9 Tempat Wisata Edukatif Di Jakarta Agar Liburan Si Kecil Bermanfaat

Waktu Baca: 8 menitSelasa, 06 Agustus 2019 11:00 WIB
Tempat Wisata Edukatif Di Jakarta
Sumber: Rentalpekanbaru.co.id

Setiap harinya kita tidak bisa lepas dari rutinitas yang terkadang terasa melelahkan dan membosankan. Tentu, kita juga perlu bersantai sejenak menikmati hidup dengan memanfaatkan hari libur untuk traveling bersama keluarga. Selain bisa melepas lelah, rasa bosan, serta menyegarkan kembali pikiran, liburan bersama keluarga juga menjadi momen yang berkesan bagi si kecil. Liburan juga menjadi waktu yang tepat untuk menikmati family time.

Salah satu tempat wisata yang patut untuk HappyFams kunjungi adalah tempat-tempat wisata edukasi anak yang bisa menambah wawasan dan pengalaman baru bagi si kecil. Yang dimaksud wisata edukasi adalah perjalanan ke tempat-tempat wisata untuk tujuan berlibur namun mengandung nilai edukasi di dalamnya. Nah, berikut adalah 9 tempat wisata edukatif di Jakarta yang bisa HappyFams kunjungi. Yuk simak ulasannya berikut ini, HappyFams!

1. Mengenalkan Si Kecil Pada Planet Dan Benda Luar Angkasa Di Planetarium Taman Ismail Marzuki

Tempat Wisata Edukatif Di Jakarta Mengenalkan Si Kecil Pada Planet
Sumber: Ecnolantworld.blogspot.com

Planetarium jadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi untuk membuat si kecil senang sekaligus bisa mengenal berbagai jenis benda luar angkasa. Teater bintang dengan cerita yang beragam tentang tata surya, rasi bintang, pembentukan alam semesta hingga pengetahuan tentang astronomi akan menjadi hal baru bagi si kecil yang belum duduk dibangku sekolah. Tentunya berwisata ke Planetarium ini jadi pengalaman yang edukatif bagi si kecil.

Gedung yang menjadi rekomendasi tempat wisata bersama anak ini pertama kali dibangun pada tahun 1969. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari Selasa - Minggu mulai dari pukul 10.00. Untuk pertunjukan teaternya, dimulai pada pukul 16.30 pada hari kerja. Sedangkan, pada hari sabtu dan minggu jadwal pertunjukannya adalah pada pukul 10.00, 11.00, dan 13.00 yang beralamat di Jalan Cikini Raya 73, Jakarta 10330, Indonesia.

2. Bosan Dengan Pemandangan Gedung-Gedung Pencakar Langit? Datang Saja Ke Alam Sutera Family Park

Tempat Wisata Edukatif Di Jakarta Alam Sutera Family Park
Sumber: Cermati.com

Salah satu tempat wisata edukasi anak di Jabodetabek yang berbeda dari tempat wisata lainnya adalah Alam Sutera Family Park. Di sini ada pemandangan hijau lengkap dengan hutan dan udara sejuk yang bisa dinikmati. Suasananya yang sejuk membuat tempat ini sangat nyaman untuk berpiknik bersama keluarga tercinta. Anak usia balita sangat cocok untuk diajak berkunjung ke tempat ini karena udaranya masih segar dan minim polusi.

Juga, ada area yang dinamakan Kampung Maen dengan berbagai macam permainan yang menyenangkan. Bukan hanya itu saja loh Moms, di taman ini ada juga berbagai macam kolam dengan berbagai jenis ikan yang tentunya sangat menarik bagi si kecil yang juga bisa menambah pengetahuannya. Tempat rekreasi terbuka ini beralamat di Alam Sutera Serpong, Serpong, Tangerang Selatan, Indonesia 15322.

