9 Tanda Awal Kehamilan. Moms Sudah Tahu Belum?

Waktu Baca: 5 menitKamis, 04 April 2019 10:32 WIB
Tanda Awal Kehamilan
Sumber: Heathline.com

Hamil merupakan suatu fase kehidupan yang sangat dinanti para perempuan yang sudah menikah, terutama bila yang dinanti adalah kelahiran anak pertama. Terasa begitu mendebarkan setiap mengetahui haid telat dan mengeceknya dengan test pack. Pahamilah juga bahwa Moms tak sendiri, kok! Itu merupakan suatu perilaku wajar yang begitu mendambakan adanya kehidupan baru di dalam rahim Moms. Nah, agar Moms tak perlu cemas, ada baiknya Moms memahami terlebih dahulu berbagai tanda awal kehamilan yang bisa disadari sejak awal. Yuk ketahui 7 tanda awal kehamilan berikut yang sudah kami rangkumkan untuk Moms!

1. Kram Pada Perut

Kram pada perut adalah tanda awal kehamilan yang umumnya dirasakan setiap perempuan. Memang, kram ini sekilas terasa mirip ketika gejala menstruasi datang. Banyak juga Moms yang tidak menyadari kehamilannya di proses awal ini sehingga janin menjadi kurang nutrisi karena minimnya pengetahuan Moms. Jadi, sebaiknya Moms lebih peka untuk memahami perbedaan nyata antara kram karena kurang darah atau karena habis operasi agar ketika kram hamil datang, Moms bisa segera mempersiapkan diri untuk proses kehamilan dengan baik.

2. Merasakan Pusing Atau Sakit Kepala Yang Nyeri

Pada beberapa wanita, haid umumnya ditandai dengan pusing. Hal ini bisa dikarenakan kadar HB yang rendah pada saat haid. Namun, pusing dan sakit kepala bisa juga terjadi pada wanita di awal kehamilan. Pengaruh hormon dan peningkatan volume darah saat hamil membuat Moms akan mengalami pusing dan sakit kepala sekaligus. Jadi, meski kedua gejala ini adalah gejala umum dan sering terjadi, hendaknya Moms lebih waspada saat mengalami hal ini apalagi setelah telat haid, ya. Bisa jadi itu adalah tanda awal kehamilan yang dinanti-nanti oleh Moms!

3. Mulai Timbul Jerawat Di Wajah

jerawat tanda hamil
Sumber: Mombee.id

Masalah kulit yang satu ini memang masih jadi musuh besar wanita ya, Moms. Jerawat pada dasarnya muncul akibat produksi minyak yang berlebih, wajah yang tidak dibersihkan secara tuntas, hingga penggunaan kosmetik yang tidak cocok. Namun, Moms juga harus lebih peka jika jerawat yang jarang menyapa, lalu tiba-tiba tumbuh subur. Jerawat yang hadir di wajah ini juga bisa jadi pertanda kehamilan lho, Moms. Pada ibu hamil, jerawat akan tiba-tiba muncul karena pengaruh hormon.

4. Mood Yang Gampang Berubah-Ubah

Moms pasti pernah merasakan moodswing saat haid layaknya wanita pada umumnya sehingga ada anjuran bagi para suami agar bersikap hati-hati saat istrinya PMS. Akan tetapi, moodswing ini tak hanya terjadi kala wanita haid saja, Moms. Pada wanita hamil, selain perubahan fisik, terjadi juga perubahan suasana hati yang naik turun alias moodswing. Terutama pada masa-masa awal kehamilan nih, Moms akan mudah merasa sedih, lalu senang, tiba-tiba ingin marah, hingga berbagai perasaan tak nyaman lainnya. Jika Moms mengalami moodswing padahal sudah lewat jadwal haid, bersiap saja, siapa tahu itu adalah pertanda kehamilan. Segera cari alat tes kehamilan yang akurat.

5. Mulai Muncul Keputihan

Pada sebagian wanita, haid ditandai dengan munculnya keputihan terlebih dulu. Namun, jika Moms mengalami keputihan padahal sudah lewat jadwal haid tanpa ada sensasi gatal atau terbakar pada organ intim, hal itu bisa jadi salah satu tanda kehamilan tahap awal. Jangan panik ya, Moms! Keputihan pada awal kehamilan merupakan hal yang sangat wajar. Faktanya, keputihan yang keluar pada saat hamil berfungsi melindungi janin di dalam rahim dari infeksi.

6. Rasa Lelah Yang Sering Melanda Setiap Harinya

lelah karena hamil
Sumber: Pinterest.com

Jika Moms merasa mudah lelah saat beraktivitas harian, sebaiknya mulai berhati-hati. Bisa jadi itulah tanda awal kehamilan yang harus ditindaklanjuti segera. Kelelahan pada wanita hamil umumnya terjadi karena perubahan-perubahan pada tubuh akibat tumbuhnya janin di dalam rahim. Selain lelah, saat hamil muda, Moms juga akan mengalami kantuk yang tak biasa. Jadi, jika tanda lelah dan gampang mengantuk sudah menyapa juga beberapa tanda awal kehamilan lainnya di atas, maka bersiaplah Moms! Kemungkinan besar impian Moms akan segera terwujud. Segera beli alat tes kehamilan di apotik ya!

7. Payudara Mulai Terlihat Mengeras

Bagi sebagian wanita, saat haid, bagian payudaranya akan terasa sakit. Rasa nyeri itu diakibatkan peningkatan level hormon estrogen saat haid yang berdampak pada membesarnya saluran payudara. Nah, jika Moms mengalami hal ini dan tak ada tanda-tanda haid, sebaiknya berhati-hati, ya. Karena payudara mengeras dan membengkak bisa dikarenakan saluran ASI di dalam payudara mulai aktif untuk memproduksi ASI.

8. Penciuman Tajam

penciuman tajam usia hamil
Sumber: Healthline.com

Salah satu tanda awal kehamilan yang jarang terjadi pada wanita haid adalah semakin tajamnya penciuman. Moms akan lebih peka dan sensitif terhadap aneka bau menyengat, bahkan bau aroma parfum atau bau korek api gas sekali pun. Maka tak heran ya Moms, bila ada ibu hamil yang kurang nyaman ketika mencium bau tertentu sehigga merasa mual.

9. Merasakan Susah Buang Air Besar

Tanda awal kehamilan yang terakhir adalah sembelit atau susah buang air besar. Sembelit pada wanita di awal-awal kehamilan dikarenakan meningkatnya hormon progesterone. Pencernaan Moms akan terasa lebih lama bekerja dan menyebabkan sembelit. Selain itu, sebelum melanjutkan pemeriksaan ke dokter, alangkah baiknya Moms mengonsumsi makanan kaya serat terlebih dahulu untuk membantu agar pencernaan lebih lancar.

Nah, itulah tadi 9 tanda awal kehamilan yang patut Moms ketahui. Ingat, jika beberapa tanda di atas sudah Moms alami, segera beranikan diri untuk melakukan tes kehamilan mandiri, ya! Lebih cepat kehamilan diketahui, tentu saja lebih baik. Semoga bermanfaat!

Moms juga boleh meninggalkan komentar di bawah, tanda awal kehamilan apa saja yang Moms alami saat hamil anak pertama? Yuk saling share di komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "9 Tanda Awal Kehamilan. Moms Sudah Tahu Belum?"