9 Hal Yang Wajib Dilakukan Untuk Menghilangkan Stretch Mark

Waktu Baca: 7 menitSabtu, 02 Maret 2019 12:00 WIB
Yang Dilakukan Untuk Menghilangkan Stretch Mark
Sumber: stackedskincare.com

Tahukah Moms? Faktanya, sebagian besar perempuan memiliki stretch mark atau selulit. Namun, tidak jarang juga stretch mark ditemukan oleh mereka yang memiliki berat badan berlebih. Stretch mark biasanya ditemukan di area paha, perut, pinggul, lengan atas dan betis karena bagian tersebut mudah mengalami penumpukan lemak.

Adanya stretch mark atau selulit ditandai dengan munculnya garis putih halus, atau berwarna merah muda yang tampak di permukaan kulit. Tentu saja, hal ini bisa membuat Moms menjadi kurang percaya diri dengan penampilan, bukan? Sehingga tak jarang banyak Moms yang rela mengeluarkan usaha, serta dana lebih untuk menghilangkan stretch mark. Nah, inilah beberapa cara yang bisa Moms lakukan agar stretch mark di tubuh berangsur pudar. Simak ya!

1. Atur Pola Makan Dengan Diet, Berat Badan Terjaga, Stretch Mark Moms Pun Menghilang

menghilangkan stretch mark
Sumber: Unsplash.com/Brooke Lark

Diet bukan berarti menghentikan asupan makanan. Namun, diet yang sebenarnya adalah tentang mengatur jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh agar sesuai dengan jumlah kalori yang dikeluarkan. Hindari makanan yang memiliki kalori tinggi seperti makanan yang digoreng, terlalu manis, dan yang mengandung santan. Sebab, makanan tersebut bisa dengan mudah membuat berat badan Moms cepat naik.

Lebih baik perbanyaklah konsumsi sayur dan buah setiap hari. Apabila Moms kurang suka makan buah, olah saja buah-buahan tersebut menjadi segelas jus buah segar atau campuran jus sayuran dengan buah. Selain mengandung banyak serat, sayuran dan buah-buahan juga mengandung beragam vitamin, sekaligus mineral yang sehat bagi tubuh Moms.

2. Jangan Lupa Olah Raga Ya, Moms

olah raga
Sumber: Unsplash.com/Arek Adeoye

Menjaga asupan kalori yang masuk dan keluar melalui diet memang membantu menjaga berat badan tetap stabil. Namun, faktanya, diet tidaklah cukup untuk mengatasi stretch mark yang membandel. Moms juga harus mengimbanginya dengan olahraga rutin. Tak dipungkiri, olah raga bisa mempengaruhi stabilitas berat badan, juga memperbaiki metabolisme tubuh Moms.

Lakukan saja gerakan-gerakan olah raga ringan yang terasa menyenangkan bagi Moms secara rutin agar efektif untuk mengurangi lemak tubuh. Sebab, seperti yang telah diketahui sebelumnya, lemak di dalam tubuh bisa menjadi salah satu penyebab stretch mark. Moms bisa lakukan gerakan sit-up untuk mulai menghilangkan lemak di sekitar perut. Atau jogging dan loncat dengan tali terbukti efektif sebagai salah satu cara menghilangkan selulit di paha. Jadi, tidak ada alasan untuk nggak rutin berolahraga ya, Moms!

3. Minyak-Minyak Ajaib Ini Ternyata Cukup Ampuh Mengusir Stretch Mark!

minyak penghilang Stretch Mark
Sumber: Unsplash.com/Roberta Sorge

Tidak hanya orang dengan kelebihan berat badan saja yang memiliki stretch mark pada tubuh lho, Moms! Bagi Moms yang sedang hamil, sangat disarankan untuk mengoleskan minyak zaitun terutama di awal masa kehamilan. Mengoleskan minyak zaitun dapat mencegah stretch mark saat hamil, terutama di bagian perut. Karena nantinya kulit di area tersebut akan 'melar' seiring tumbuh kembangnya bayi yang ada di dalam perut Moms.

Kemudian, selain di area perut, yang perlu diwaspadai juga adalah daerah di sekitar paha dan betis. Untuk mengatasinya, olesankan minyak zaitun di sekitar area-area tersebut dan lakukan pemijatan ringan. Kandungan vitamin E di dalam minyak zaitun akan membantu memberikan nutrisi lebih kepada kulit Moms sehingga tampak lebih elastis dan selulit pun menjauh. Selain memanfaatkan minyak zaitun, Moms juga bisa menggantikannya dengan minyak kelapa yang juga bisa memberikan kelembaban pada kulit Moms. Bye selulit!.

