9 Makanan MPASI Bayi Cerdas, Moms Sudah Tahu?

Waktu Baca: 3 menitJum'at, 16 Agustus 2019 11:00 WIB
9 Makanan Mpasi Bayi Cerdas, Moms Sudah Tahu
Sumber: Pixabay.com/Pexels

Memasuki usia mulai dari 6 bulan, bayi sudah bisa diberikan MPASI atau yang merupakan singkatan dari makanan pendamping ASI. Berbagai kreasi bisa Moms lakukan untuk memasak MPASI yang tidak hanya lezat tapi bisa mencerdaskan bayi. Tidak hanya mempelajari mengenai bahan makanan yang bisa disukai si kecil, Moms juga harus membuat MPASI terlihat menarik dan dibutuhkan nutrisinya. Ada 9 bahan makanan MPASI bayi cerdas yang pastinya bisa bikin si kecil bertumbuh menjadi anak yang brillian. Catat nih ya, Moms!

1. Olah Buah Alpukat Jadi Menu MPASI Agar Anak Cerdas Yuk Moms

Olah Buah Alpukat Jadi Menu MPASI Agar Anak Cerdas Yuk Moms
Sumber: Unsplash.com/Alison Marras

Bahan pertama yang bisa Moms olah menjadi menu MPASI untuk anak cerdas adalah alpukat. Alpukat kaya akan gizi yang mengandung vitamin, mineral, hingga lemak. Moms bisa mengolahnya menjadi potongan kecil agar lebih mudah dikonsumsi si kecil setelah sedikit dihaluskan. Bisa juga dimasak menjadi bubur alpukat. Kandungan di dalam alpukat sangat baik untuk merangsang perkembangan sel otak lebih maksimal juga lho.

2. Moms, Telur Juga Bisa Menjadi Menu MPASI Bikin Anak Cerdas Lho

Moms, Telur Juga Bisa Menjadi Menu MPASI Bikin Anak Cerdas Lho
Sumber: Unsplash.com/Eiliv Sonas Aceron

Tidak kalah penting kandungan dalam telur yang diolah menjadi MPASI agar anak cerdas pun sangat tinggi. Telur memiliki kandungan kolin dan DHA yang bisa membuat bayi lebih berkembang otaknya dan bisa menjalankan fungsinya lebih maksimal. Moms bisa mengolah telur menjadi telur ceplok atau dengan direbus hingga matang menjadi menu MPASI.

3. Jangan Lupa Gunakan Sayuran Hijau Menjadi Salah Satu Menu MPASI Ya Moms

Jangan Lupa Gunakan Sayuran Hijau Menjadi Salah Satu Menu MPASI Ya Moms
Sumber: Pixabay.com/Mapple Horizons

Moms juga bisa menggunakan beraneka ragam sayuran hijau menjadi MPASI agar bayi cerdas ya. Sayuran hijau ini sangat kaya akan antioksidan, jadi pertumbuhan dan perkembangan sel-sel pada otak si bayi bisa lebih cepat dan signifikan Moms. Memang sulit sekali membuat si kecil mau mengonsumsi sayuran hijau. Namun jika sudah dibiasakan menjadi MPASI untuk anak cerdas sejak dini, mereka pun tidak lagi rewel ketika besar nanti harus mengonsumsi sayur.

4. Keju Pun Juga Bermanfaat Menjadi Menu MPASI Agar Bayi Cerdas Nih Moms

Keju Pun Juga Bermanfaat Menjadi Menu MPASI Agar Bayi Cerdas Nih Moms
Sumber: Pixabay.com/Mapple Horizons

Tahukah Moms bahwa keju pun sangat baik untuk perkembangan otak bayi menjadi lebih cerdas? Dalam keju terkandung asam lemak linoleat dan linolenat yang berfungsi untuk mendukung perkembangan sel saraf dan otak. Itulah mengapa keju juga menjadi menu MPASI bikin anak cerdas yang sangat direkomendasikan untuk dicoba di rumah ya Moms.