3. Berkenalan Dengan Alam Di Kandank Jurank Doank

Tempat Wisata Edukatif Di Jakarta Kandank Jurank Doank
Sumber: Jalanjalan.co

Kandank Jurank Doank pertama kali didirikan oleh seorang penyanyi bernama Dik Doank. Tempat ini awalnya adalah sebuah sekolah alam yang didirikan untuk anak-anak yang ada di sekitar Ciputat. Namun, seiring berjalannya waktu, Kandank Jurank Doank dijadikan sebagai tempat wisata yang nyaman dan dapat dikunjungi oleh umum. Dengan pepohonan yang rimbun dan sejuk membuat tempat ini terasa nyaman untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Pemandangan persawahan disekitarnya juga menjadi pemandangan langka yang didapatkan di Kota Jakarta. Tempat ini juga bagus lho Moms untuk mengenalkan anak kepada alam sekaligus bisa mengedukasinya untuk mencintai dan menjaga kelestarian alam. Tempat wisata ini berada di kompleks Alvita Blok Q No. 14, Sawah Baru, Ciputat, Sawah Lama, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413.

3. Godong Ijo, Tempat Wisata Edukasi Untuk Berkenalan Dengan Berbagai Macam Profesi Pekerjaan

Tempat Wisata Edukatif Di Jakarta Godong Ijo
Sumber: Kompaswisata.com

Lokasinya yang masih berada di jabodetabek, tentunya sangat mudah dan dekat untuk dikunjungi bagi HappyFams yang berdomisili di Jakarta. Letaknya persis berada di Sawangan, tepat di pinggir jalan raya. Selain wahana permainan, restoran, kolam ikan hingga kura-kura, juga ada vertical garden lengkap dengan green house yang akan menjadikan liburan HappyFams terasa seru dan menyenangkan.

Di sini, Moms juga bisa mengenalkan anak-anak pada bermacam-macam profesi lewat program edukasi yang ada di sini. Contohnya dokter cilik, koki cilik, sahabat alam, membuat keramik, hingga mengikuti kelas bercocok taman. Tertarik untuk liburan ke sini, Moms? Yuk, segera ajak Happyfmas di akhir pekan ini. Lokasi tepatnya berada di Jl. Cinangka Raya No.KM 10 No. 60, Serua, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat 16517.

4. Scientia Square Park Siap Membuat Momen Liburan HappyFams Lebih Berkesan

Tempat Wisata Edukatif Di Jakarta Agar Liburan Si Kecil Bermanfaat, Scientia Square Park
Sumber: Enaknyakemana.com

Bosan dengan suana perkotaan dan pusat perbelanjaan yang penuh hiruk pikuk? Datang saja ke Scientia Square Park bersama keluarga Moms! Taman bermain luas ini menyediakan berbagai wahana permainan hingga program edukasi yang nyaman dan aman untuk si kecil. Aktivitas fisik pun bisa dilakukan disini, seperti bermain sepatu roda dan panjat tebing. Inilah tempat yang tepat bagi Moms dan Dads untuk mengenalkan aneka macam serangga kepada si kecil. Menanam padi juga menjadi salah satu kegiatan menyenangkan untuk si kecil. Alamatnya berada di Jl. Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15810.

5. Asah Kreativitas Si Kecil Di D’Kandang Amazing Farm

Tempat Wisata Edukatif Di Jakarta D’kandang Amazing Farm
Sumber: akurat.co

Sesuai dengan namanya, D’Kandang Amazing Farm menyajikan berbagai kandang hewan ternak ditujukan untuk mengedukasi si kecil. HappyFams yang datang ke tempat ini akan diajak untuk mengakrabkan diri bersama alam. Tentunya ada banyak hal yang bisa dipelajari di sini, contohnya mengenal hewan dan tumbuhan. Tidak hanya itu, disini HappyFams juga bisa belajar membuat aneka kerajian tangan yang terbuat dari tanah liat.

Moms dan Dads juga bisa mengajak si kecil untuk membuat kaos yang di desain sendiri lho, tentunya kegiatan semacam ini dapat mengasah kreativitas dan motorik anak. Tempat rekreasi ini buka setiap hari kecuali jumat mulai pukul 08.00, alamatnya berada di Jl. Penarikan No.RT 07 / 02, Pasir Putih, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16519.

