9 Ragam Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Aman Dikonsumsi

Waktu Baca: 5 menitJum'at, 14 Juni 2019 13:08 WIB
Makanan Sehat Ibu Hamil
Sumber: K24Klik

Bayi lahir sempurna dan tumbuh cerdas? Mungkin inilah yang menjadi cita-cita setiap ibu hamil. Namun, bagaimanakah cara mendapatkan keturunan yang sehat, sempurna, serta cerdas? Salah satu cara yang bisa Moms lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Jenis atau ragam makanan yang baik untuk ibu hamil pun sangat beragam, baik dari sumber makanan hewani maupun nabati. Nah berikut ialah beberapa contoh makanan sehat dan aman yang perlu Moms konsumsi selama masa kehamilan.

1. Telur

telur untuk kesehatan
Sumber: IDN Times

Telur yang termasuk dalam kategori makanan hewani ini merupakan salah satu makanan dengan kandungan omega 3 tertinggi, sehingga sangat membantu tumbuh kembang janin dalam rahim. Selain itu, telur juga memiliki kandungan lain seperti zat besi, asam folat, serta kolin. Kolin sendiri berfungsi untuk memaksimalkan tumbuh kembang otak janin serta mengurangi resiko cacat saraf janin. Moms bisa mengonsumsi telur dengan cara direbus atau digoreng. Perlu diingat juga apabila Moms harus mengolah telur hingga matang sempurna sehingga tidak ada bakteri jahat yang dapat mengganggu tumbuh kembang janin.

2. Kacang-Kacangan

kacang-kacangan
Sumber: Inovasee

Beberapa jenis kacang seperti kacang panjang, kacang tanah, kacang merah, kedelai, dan sebagainya memiliki kandungan gizi yang begitu tinggi dan lengkap. Beberapa kandungan gizi yang terdapat pada kacang antara lain adalah zat besi, protein, folat, mineral, serat dan juga kalsium. Kombinasi kandungan gizi ini sangatlah berperan dalam menjaga pertumbuhan janin serta dapat mengurangi resiko bayi lahir prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

3. Ubi

ubi untuk hamil
Sumber: Sanggar Ilmu Indonesia

Siapa sangka makanan yang juga bisa menjadi pengganti nasi sebagai makanan utama ini termasuk salah satu makanan sehat untuk ibu hamil. Ya, kandungan vitamin B6, vitamin C, zat besi, potassium dan beta karoten pada ubi dapat membantu memaksimalkan tumbuh kembang janin. Selain berdampak langsung pada perkembangan mata, kulit, dan tulang, ubi juga dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh ibu hamil. Moms bisa mengkonsumsi ubi rebus atau goreng, disesuaikan dengan selera Moms.

4. Daging Tanpa Lemak

daging tanpa lemak
Sumber: Mamapapa.id

Sudah bukan rahasia lagi jika daging termasuk jenis sumber protein terbaik. Moms yang sedang dalam kondisi mengandung pun biasanya membutuhkan asupan protein dalam jumlah tinggi, sehingga sangat disarankan untuk banyak mengonsumsi daging. Namun ingat, jenis daging yang sebaiknya Moms konsumsi adalah daging tanpa lemak. Selain memiliki kandungan protein tinggi, makanan sehat untuk ibu hamil satu ini juga akan membantu suplai vitamin B6 pada tubuh bayi. Bahkan, di dalamnya juga terdapat kandungan B12 yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sel darah merah dan sistem saraf janin.

5. Oatmeal

oatmeal makahan sehat hamil
Sumber: Egg.ca

Jika biasanya Moms sarapan menggunakan nasi, maka selama kehamilan Moms bisa mengganti menu sarapan dengan oatmeal. Selain memiliki rasa yang lezat, oatmeal juga mempunyai kandungan gizi yang begitu tinggi. Ya, bahan makanan ini kaya akan protein serta vitamin B6 yang akan membantu tumbuh kembang bayi serta memberi energi lebih pada Moms. Menariknya, oatmeal juga sangat baik untuk mengurangi mual yang sering dialami Moms ketika masih dalam usia kehamilan trimester pertama.

