9 Cara Sederhana Menghilangkan Stres, Supaya Moms Lebih Bahagia? Ikuti Yuk!

Sabtu, 02 Maret 2019 13:41 WIB
Cara Sederhana Menghilangkan Stres
Sumber: Unsplash/Gabriel Matula

Hidup di zaman modern ini membuat seseorang dituntut untuk selalu cepat dalam segala hal. Sehingga tidak jarang banyak ditemukan orang-orang yang mengalami stres terutama di dalam pekerjaan. Moms pasti pernah mengalaminya, bukan? Stres pun menjadi sangat berbahaya karena bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang erat kaitannya dengan kesehatan tubuh, serta membuat wajah seseorang tampak lebih tua. Tentu itu bukanlah hal yang diinginkan oleh Moms bila ingin merasa lebih bahagia. Jadi, usahakan Moms lakukan hal-hal sederhana berikut ini ya bila stres mulai muncul.

1. Ambil Nafas Secara Perlahan Bisa Menghilangkan Stres Lho, Moms

ambil nafas perlahan
Sumber: Unsplash/Jared Rice

Mungkin terdengar sepele, tapi cara meditasi ini cukup efektif dan bisa dilakukan kapanpun. Yang pertama Moms bisa lakukan, yaitu duduk tegak di atas kursi dengan posisi tangan berada di atas lutut. Mulailah menarik nafas dalam dan keluarkan secara perlahan. Faktanya, menghirup nafas secara perlahan akan membantu aliran darah dipenuhi oleh oksigen yang membuat tubuh menjadi lebih rileks dan pikiran menjadi jernih. Coba yuk, Moms!

2. Tertawa Rutin, Stres Pun Hilang

tertawa rutin
Sumber: Unsplash/Boudewijn Hyusmans

Tertawa bisa menghasilkan hormon endorfin yang mempengaruhi mood seseorang lho, Moms! Bila tertawa dilakukan dalam jangka waktu yang lama, maka sistem imun pun semakin tangguh. Moms bisa coba dengan lakukan hal ini dengan cara hangout bersama sahabat atau menonton film komedi bersama pasangan. Tapi, perlu diingat Moms, jangan tertawa terlalu keras jika tidak ingin kena marah orang lain.

3. Lakukan Gerakan-Gerakan Yoga Sederhana Untuk Menghilangkan Stres

gerakan yoga
Sumber: Unsplash/Emily Sea

Saat ini sudah banyak dibuka kelas untuk yoga. Tidak ada salahnya lho Moms untuk ikut bergabung. Melakukan gerakan yoga tidak hanya bisa melatih pernafasan saja, namun juga meditasi serta latihan keseimbangan tubuh. Bahkan, gerakan pada yoga terbukti secara ilmiah menurunkan tekanan darah yang berpengaruh pada hilangnya stres. Apabila malas mulai melanda Moms ketika saatnya jadwal kelas yoga tiba, Moms lakukan saja gerakan yoga sederhana di rumah dengan menonton video tutorial senam yoga di Youtube. Yang penting tidak perlu malu jika Moms melakukan kesalahan saat melakukan yoga.

4. Jangan Malas Untuk Olah Raga Ya Moms Agar Terhindar Dari Stres

olah raga
Sumber: Unsplash/Curtis Macnewton

Olahraga telah terbukti mampu menghilangkan stres lho, Moms! Namun, perlu diperhatikan juga bahwa sebenarnya manfaat olahraga akan lebih terasa jika Moms melakukannya secara rutin. Bahkan, olahraga juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Kita semua tahu bahwa kurang tidur adalah salah satu penyebab stres yang paling banyak dialami oleh orang yang memiliki jadwal pekerjaan padat. Tak usah terlalu berat, Moms masih bisa lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau jogging di sekitar rumah kok sebagai salah satu cara untuk menghilangkan stres. So, let’s exercise!

5. Mendengarkan Musik Favorit, Stres Hilang Dan Bahagia Makin Terasa

mendengarkan musik
Sumber: unsplash/sai kiran anagani

Atur susunan lagu kesukaan Moms pada pemutar musik dan mainkan ketika stres mulai melanda. Ternyata, kegiatan sederhana seperti ini juga bisa membuat mood Moms kembali positif, lho! Musik yang tepat bisa memberikan relaksasi di pikiran Moms sejenak dari segala masalah pekerjaan, baik di kantor atau di rumah. Dengan begitu, Moms dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan lebih tenang tanpa ada beban stres lagi.