6. Melipir Ke Bekasi Yuk, Moms! Ada Rumah Pohon Yang Membuat Liburan Bersama Keluarga Terasa Lebih Hangat

Tempat Wisata Edukatif Di Jakarta Rumah Pohon
Sumber: Flickr.com

Tempat wisata edukasi anak yang satu ini terletak di Bekasi. Pepohonan rindang tentu membuat HappyFams merasa betah disini. Suasananya yang asri dan tenang, membuat Moms dan Dads yang selama ini sibuk dengan pekerjaan dapat bersantai sejenak. Adanya fasilitas outbound, tentu membuat anak-anak lebih banyak bergerak sekaligus bisa menjadi sarana untuk melatih kekuatan otot dan tulangnya. Ingin segera bersantap mengisi perut yang mulai lapar? HappyFams bisa menikmati hidangan tradisional yang ada di rumah pohon ini, lho. Langsung saja yuk datang ke Rumah Pohon Sukamekar, Sukawangi, Bekasi, West Java 17620, Indonesia.

7. Menjelajahi Indonesia Dalam Satu Hari Di Taman Mini Indonesia Indah

Tempat Wisata Edukatif Di Jakarta Agar Liburan Si Kecil Bermanfaat, Taman Mini Indonesia Indah
Sumber: Pengentraveling.com

Sulit untuk menjelaskan apa saja yang ada di dalam Taman Mini Indonesia Indah yang memiliki luas sekitar 150 hektar ini. Namun yang pasti, disini Moms bisa mengedukasi anak-anak dengan berkunjung ke paviliun dari setiap provinsi yang ada di Indonesia. Terdapat lebih dari 15 museum, lebih dari 10 taman, teater dan juga wahana permainan lho di TMII.

Tentukan lokasi mana yang hendak dikunjungi lebih dulu karena TMII memiliki tempat yang sangat luas. Berlibur ke sini, Moms dan Dads bisa mengajarkan kepada si kecil tentang keragaman budaya Indonesia. Sekaligus menambah pengetahuan dan wawasan si kecil. TMII tepatnya beralamat di Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia.

8. Bermain Sekaligus Menambah Pengetahuan Di Pinisi Science & Edutainment Park

Tempat Wisata Edukatif Di Jakarta Pinisi Science & Edutainment Park
Sumber: Tempatwisataunik.com

Pinisi Science & Edutainment Park jadi tempat wisata edukasi yang menyediakan beragam aktivitas menarik yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Seperti melakukan aktivitas fisik, menambah pengetahuan akan budaya, teknologi, hingga lingkungan. Salah satu kegiatan menarik di sini adalah Moms bisa mengajak si kecil untuk mengapresiasi indahnya keberagaman budaya Indonesia dengan belajar memainkan instrumen musik tradisional. Selain itu, ada juga Science Center, dimana anak-anak bisa mengeksplorasi dan melakukan uji coba fisika dengan lebih menyenangkan. Lokasinya berada di Jl. Sultan Hasanudin, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12160.

Wah, menarik sekali bukan tempat wisata edukasi anak di atas? Apakah HappyFams sudah menentukan tempat liburan bersama keluarga mana yang akan dikunjungi? Atau mungkin punya destinasi wisata edukasi di Jakarta lainnya? Jangan lupa share juga di kolom komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "9 Tempat Wisata Edukatif Di Jakarta Agar Liburan Si Kecil Bermanfaat"
related post
Cara Menikah Beda Agama Di Indonesia, Memangnya Bisa?

Bagaimana sih cara menikah beda agama? Di Indonesia sendiri menikah beda agama memang cukup rumit. ... Lanjut Baca

Pahami Pentingnya Seputar Hubungan Suami Istri & Pernikahan Dari Muda

Banyak orang membayangkan tentang kehidupan pernikahan yang bahagia karena mereka merasa akan dapat menghabiskan waktu ... Lanjut Baca