6. Yogurt

yogurt sehat ibu hamil
Sumber: Modern Honey

Olahan susu ini juga wajib Moms konsumsi selama masa kehamilan. Jika dibandingkan dengan bahan pembuatnya, yogurt memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi. Terlebih lagi yogurt juga mempunyai kandungan zat besi dan vitamin B yang menjadikannya wajib dikonsumsi wanita dengan kebutuhan gizi tinggi. Perlu Moms ketahui juga bahwa selama masa kehamilan Moms membutuhkan 1000 mg kalsium per hari demi menghindari bayi lahir prematur. Kebutuhan kalsium ini bisa Moms dapatkan dengan banyak mengonsumsi yogurt yang juga sekaligus bisa mengurangi resiko osteoporosis akibat beban perut yang terlalu berat.

7. Salmon

ikan salmon untuk otak anak
Sumber: IDN Times

Jenis ikan yang banyak disajikan bersama sushi ini juga merupakan makanan sehat untuk ibu hamil. Akan tetapi, pengolahan ikan salmon yang baik untuk ibu hamil ialah dengan dimasak matang, sehingga tidak beresiko mengandung bakteri salmonella. Beberapa kandungan gizi yang bisa Moms dapatkan dari ikan berdaging merah muda ini ialah omega-3 dan protein. Kandungan asam lemak omega-3 atau DHA dan EPA pada ikan salmon dapat membantu perkembangan otak serta meningkatkan keterampilan motorik bayi nantinya. Banyak mengkonsumsi ikan salmon juga akan membantu Moms memiliki buah hati dengan IQ tinggi.

8. Bayam

bayam sehat
Sumber: Primarasa

Makanan kaya zat besi lain yang harus Moms konsumsi selama masa kehamilan ialah bayam. Tingginya zat besi pada sayuran hijau ini akan membantu mengirim oksigen ke sel-sel otak janin sehingga pertumbuhan dan perkembangannya lebih terjamin. Moms bisa mengolah bayam menjadi berbagai masakan lezat sesuai dengan selera. Namun, pastikan jika Moms tidak mengonsumsi bayam yang sudah dimasak lebih dari 6 jam ya!

9. Alpukat

alputak bergizi
Sumber: Reps Indonesia

Siapa sih yang tak suka dengan buah bertekstur lembut satu ini? Selain memiliki rasa yang lezat, alpukat juga memiliki segudang manfaat untuk ibu hamil. Tingginya kandungan lemak nabati pada alpukat dapat membantu memenuhi kebutuhan energi Moms dan janin. Fakta lainnya, buah alpukat juga memiliki kandungan vitamin B, E dan K yang cukup tinggi. Untuk pengolahannya sendiri, Moms bisa membuat jus, salad atau alpukat sebagai isian sandwich.

Yuk perbanyak konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil yang sudah disebutkan di dalam artikel ini! Dengan begitu, Moms dan si janin pun akan mendapatkan asupan vitamin yang cukup. Moms juga boleh berbagi pengalaman di kolom komentar mengenai berbagai makanan andalan yang menemani perjalanan masa kehamilan atau bagikan artikel ini ke Moms lainnya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "9 Ragam Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Aman Dikonsumsi"
related post
Jenis-jenis Makanan Untuk Ibu Hamil Muda Yang Baik Untuk Janin Bayi

Asupan nutrisi memang sangat dibutuhkan untuk Moms yang saat ini sedang berbadan dua, terlebih lagi ... Lanjut Baca

Peralatan MPASI Untuk Bayi Setelah Moms Tidak Menyusui Lagi

Apabila usia bayi sudah mendekati 6 bulan, Moms sudah perlu segera mempersiapkan peralatan MPASI, nih! ... Lanjut Baca

Daftar Makanan Yang Dilarang Ibu Hamil, Harus Dihindari Ya Moms!

Untuk Ibu hamil menjaga pola makan sangat penting, karena apapun makanan yang masuk lewat mulut ... Lanjut Baca