4. Yuk Bikin Scrub Dari Bubuk Kopi, Moms!

bubuk kopi untuk Stretch Mark
Sumber: pexels.com

Kopi tidak hanya dinikmati sebagai minuman saja. Namun, juga dapat dijadikan sebagai bahan alami penghilang stretch mark pada kulit. Campuran minyak zaitun dan kandungan kafein yang ada di dalam bubuk kopi akan bisa mendapatkan kulit yang bebas dari stretch mark. Bubuk kopi ini juga bisa digunakan sebagai alternatif scrub untuk mengangkat sel kulit mati yang dapat meregenerasi sel kulit baru di tubuh Moms. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan pemijatan ringan saat mengaplikasikan campuran kedua bahan tersebut di area yang terdapat stretch mark secara rutin ya, Moms!

5. Lidah Buaya Dengan Segala Manfaat Baik Untuk Kulit Sehat Anti-Selulit

lidah buaya untuk kulit
Sumber: Pixbay.com/Marcegaral

Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya? Dikenal juga dengan nama ilmiah Aloe vera, tanaman ini tak hanya bisa dikonsumsi, namun juga memiliki segudang manfaat di bidang kecantikan. Salah satunya sebagai bahan pelembab alami bagi kulit. Cara memanfaatkannya, ambil saja satu sendok makan daging lidah buaya yang sudah dihaluskan, kemudian oleskan di sekitar area kulit yang terdapat selulit secara rutin. Lidah buaya juga memiliki manfaat untuk memperbaiki jaringan kulit agar terlihat sehat kembali. Namun, jika ingin lebih praktis, Moms bisa membeli produk kecantikan berbahan dasar lidah buaya yang kini mudah ditemukan di pusat perbelanjaan online.

6. Si Asam Berwarna Kuning Ini Juga Bisa Membantu Menghilangkan Stretch Mark

lemon obat Stretch Mark
Sumber: pexels.com

Sudah bukan rahasia umum jika lemon menjadi salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk perawatan kecantikan ya, Moms. Kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya ternyata mampu merangsang terbentuknya kolagen baru yang ada di lapisan bawah kulit. Dengan begitu, bila digunakan secara rutin, maka lemon mampu membantu menyamarkan stretch mark yang ada di kulit Moms. Yuk cobain, Moms!

7. Menggunakan Krim Yang Mengandung Retinoid Bisa Jadi Pilihan Menghilangkan Stretch Mark

krim retinod
Sumber: pexels.com

Krim Retinoid mengandung vitamin A yang berfungsi untuk meningkatkan jumlah kolagen pada kulit. Biasanya pengaplikasian krim ini akan bekerja maksimal pada stretch mark yang masih baru. Sebelum menggunakan krim ini, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu ke dokter ya, Moms! Perlu diingat krim ini tidak dianjurkan bagi Moms yang sedang hamil atau sedang menyusui.

8. Jangan Biarkan Kulit Moms Dehidrasi, Rutin Minum Air Putih Adalah Kunci Kulit Tampak Sehat

air putih untuk kulit
Sumber: unsplash.com/rawpixel

Sudah tidak diragukan lagi dengan minum air putih yang cukup bisa membantu menjaga kulit terhindar dari dehidrasi. Sebab kulit yang kekurangan cairan akan terlihat kering dan terasa kasar, sehingga resiko mengalami stretch mark pun tinggi. Jadi, minumlah air putih 8 gelas per hari ya, Moms! Dengan minum air putih, maka kulit menjadi lembab dari dalam tubuh secara alami.

9. Ingin Lebih Praktis? Lakukan Tindakan Medis Untuk Mengurangi Stretch Mark

tindakan medis
Sumber: formation.physiobell.fr

Bila ingin menghilangkan stretch mark dengan cara yang lebih cepat, Moms bisa melakukannya dengan bantuan ahli dermatologi. Ada beberapa alternatif yang akan disarankan untuk menghilangkan selulit. Diantaranya, operasi cellulaze, radio frequency, dan laser. Laser menjadi salah satu alternatif yang sering dipilih sebagai cara menghilangkan stretch mark di paha dengan cepat. Perlu diketahui, bagian paha adalah bagian yang paling sulit untuk menghilangkan stretch mark karena banyaknya jumlah lemak yang tertimbun. Tentu saja, untuk melakukan perawatan laser ini, Moms harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Nah, dari beberapa cara diatas, pilih saja cara yang paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Moms. Yang pasti, semuanya harus dilakukan dengan ketelatenan dan kesabaran untuk mendapat hasil yang diinginkan. Selamat mencoba ya, Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "9 Hal Yang Wajib Dilakukan Untuk Menghilangkan Stretch Mark"