang bisa membengkak, saluran air dan keran yang terbuka dapat membuat rumah Dads menjadi penuh air dan becek. Tetap dinyalakannya saluran air juga dapat berbahaya apabila terjadi kebocoran di rumah Dads lho. Jadi, jangan lupa untuk juga dimatikan ya!

4. Bersihkan Rumah Agar Tidak Ada Kecoa dan Tikus Yang Masuk Ya, Dads

persiapan meninggalkan rumah sebelum mudik
Sumber: ruparupa.com

Jangan karena Dads pusing mempersiapkan segala keperluan untuk mudik, Dads justru membiarkan rumah ditinggal dalam keadaan kotor. Hal tersebut mungkin terlihat sepele, tetapi apabila Dads meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, maka berbagai hal bisa saja terjadi lho. Maka dari itu, Dads perlu memastikan rumah ditinggal dalam keadaan bersih.

Mulailah mencicil untuk membersihkan semua tempat sampah, debu-debu dan juga kamar mandi untuk menghindari kecoa dan bau busuk. Jangan sampai saat pulang mudik nanti, rumah Dads malah bau busuk dan banyak kecoa. Sudah capek karena perjalanan mudik, masa harus istirahat di rumah dengan keadaan bau dan jorok sih, Dads. Nggak mau, kan?

5. Pastikan Semua Pintu dan Jendela Sudah Tertutup Rapat, Hindari Ada Sesuatu Yang Tidak Dads Inginkan Masuk Dengan Mudah!

tips rumah aman saat mudik lebaran
Sumber: meikarta-theworldofours

Sebelum meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, Dads perlu memastikan bahwa semua pintu dan jendela rumah telah tertutup secara rapat. Selain untuk mencegah mudahnya seseorang masuk ke dalam rumah Dads, hal ieni juga untuk mencegah adanya binatang-binatang yang tidak diinginkan masuk ke rumah Dads.

Untuk pengamanan ekstra, Dads bisa saja sebelumnya memasang pengaman tambahan pada setiap jendela dan juga pintu. Jangan lupa, untuk jaga-jaga kunci semua pintu lemari dan rak berisi barang berharga yang ada di rumah Dads, ya! Dengan begitu, diharapkan semuanya akan lebih terjamin keamanannya.

6. Jangan Meninggalkan Rumah Dalam Keadaan Yang Terlalu Kentara Ditinggal Lama, Hal Ini Justru Akan Mengundang Tindak Kejahatan

strategi dan tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran
Sumber: madiuntoday.com

Biasanya, pelaku kejahatan akan lebih berani menjalankan aksinya pada rumah dengan kondisi kosong dalam waktu lama dan tanpa penghuni. Oleh sebab itu, Dads perlu membuat rumah seolah tidak terlihat kosong. Caranya cukup mudah, Dads bisa berhenti berlangganan koran sementara seandainya Dads berlangganan koran.

Sebab, hal itu hanya akan membuat koran menumpuk dan penjahat tahu sudah berapa lama rumah Dads tida ditempati. Selain itu, Dads juga bisa minta tolong tetangga untuk membersihkan halaman di depan rumah Dads dan menyalakan lampu di halaman rumah Dads pada malam hari.

7. Pasang Lampu Otomatis Agar Rumah Tidak Terlihat Sepi

 Cara Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran
Sumber: konstruksirumah.com

Nah, dengan kecanggihan teknologi saat ini, Dads bisa memasang kampu otomatis yang akan hidup secara otomatis saat keadaan gelap, dan mati saat matahari telah muncul. Lampu yang mati saat siang hari dan hidup pada malam hari bisa membuat seolah rumah ada penghuninya. Hal ini pun bisa membuat rumah Dads tidak terlihat sepi, sangat cocok bagi Dads yang tidak bisa menitipkan rumah ke siapapun.

8. Titip Rumah Ke Satpam Kompleks Atau Tetangga Yang Dipercaya Agar Perjalanan Mudik Dads Sekeluarga Lebih Tenang

 Tips Rumah Aman Ditinggal Mudik
Sumber: twitter.com/tmg_net

Cara aman tinggalkan rumah saat mudik selanjutnya ialah dengan menitipkan rumah kepada orang yang tidak mudik di lingkungan rumah Dads. Hal ini merupakan langkah yang cukup tepat supaya mudik Dads lebih tenang, sebab apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka orang tersebut bisa langsung menghubungi Dads.

Oleh karena itu, pastikan Dads memiliki hubungan yang baik antar tetangga dan juga satpam kompleks ya! Ketika Dads menitipkan rumah ke tetangga ataupun satpam kompleks, mereka pasti akan sesekali melihat keadaan rumah Dads lho. Dengan begitu, saat mudik pun Dads nggak perlu terlalu khawatir.

9. Pasang CCTV Bisa Meningkatkan Keamanan Rumah, Bahkan Dads Bisa Pantau Dari Jauh

 Strategi Dan Persiapan Sebelum Meninggalkan Rumah Saat Mudik
Sumber: alam-maya.com

Langkah terakhir ini bisa dilakukan ketika Dads akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Alangkah baiknya apabila sebelum pergi, Dads memasang kamera pengawas CCTV di dalam rumah. Dengan memasang CCTV, Dads juga bisa memantau kondisi rumah yang Dads tinggalkan selama lebih dari 24 jam melalui aplikasi yang bisa di-install di handphone. Intip apa saja aplikasi smartphone yang bisa memudahkan hidup Dads.

Biasanya, saat pelaku kejahatan melihat keberadaan CCTV yang terpasang di rumah yang ingin mereka curi, kebanyakan dari mereka akan mengurungkan niatnya. Hal ini disebabkan banyak tindakan kriminal yang mudah diselesaikan dengan adanya bantuan rekaman CCTV. Jadi, kalau mereka tetap nekat melakukannya, penjara sudah menanti mereka deh karena Dads sudah menyimpan buktinya.

Itulah beragam tips dan strategi yang bisa Dads lakukan ketika akan pergi mudik dan meninggalkan rumah dalam waktu lama. Pastikan tips meninggalkan rumah saat mudik diatas sudah Dads lakukan ya! Supaya mudik Dads lebih aman dan tenang. Jika sudah Dads lakukan, adakah tips ampuh lainnya yang pernah Dads lakukan saat meninggalkan rumah untuk mudik? Yuk, ceritakan di kolom komentar ya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "9 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik. Dads Wajib Lakukan Nih!"
related post
Pekerjaan Rumah Tangga Merupakan Kewajiban Siapa Ketika Berkeluarga

Pekerjaan rumah terkadang memang cukup berat untuk dilakukan. Walaupun sebenarnya tidak juga, namun rasa lelah ... Lanjut Baca

5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Pada Anak Dengan Permanen Secara Alami

Bau badan sangatlah mengganggu orang yang sekitar, namum kadang tidak disadari oleh diri sendiri, terlebih ... Lanjut Baca

Penyakit Serangan Jantung Ringan Dapat Terselamatkan Dengan Cara Ini

Serangan jantung menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Meskipun begitu banyak orang yang ... Lanjut Baca