9 Persiapan Menjelang Persalinan Yang Wajib Dads Ketahui!

Waktu Baca: 4 menitSabtu, 30 Maret 2019 10:14 WIB
Persiapan Persalinan
Sumber: Unsplash.com

Siapa sih yang tidak menginginkan kehadiran sang buah hati di tengah-tengah keluarganya? Pastinya ini menjadi salah satu momen membanggakan dan ditunggu-tunggu oleh HappyFams, bukan? Namun, sudahkah Dads mengetahui 9 persiapan penting menjelang persalinan berikut ini? Penting lho untuk mengetahui persiapan menjelang persalinan, apalagi ini adalah pertama kalinya kalian akan memiliki seorang anak. Mari simak dan bagikan artikel ini dengan Moms!

1. Jadilah Suami dan Ayah Yang Siaga

Istri dan calon bayi akan lebih membutuhkan kehadiranmu lho, Dads! Faktanya, ibu yang sedang hamil sangat mudah sekali mengalami yang namanya mood swing yang pastinya akan sedikit merepotkan. Jangan keburu kesal ya, Dads! Pahamilah bahwa kondisi seperti ini terjadi akibat hormonal yang akan selalu turun naik selama masa kehamilan. Jadi, jangan salahkan sang istri jika ia mulai mengidam dan menginginkan hal yang sedikit aneh ya, Dads! Cobalah untuk menuruti apa yang diinginkan oleh sang istri ketika hamil. Walaupun Dads memiliki pekerjaan yang harus dikerjakan, tapi cobalah untuk menjadi suami yang siaga. Sebisa mungkin jangan lewatkan komunikasi setiap harinya dengan sang istri tercinta mengenai perkembangan fase kehamilannya.

2. Pantau Kesehatan Calon Bayi dan Sang Ibu

Bukan hal yang mustahil jika sang bayi dan ibu mengalami banyak masalah kesehatan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk selalu melakukan pemantauan baik secara manual maupun menggunakan bantuan dokter. Juga sangat disarankan rutin memantau kesehatan dan perkembangan bayi dari trimester pertama untuk mengoptimalkan persiapan menjelang persalinan ini. Walaupun mungkin tidak ada keluhan yang berarti, tapi pemantauan yang rutin oleh dokter maupun secara manual itu penting lho, Dads!

3. Memproses Cuti Melahirkan

proses cuti melahirkan
Sumber: Rawpixel.com

Biasanya, jika Dads sering menemani Moms kontrol hamil ke dokter, maka Dads akan mendapatkan perkiraan hari lahir yang biasa dijadikan acuan bagi para orangtua. Calon anak yang akan lahir tentu tidak akan jauh dari perkiraan hari lahir tersebut. Nah, bagi Dads yang sibuk bekerja apalagi yang susah mendapatkan libur, maka rencanakanlah terlebih dahulu cuti lahiran. Ini sangat perlu dalam sebuah persiapan menjelang kelahiran. Karena, istri tentunya ingin didampingi oleh suami dan keluarga terdekat. Tidak ada salahnya meluangkan waktu demi bertemu sang calon buah hati, bukan?

4. Persiapan Asuransi Kesehatan dan Biaya Tidak Terduga

Biasanya, ada banyak pihak asuransi yang akan menawarkan untuk menggunakan asuransi kesehatan. Terutama jenis asuransi yang akan memberikan jaminan perlindungan terhadap ibu hamil hingga melahirkan. Dads bisa memilih jenis asuransi terbaik dan menggunakannya. Tapi, tentu saja Dads juga harus menyiapkan jauh-jauh hari tabungan untuk biaya dadakan sebelum maupun sesudah melahirkan. Dana ini sebaiknya ditabung semenjak trimester pertama ya, Dads! Mempersiapkan dari awal lebih baik daripada tidak ada persiapan sama sekali, bukan?

5. Informasikan Hari Perkiraan Lahir Dengan Anggota Keluarga

Nah, ini juga termasuk salah satu persiapan menjelang kelahiran yang sangat penting lho, Dads! Walaupun sudah ada perkiraan lahiran, tapi kita tidak tahu kapan pastinya, bukan? Cobalah informasikan kepada keluarga terdekat, kepada ibu atau ibu mertua misalnya. Biarkan istri ditemani sebelum proses melahirkan setidaknya seminggu sebelum perkiraan hari lahir. Ini akan memberikan dukungan mental dan membuat istri menjadi lebih merasa aman dan terjaga.