5. Moms Bisa Juga Gunakan Pisang Menjadi Bahan Utama MPASI Si Kecil Ya

Moms Bisa Juga Gunakan Pisang Menjadi Bahan Utama MPASI Si Kecil Ya
Sumber: Unsplash.com/Lex Sirikiat

Siapa yang tidak tahu kan kalau pisang memiliki sangat banyak manfaat untuk manusia. Bahkan untuk perkembangan bayi menjadi lebih cerdas pun, pisang memiliki peran yang besar. Jika Moms mengolah pisang menjadi menu MPASI agar anak cerdas, maka Moms telah memberikan asupan nutrisi mineral yang sangat tinggi untuk mendukung perkembangan otak si kecil.

6. Jangan Sepelekan Manfaat Ubi Ya Moms, Olah Jadi MPASI Sangat Bermanfaat Lho

Jangan Sepelekan Manfaat Ubi Ya Moms, Olah Jadi MPASI Sangat Bermanfaat Lho
Sumber: Pixabay.com/Mapple Horizons

Satu lagi bahan yang mungkin tidak Moms kira, ternyata bisa menjadi MPASI untuk anak cerdas lho. Ubi apapun jenisnya, bisa Moms olah menjadi MPASI agar anak cerdas dan lebih aktif lho Moms. Silahkan olah ubi ini dengan campuran beberapa jenis buah agar lebih manis dan lebih disukai oleh si kecil. Jadi menu MPASI agar anak cerdas yang Moms siapkan tidak itu-itu saja dan menjadi membosankan. Yuk eksperimen dengan menu ubi ini, Moms!

7. Bisa Juga Lho MPASI Menggunakan Bahan Daging yang Digiling Halus

Bisa Juga Lho MPASI Menggunakan Bahan Daging yang Digiling Halus
Sumber: Unsplash.com/Klara Avsenik

Walaupun kandungan vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh bayi untuk mengembangkan otaknya menjadi lebih cerdas, Moms tidak boleh melupakan fungsi protein. Pastikan Moms gunakan daging yang digiling halus sebagai salah satu menu MPASI agar anak cerdas. Daging memiliki kandungan protein yang tinggi dan membuat bayi pun menjadi lebih enerjik.

8. Yuk Moms Kita Olah Labu Kuning Jadi MPASI untuk Anak Cerdas

Yuk Moms Kita Olah Labu Kuning Jadi MPASI untuk Anak Cerdas
Sumber: Pixabay.com/Mapple Horizons

Moms tahu apa saja kandungan dalam labu kuning? Labu kuning ternyata mengandung sangat banyak jenis vitamin dalam satu buah lho, ada vitamin A, B, dan C. Tidak hanya itu sangat banyak juga kandungan mineral di dalamnya. Sehingga labu kuning bisa Moms jadikan salah satu menu MPASI agar bayi cerdas. Yuk cobain resep yang satu ini, Moms!

9. Tambahkan Olahan Buah Beri Yuk Pada MPASI Si Bayi

Tambahkan Olahan Buah Beri Yuk Pada MPASI Si Bayi
Sumber: Pixabay.com/Mapple Horizons

Sebenarnya berbagai jenis buah bisa digunakan sebagai bahan MPASI bikin anak cerdas. Namun jangan lupa untuk menggunakan buah beri sebagai salah satu bahan yang rutin digunakan ya, Moms. Buah beri sangat kaya akan antioksidan dan baik untuk membuat otak bayi berkembang menjadi lebih cerdas.

Nah, itu dia Moms, beberapa menu MPASI bayi cerdas yang bisa dicoba sendiri di rumah. Semua proses pembuatannya sama sekali tidak menyulitkan kok Moms! Apakah Moms punya ide sendiri tentang menu MPASI lain untuk bayi lebih cerdas, yuk share di komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "9 Makanan MPASI Bayi Cerdas, Moms Sudah Tahu?"
related post
Cara Menghilangkan Bintik Merah Pada Kulit Bayi Baru Lahir, Catat Moms

Bayi baru lahir memiliki kulit yang sangat tipis dan sangat sensitif dibandingkan dengan orang dewasa. ... Lanjut Baca

Anak Bayi Baru Lahir Cegukan Terus Kenapa Ini Bisa Terjadi?

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami cegukan. Namun apakah normal apabila cegukan dialami oleh bayi ... Lanjut Baca

Tahap Perkembangan Bayi Dari Bulan Ke Bulan Sampai Usia Satu Tahun

Setelah lahir, bayi akan menunjukan perkembangan yang amat pesat terutama di masa tahun pertama hidupnya. ... Lanjut Baca