9 Makanan Agar Anak Gemuk Sehat. Tambahkan Dalam Menu Si Kecil Ya Moms

Waktu Baca: 4 menitSabtu, 27 Juli 2019 11:00 WIB
9 Makanan Agar Anak Gemuk Sehat
Sumber: Healthbeckon.com

happinest.id - Buah hati bisa makan dengan lahap menjadi keinginan setiap orangtua agar anak sehat tanpa obat penambah nafsu makan. Moms tentu salah satu dari ibu muda lainnya yang menginginkan si kecil jadi anak gemuk sehat, bukan? Untuk mewujudkannya, ada jenis makanan super yang bisa Moms jadikan menu harian si kecil. Kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi lainnya tentu sangat baik untuk masa tumbuh kembang si kecil.

Ingat juga, si kecil hanya boleh diberikan makanan pendamping ASI setelah berusia 6 bulan. Pada usia inilah, organ pencernaan si kecil mulai sempurna. Ia mulai bisa memproses makanan yang halus dan lembut. Bila sudah memasuki usia 6 bulan, Moms bisa memberikan si kecil MPASI dengan variasi menu dari 9 makanan agar anak gemuk sehat ini. Catat ya, Moms! Inilah daftar makanan yang bernutrisi tinggi agar anak gemuk dan tinggi pertumbuhannya.

1. Tidak Perlu Diragukan Lagi, Brokoli Mengandung Banyak Nutrisi Dan Serat

Makanan agar anak gemuk sehat Brokoli Mengandung Banyak Nutrisi Dan Serat
Sumber: Simplyrecipes.com

Sayuran hijau yang satu ini sangat baik untuk dijadikan sebagai tambahan menu makanan si kecil. Brokoli mengandung banyak serat, folat, dan kalsium yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Moms bisa menyajikannya dengan memotong brokoli menjadi lebih kecil dulu, lalu mengukusnya hingga lembut. Kalau si kecil masih makan makanan lembut Moms bisa haluskan dengan food processor, ya.

2. Praktis Dibawa Kemana-Mana, Pisang Bisa Menjadi Menu Sehat Si Kecil

Makanan agar anak gemuk sehat Pisang, Praktis Dibawa Kemana-mana
Sumber: Healthyeating.sfgate.com

Buah pisang memang mudah disajikan, selain itu buah yang satu ini juga praktis untuk dibawa ke mana-mana. Kandungan karbodidrat dan serat yang tinggi di dalam buah pisang juga baik untuk pertumbuhan bayi. Jika Moms, ingin memberikan super food ini kepada si buah hati, pastikan untuk memilih pisang yang matang. Moms juga bisa mengerok atau menghaluskannya terlebih dahulu, jika si kecil belum tumbuh gigi. Namun jika si anak sudah bisa mengunyah, cukup potong dalam ukuran yang kecil agar si kecil lebih mudah memakannya.

3. Ubi, Rasanya Yang Manis Pasti Disukai Oleh Si Buah Hati

Makanan agar anak gemuk sehat Ubi, Rasanya Yang Manis Pasti Disukai Anak
Sumber: Sinarharapan.net

Ubi juga jadi salah satu makanan yang bisa membuat anak gemuk dan sehat. Apalagi bahan ubi juga mudah ditemukan di pasar maupun supermarket dengan harganya yang terjangkau. Ubi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, beta karoten, serat, kalium, zat besi, hingga antioksidan. Rasanya yang manis pasti akan disukai si kecil. Moms bisa menyajikannya dengan mengukus ubi terlebih dahulu, setelah itu ditumbuk atau diblender hingga menjadi bubur.

4. Kaya Akan Lemak Sehat, Alpukat Bisa Menjadi Menu Sehat Bagi Si Kecil

Makanan agar anak gemuk sehat Alpukat, Kaya Akan Lemak Sehat
Sumber: Hellosehat.com

Buah yang kaya akan lemak sehat ini bukan hanya membuat anak gemuk sehat, namun juga mampu menunjang perkembangan otak anak. Buah yang satu ini juga bisa menjadi sumber kalori bagi si kecil lho, Moms. Menariknya, buah ini memiliki komposisi lemak yang hampir sama dengan ASI, selain itu alpukat juga mengandung protein yang tinggi, sehingga baik untuk pertumbuhan anak. Kandungan yang ada di dalam buah alpukat inilah yang mampu menjadikan anak gemuk dan sehat. Moms, bisa memilih buah alpukat yang matang pada si kecil, namun jangan memberikannya dalam porsi banyak ya, Moms karena buah ini akan membuat sang buah hati lebih cepat merasa kenyang.