6. Siapkan Barang Bawaan Untuk Melahirkan

barang bawaan melahirkan
Sumber: Unsplash.com/Dan Gold

Daripada Dads harus buru-buru menyiapkan segala keperluan untuk melahirkan pas masa lahiran. Lebih baik Dads mengemas dan memantapkan semua keperluan yang harus digunakan nantinya. Biasanya, melahirkan di rumah sakit lebih dianjurkan, karena kelengkapan peralatan yang digunakan. Jadi, cobalah menyiapkan handuk, baju istri dan keperluan lainnya yang diperlukan. Ini akan memudahkan jika nantinya Dads harus terburu-buru ke rumah sakit, lho. Siapkan tas darurat jelang proses lahiran agar lebih mudah saat nanti hendak beranjak pergi ke rumah bersalin.

7. Pengurusan Administrasi Rumah Sakit

Pengurusan lebih awal untuk masalah administrasi rumah sakit akan memberikan keuntungan ganda. Dimana istri akan bisa lebih fokus untuk melahirkan dan tidak terburu-buru. Cobalah menginap setidaknya sehari sebelum hari perkiraan lahir. Jadi, Dads dan Moms bisa melakukan banyak hal yang diperlukan tanpa harus buru-buru dan mengakibatkan hal yang tidak baik bagi calon bayi nantinya. Membantu istri untuk lebih tenang dan rileks juga akan mempermudah persalinan. Cobalah untuk memperbanyak bacaan dan informasi seputar kehamilan, persalinan dan pasca melahirkan saat fase kehamilan istri.

8. Membeli Peralatan Untuk Bayi

Baik peralatan yang akan digunakan nantinya setelah lahir di rumah sakit dan untuk di rumah, Dads harus menyiapkan semuanya. Baik itu box bayi, pakaian, dan keperluan sang ibu juga. Ini sangat penting disiapkan semenjak awal lho, Dads! Dan sangat disarankan untuk menyiapkannya setidaknya dua minggu sebelum perkiraan lahiran. Jadi, ketika sang bayi sudah lahir, Dads dan keluarga tidak lagi sibuk mencari peralatan tersebut. Keluarga akan lebih fokus pada kelahiran dan kesehatan ibu dan sang bayi.

9. Fokuskan Pada Pengawasan Kondisi Bayi dan Ibu

pengawasan kondisi ayah dan ibu
Sumber: Unsplash.com/Alex Pasarelu

Biasanya, saat kelahiran sang bayi, keluarga hanya akan fokus pada hadirnya bayi tersebut. Jadi, tugas Dads sebagai suami dan ayah adalah memastikan Moms dan bayi sedang dalam kondisi keadaan yang baik. Jangan hanya terpaku dan fokus pada bayi saja ya, Dads! Perhatikan juga keadaan Moms setelah melahirkan. Apalagi jika ada banyak anggota keluarga lain yang bisa melakukan penjagaan secara bergantian. Karena, dalam proses kelahiran, ada banyak masalah dan kondisi medis yang bisa memperburuk keadaan ibu tanpa disadari. Mental ibu dan fisiknya pasti lebih lemah setelah melahirkan. Apalagi jika misalnya ibu harus melahirkan dengan cara operasi caesar.

Demikianlah 9 persiapan menjelang persalinan yang harus Dads ketahui. Jangan sampai Moms dan sang bayi menjadi beresiko karena kelalaian Dads, ya! Jangan lupa bagikan artikel ini juga kepada para Dads lainnya agar lebih siap menjelang proses kelahiran Moms ya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "9 Persiapan Menjelang Persalinan Yang Wajib Dads Ketahui!"
related post
Tipe-Tipe Ibu Muda Di Rumah Saat Masa Karantina Wabah Penyakit Corona

happinest.id - Hampir sebagian besar negara di penjuru dunia sedang menghadapi wabah virus corona, termasuk ... Lanjut Baca