9 Jenis Pekerjaan Yang Akan Hilang Di Situasi Covid-19

Waktu Baca: 3 menitSenin, 29 Juni 2020 07:45 WIB
Pekerjaan Akan Hilang
Sumber: restoringlivesproject

happinest.id - Merebaknya pandemi virus corona turut berimbas pada sektor pekerjaan. Hasilnya beberapa mata pencahariaan terancam tidak bisa beroperasi selama masa pandemi ini. Nah 9 bidang berikut ini diperkirakan menjadi pekerjan hilang akibat situasi covid-19. Yuk simak jangan sampai salah satunya adalah pekerjaan HAPPYfams.

1. Sopir Angkutan Umum

Bidang Pekerjaan Hilang
Sumber: pexels.com/Sinobu

Pada urutan pertama pekerjaan yang terancam selama masa pandemi ada sopir angkutan umum. Mulai dari sopir angkot, bus, taxi, ataupun jasa online. Rasanya sudah cukup jelas sekali ya, HAPPYfams mengapa pekerjaan satu ini begitu terancam.

Merebaknya kasus corona mengakibatkan masyarakat harus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Akibatnya intensitas bepergian akan semakin berkurang, sehingga kebutuhan transportasi ikut menurun juga. Jadi, sebaiknya yang berprofesi sebagai sopir segera mencari alternatif baru.

2. Buruh Pabrik

Pekerjaan Yang Akan Hilang
Sumber: pexels.com/Kateryna Babaieva

Bidang pekerjaan yang akan hilang berikutnya adalah buruh pabrik. Hal ini tentu sangat familiar sebab para buruh kerap melakukan aksi demonstrasi terkait pekerjaan mereka selama masa pandemi, HAPPYfams. Apalagi menjelang hari raya bulan lalu.

Hilangnya pekerjaan buruh pabrik disebabkan oleh perusahaan yang tutup akibat protokol kesehatan covid-19 untuk memutus rantai penularan wabah corona. Situasi ini tentu saja juga tidak lepas demi kesehatan dan keselamatan dari para buruh pabrik sendiri.

3. Pekerja di Sektor Penerbangan

Pekerjaan Hilang
Sumber: unsplash.com/Abby Rahim

Pekerjaan berikutnya yang juga terancam akibat masa pandemi di tahun 2020 ini adalah pekerja di sektor penerbangan. Beberapa waktu lalu bahkan akses penerbangan di beberapa wilayah dihentikan secara total untuk mengatasi kasus corona yang terus melonjak tinggi.

Meski begitu beberapa pekan terakhir jalur penerbangan sudah kembali dibuka berdasarkan berita yang beredar. Hanya saja HAPPYfams tentu juga tahu kalau wacana itu menuai banyak polemik di kalangan masyarakat. Ada yang merasa keputusan itu kurang bijak melihat kasus yang terus bertambah.

4. Pemilik Bisnis Usaha Mikro Kecil

Jenis Pekerjaan Akan Hilang
Sumber: pixabay.com/Free-Photos

Pemilik Usaha Mikro Kecil atau UKM juga terancam merasakan dampak yang cukup berarti akibat wabah virus corona. Sama seperti penutupan pabrik, bidang usaha ini juga harus mengikuti protokol kesehatan pandemi untuk menghentikan aktivitas sementara sampai keadaan membaik.

UKM yang berada di bawah naungan Kementerian Koperasi dan UKM pernah menyatakan beberapa waktu lalu bahwa sudah lebih dari 21 UKM dan koperasi yang mengeluh, HAPPYfams. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus mengalami peningkatan.

5. Sektor Pariwisata

Bidang Pekejaan Yang Akan Hilang
Sumber: unsplash.com/Afifi Kusuma

Sektor pariwisata juga menjadi salah satu bidang pekerjaan yang akan hilang dalam masa pandemi saat ini. Pariwisata mencakup tempat hiburan, situs bersejarah, hingga penginapan. Bahkan setelah keadaan mulai membaik, sektor ini mungkin tetap belum bisa berjalan seperti semula.

Suatu penelitian menyatakan bahwa selama pandemi corona perjalanan internasional tahun 2020 mengalami penurunan sebanyak 25 persen dari biasanya, HAPPYfams. Alhasil lokasi wisata terpaksa harus tutup karena kurangnya pengunjung dan mengikuti kebijakan pandemi.