5. Warnanya Yang Menarik, Wortel Pasti Menggugah Nafsu Makan Anak

Makanan agar anak gemuk sehat Wortel Pasti Menggugah Nafsu Makan Anak
Sumber: Pexels.com/Mali Maeder

Moms pasti akrab sekali dengan sayuran yang satu ini, bukan? Selain memiliki rasa yang sedikit manis wortel juga memiliki warna cerah sehingga tampak lebih menarik ketika disajikan. Wortel mengandung beta karoten yang sangat baik untuk perkembangan dan juga penglihatan si kecil. Moms bisa menyajikannya dengan mengukus wortel hingga matang terlebih dahulu, lalu dihaluskan atau bisa juga dengan mencampurkannya ke dalam bubur bayi.

6. Si Orange, Jeruk Baik Untuk Mendukung Pertumbuhan Tulang Anak

Makanan agar anak gemuk sehat Jeruk Baik Untuk Mendukung Pertumbuhan Tulang
Sumber: Pxhere.com

Pasti Moms sudah sangat familiar dengan yang kaya akan vitamin C ini, yups jeruk! Kandungan vitamin C yang tinggi, membuat jeruk dapat mendukung pertumbuhan tulang, dan pembentukan otot juga jaringan tubuh lainnya. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi dari makanan jadi lebih optimal, serta menjaga cairan dalam tubuh tetap seimbang. Sebelum memberikannya kepada si kecil, jangan lupa untuk memastikan buah jeruk tersebut manis ya, Moms agar si kecil tidak menolak karena rasa asamnya.

7. Akrab Sebagai Bahan Makanan Di Dapur, Telur Juga Penting Untuk Pertumbuhan Anak

Makanan agar anak gemuk sehat Telur Juga Penting Untuk Pertumbuhan Anak
Sumber: Food.detik.com

Memiliki kandungan utama berupa protein, zinc, folat, dan beberapa jenis vitamin, telur menjadi salah satu jenis makanan yang baik untuk pertumbuhan anak. Kuning telur mengandung kolin dan omega 3 yang memiliki peran cukup penting untuk perkembangan otak anak. Namun, jika si kecil memiliki riwayat alergi atau risiko terkenal alergi, sebaiknya Moms berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memasukkan telur sebagai menu makanannya.

8. Tak Perlu Ditanyakan Lagi, Daging Adalah Salah Satu Sumber Protein Bagi Buah Hati

Makanan agar anak gemuk sehat Daging Adalah Sumber Protein
Sumber: Hellosehat.com

Baik daging sapi, ayam, maupun ikan adalah sumber protein, zat besi, zinc, dan omega 3 yang bagus untuk si kecil. Untuk memastikan anak tumbuh dan berkembang dengan optimal, penting sekali untuk memasukkan daging ke dalam daftar menu makanan si kecil dengan teratur ya, Moms. Namun, jika ingin menyajikannya kepada bayi pastikan daging telah dihaluskan. Moms juga bisa mencampur daging dengan sayuran yang telah dihaluskan, lho. Yummy!

9. Selain Menjadi Pengganti Nasi, Kentang Juga Baik Loh Dikonsumsi Si Kecil

Makanan agar anak gemuk sehat Kentang, Salah Satu Sumber Karbohidrat Selain Nasi
Sumber: Simplelifebykels.com

Kentang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang sangat populer sebagai bahan masakan. Tidak hanya baik bagi orang yang berdiet saja, namun juga bagus untuk dikonsumsi si kecil. Kandungan asam amino seperti arginin dan glutamin dalam kentang bisa menaikkan berat badan si kecil lho, Moms. Jadi tambahkan kentang juga ya Moms ke dalam menu harian si kecil.

Itulah 9 jenis sumber makanan yang baik bagi tumbuh kembang si kecil, Moms. Nah, agar berat badan si kecil terus naik dan jadi anak sehat dan bahagia, Moms bisa memvariasikan menu di atas untuk makanan si kecil di rumah. Apakah Moms juga punya daftar makanan lain agar anak tumbuh sehat dan gemuk? Bagikan yuk di kolom komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "9 Makanan Agar Anak Gemuk Sehat. Tambahkan Dalam Menu Si Kecil Ya Moms"
related post
Makanan Simple Dari Telur Dan Mie Instant Untuk Moms Kreasi Memasak

happinest.id - Memikirkan olahan sehari-hari untuk keluarga merupakan salah satu tanggung jawab Moms di rumah. ... Lanjut Baca

Pengaruh Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Anak-Anak

happinest.id - Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) bukan sesuatu yang asing bagi sebagian besar masyarakat. ... Lanjut Baca

Kamar Anak Tak Selalu Dominasi Pink Dan Biru, Warna Ini Juga Bagus

Menurut Dads, apa warna cat terbaik untuk kamar anak? Pasti kebanyakan memilih pink untuk kamar ... Lanjut Baca