6. Nyalakan Lilin Aroma Terapi, Bikin Moms Lebih Rileks

lilin aroma terapi
Sumber: Unsplash/Arnold Leung

Menggunakan lilin aroma terapi dan menyalakannya di dalam ruangan terbukti dapat mengurangi stres. Tak heran ya, banyak tempat spa yang memilih lilin aroma terapi sebagai pengharum ruangan mereka. Pilih aroma yang menenangkan seperti lavender, jeruk, mawar, atau sandalwood. Menyalakan lilin aroma terapi di dalam kamar juga bisa membantu Moms yang mengalami kesulitan saat tidur agar mudah terlelap.

7. Konsumsi Makanan Berikut Untuk Meredakan Stres

makanan penghilang stress
Sumber: Unsplash/Simone van Der Koelen

Biasanya, ketika seseorang dilanda stres, ada dua pilihan yang dilakukan, yakni makan banyak atau sebaliknya tidak makan sama sekali. Hati-hati ya jika Moms termasuk orang yang senang makan lebih banyak saat stres datang. Segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik. Cobalah ganti cemilan Moms dengan dark chocolate yang mengandung antioksidan tinggi. Tak hanya dikenal sebagai camilan yang ampuh menurunkan stres, dark chocolate juga mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Pastikan makan coklat yang mengandung 65 persen kakao ya, Moms. Selain dark chocolate, mengkonsumsi makanan yang mengandung Omega 3 pun dapat membantu menurunkan stres atau depresi. Zat ini mudah ditemukan pada buah alpukat, ikan tuna, dan ikan salmon.

8. Kurang Tidur Menjadi Penyebab Stres

kurang tidur bisa stress
Sumber: unsplash/lena bell

Kurang tidur tidak hanya membuat tubuh menjadi tidak bersemangat, tapi bisa juga membuat stres dan depresi. Namun, ada kalanya Moms pernah mengalami yang namanya sulit tidur atau insomia. Jika itu terjadi, Moms bisa lakukan dua hal sederhana berikut. Pertama, coba untuk tidak menyalakan handphone untuk sekedar membuka media sosial seperti Facebook, WhatsApp atau Instagram saat menjelang tidur. Kedua, hindari mengkonsumsi kopi saat sore hari. Pahamilah, malam hari adalah saatnya untuk mengistirahatkan tubuh dari kegiatan di siang hari. Apa jadinya jika Moms tetap terjaga di malam hari? Bisa dipastikan keesokan harinya tubuh Moms akan merasa lelah. Jadi, jangan coba-coba untuk minum kopi kecuali Moms berencana ingin begadang ya!

9. Saatnya Merencanakan Agenda Liburan!

agenda liburan
Sumber: Unsplash/Arnel Hasanovic

Jangan hanya membaca brosur tempat-tempat liburan saja. Ambillah cuti dan mulailah berkemas! Kunjungi tempat wisata yang belum pernah Moms kunjungi sebelumnya. Moms bisa pilih wisata pantai yang terkenal dengan pantai berpasir putih atau udara sejuk di pegunungan. Jika tidak suka keduanya, Moms bisa pilih tempat wisata yang ada di dekat rumah. Liburan bisa membantu tubuh dan pikiran Moms relaks sehingga stres yang menghantui setiap hari pun sirna. Moms bisa melakukannya bersama keluarga atau orang tersayang. Selamat liburan ya, Moms!

Itulah beberapa cara yang bisa membantu Moms untuk menghilangkan stres. Yuk aplikasikan mulai minggu ini! Atau Moms punya tips sendiri untuk meredakan stres? Yuk sharing di kolom komentar. Semoga artikel ini cukup membantu ya, Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "9 Cara Sederhana Menghilangkan Stres, Supaya Moms Lebih Bahagia? Ikuti Yuk!"
related post
9 Manfaat Hobi Travelling Bagi Dads Yang Super Sibuk

happinest.id Mungkin saat ini Dads sedang jenuh dengan kerjaan di kantor. Dikejar deadline, meeting dengan ... Lanjut Baca