6. Sales

Pekerjaan Hilang 2020
Sumber: unsplash.com/Austin Distel

Pekerjaan berikutnya yang terancam tahun ini adalah sales. HAPPYfams tentu sudah paham bagaimana metode kerja sales yang mengharuskan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan calon pelanggan. Bisa dibayangkan apakah hal itu masih terjadi jika pembatasan sosial berlaku?

Akibatnya pekerjaan sebagai sales harus mulai bersiap-siap untuk menghadapi kenyataan. Misalnya mencari ide pekerjaan yang menghasilkan dari rumah. Dengan begitu meski kehilangan pekerjaan, sales tetap bisa memperoleh penghasilan dengan jalan lain.

7. Tukang Ojek

Pekerjaan Hilang Akibat CoronaSumber: Tr.pinterest.com

Tukang ojek juga menjadi profesi yang rentan hilang selama merebaknya wabah corona tahun ini. Baik itu ojek offline ataupun online. Bahkan HAPPYfams mungkin sudah tahu kalau perusahaan transportasi online saat ini juga mengeluarkan kebijakan untuk menghentikan aktivitas driver.

Meski begitu masih ada alternatif lain yang sebenarnya cukup membantu bagi para driver online. Apalagi kalau bukan jasa pengantaran makanan dan pengiriman barang. Hal ini menjadi kelebihan sendiri bagi tukang ojek online. Jadi meski tidak ada penumpang, mereka tetap bisa mendapat penghasilan.

8. Sektor Transportasi Kereta Api

Pekerjaan Hilang Di 2020
Sumber: unsplash.com/Madeleine Ragsdale

Sektor berikutnya yang terancam pekerjaan hilang 2020 adalah di bidang transportasi kereta api. Tidak jauh berbeda dengan para sopir dan sektor penerbangan yang harus ikhlas kehilangan pekerjaan, maka semua pihak yang berkaitan dengan sektor ini juga perlu bersiap.

Selama masa pandemi transportasi antarkota atau lintas provinsi akan ditutup sementara. Hal itu berimbas pada akses kendaraan termasuk kereta api yang terpaksa harus dihentikan. Apabila sektor ini tutup maka petugas stasiun hingga pengendara kereta api tentu akan kena dampaknya.

9. Pedagang

Pekerjaan Hilang Covid 19
Sumber: pexels.com/Clem Onojeghuo

HAPPYfams banyak yang percaya bahwa pekerjaan sebagai pedagang juga sangat rentan untuk kehilangan mata pencaharian selama penularan virus covid-19. Tidak terkecuali pedagang di pasar atau kaki lima besar kemungkinan akan merasakan dampaknya.

Pasar-pasar akan ditutup dan jika dibuka tetap harus mematuhi aturan social distancing. Begitu pula yang terjadi pada pedagang kaki lima. Akan tetapi pekerjaan ini tetap bisa menghadapi situasi dengan membuka jasa penjualan online dengan pengantaran.

Nah itulah sederet pekerjaan akan hilang akibat adanya virus corona, HAPPYfams. Adakah satu di antara pekerjaan tersebut yang merupakan Sumber pencaharian HAPPYfams? Jangan lupa juga untuk meninggalkan kritik, komentar, ataupun tanggapan di kolom komentar seputar artikel kali ini ya.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "9 Jenis Pekerjaan Yang Akan Hilang Di Situasi Covid-19"
related post
7 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Dengan Pola Hidup Seimbang

happinest.id - Kian hari jumlah positif virus corona terus bertambah. Bahkan pemerintah sudah memberikan aturan ... Lanjut Baca

Cara Ibu Hamil Menghilangkan Rasa Bosan Di Rumah

happinest.id - Hamil merupakan salah satu momen penting yang ditunggu oleh para Moms. Pada trimester ... Lanjut Baca

Ide-Ide Mendapatkan Penghasilan Di Situasi Wabah Corona Dari Rumah

Happinest.id - Merebaknya wabah corona memaksa semua aktivitas terpaksa harus dilakukan di rumah. Hal ini ... Lanjut Baca